Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tanya : Step by Step menangkar Jalak Suren

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Tanya : Step by Step menangkar Jalak Suren

    Salam kenal Kicau Mania.
    Saya adalah pemula dalam bidang hobi menikmati burung, tapi entah kenapa saya langsung tertarik pada penangkaran Jalak Suren. Dirumah saya punya sepasang JS usia 3 Bulanan.
    Banyak artikel (terutama dari om Duto) yg telah saya baca, namun ada beberapa pertanyaan yg membuat saya sangat ingin tahu, Bagi para KM yang bisa bantu, mohon pencerahannya.
    1. Kenapa JS saya tidak mau makan serangga & buah2an smisal kroto, jangkrik, pisang dan pepaya. Bagaiman mengatasinya.
    2. Dari artikel yang baca, saling patuk dan kejar2an adalah hal wajar. benarkah demikian dan bagaiman batas kewajarannya?
    3. Pada usia berapakan JS siap dimasukkan dalam kandang penangkaran?
    4. Dari artikel yang baca, didalam kandang penangkaran diberi tanaman bercabang banyak, seberapa besarkan batas normal dari ukuran tanaman dalam kandang tersebut dan bagaimana jika tidak dikasih tanaman sama sekali?
    5. Apakah bagian bawah kandang harus berupa tanah? Bagaimana jika semen (biar gampang membersihkannya)?
    6. "Kebersihan harus dijaga", bagaimakah saya harus membersihkan kandang pengkaran JS? (semprot obat/ langsung masuk dan bersihkan kandang (bikin JS stres atau tidak?))
    7. Kandang saya berukuran 150 x 180 x 210 cm, terlalu besarkah? bagaimana jika saya bagi 2 menjadi 150 x 90 x 210 cm?


    Demikian & terimaksaih

  • #2
    Originally posted by hajar_ibn View Post
    Salam kenal Kicau Mania.
    Saya adalah pemula dalam bidang hobi menikmati burung, tapi entah kenapa saya langsung tertarik pada penangkaran Jalak Suren. Dirumah saya punya sepasang JS usia 3 Bulanan.
    Banyak artikel (terutama dari om Duto) yg telah saya baca, namun ada beberapa pertanyaan yg membuat saya sangat ingin tahu, Bagi para KM yang bisa bantu, mohon pencerahannya.
    1. Kenapa JS saya tidak mau makan serangga & buah2an smisal kroto, jangkrik, pisang dan pepaya. Bagaiman mengatasinya.
    2. Dari artikel yang baca, saling patuk dan kejar2an adalah hal wajar. benarkah demikian dan bagaiman batas kewajarannya?
    3. Pada usia berapakan JS siap dimasukkan dalam kandang penangkaran?
    4. Dari artikel yang baca, didalam kandang penangkaran diberi tanaman bercabang banyak, seberapa besarkan batas normal dari ukuran tanaman dalam kandang tersebut dan bagaimana jika tidak dikasih tanaman sama sekali?
    5. Apakah bagian bawah kandang harus berupa tanah? Bagaimana jika semen (biar gampang membersihkannya)?
    6. "Kebersihan harus dijaga", bagaimakah saya harus membersihkan kandang pengkaran JS? (semprot obat/ langsung masuk dan bersihkan kandang (bikin JS stres atau tidak?))
    7. Kandang saya berukuran 150 x 180 x 210 cm, terlalu besarkah? bagaimana jika saya bagi 2 menjadi 150 x 90 x 210 cm?


    Demikian & terimaksaih
    salam kenal jg om,,
    salah kamar nih, mungkin om mod bisa bantu??

    salam

    Comment


    • #3
      waduhh.. salah tempat ya????
      maap nih BEGINER alias Pemula... Silahkan dipindah saja...
      Tapi kalau bisa tetap dijawab pertanyaan-pertanyaannya...

      Comment


      • #4
        Originally posted by hajar_ibn View Post
        Salam kenal Kicau Mania.
        Saya adalah pemula dalam bidang hobi menikmati burung, tapi entah kenapa saya langsung tertarik pada penangkaran Jalak Suren. Dirumah saya punya sepasang JS usia 3 Bulanan.
        Banyak artikel (terutama dari om Duto) yg telah saya baca, namun ada beberapa pertanyaan yg membuat saya sangat ingin tahu, Bagi para KM yang bisa bantu, mohon pencerahannya.
        1. Kenapa JS saya tidak mau makan serangga & buah2an smisal kroto, jangkrik, pisang dan pepaya. Bagaiman mengatasinya.
        2. Dari artikel yang baca, saling patuk dan kejar2an adalah hal wajar. benarkah demikian dan bagaiman batas kewajarannya?
        3. Pada usia berapakan JS siap dimasukkan dalam kandang penangkaran?
        4. Dari artikel yang baca, didalam kandang penangkaran diberi tanaman bercabang banyak, seberapa besarkan batas normal dari ukuran tanaman dalam kandang tersebut dan bagaimana jika tidak dikasih tanaman sama sekali?
        5. Apakah bagian bawah kandang harus berupa tanah? Bagaimana jika semen (biar gampang membersihkannya)?
        6. "Kebersihan harus dijaga", bagaimakah saya harus membersihkan kandang pengkaran JS? (semprot obat/ langsung masuk dan bersihkan kandang (bikin JS stres atau tidak?))
        7. Kandang saya berukuran 150 x 180 x 210 cm, terlalu besarkah? bagaimana jika saya bagi 2 menjadi 150 x 90 x 210 cm?


        Demikian & terimaksaih



        Coba jawab ya om....sebisa saya:
        1. Kebiasaan pakan burung sejak kecil bisa jadi om......Jangan dipaksakan, beri saja pakan dan EF yang biasanya, adapun untuk konsumsi EF seperti jangkrik, kroto dll, bisa om berikan perlahan saja sampai JS nya belajar menyukai EF tersebut. ( Emang pakan JS nya apaan om? )
        2. Seperti halnya CJ, JS mungkin terjadi saling kejar2an? dalam hal ini batas kewajarannya adalah sudah tentu JS kan sudah berjodoh, Kejar-kejaran akan terjadi hanya saat JS nya mau kawin, sama seperti CJ. Kalau JS nya sedang santai ya nggak akan kejar-kejaran hehehehehe.
        3. Ini yang saya nggak bisa pastikan usia berapa JS bisa dijodohkan, tapi sebagai patokan saja, rata2 burung bisa dijodohkan sejak usia 1 tahun ke atas, kalau burungnya sudah bisa memperlihatkan birahinya (gacor, dll) berarti sudah bisa dijodohkan. Mungkin untuk usia matang penjodohan bisa di usia 3 tahunan.
        4. Tanaman dalam sangkar mempunyai efek sejuk dan alami, bukan keharusan, tapi lebih baik begitu. Sehingga burung yang sedang di breeding merasa nyaman.
        5. Untuk efek alami tanah lebih baik, karena tanah dapat menyerap cairan kotoran burung dan mengeringkannya, kalau sudah lama malahan bisa jadi pupuk tuh heheheh. Pake lantai kalau emang lebih enak membersihkannya boleh juga tuh om.
        6. Membersihkan kandang breeding kalau dasarnya pake tanah bagi saya lebih mudah karena saya cukup membersihkan atasnya saja agar tidak lembab oleh kotoran burung yang masih baru, itu pun say bersihkan hanya 1bln sekali. Caranya saya pake alat saja seperti penggeruk tanah, dengan hati-hati, pelan pelan, hanya tangan yang masuk ke kandang, nggak perlu masuk kandang heheheheheh.
        Kalau pake lantai mungkin cukup semprot saja ya (kalau dah dibuatkan saluran pembuangannya)
        7. Ukuran kandang cukup besar tuh om...mau dibagi 2 juga masih cukup menurut saya. Yang penting ciptakan suasana nyaman dan tenang untuk breedingnya.


        Semoga breedingnya cepat menghasilkan ya om. Terus sharing disini, siapa tahu bisa berbagi hasilnya di forum OLS hehehehehe




        Salam KM




        http://opi.yahoo.com/online?u=pcicomp&m=g&t=02[%5d

        Comment


        • #5
          nah itu sudah dijawab dengan lengkap oleh om DC om...
          [BLINK]Madep Manteb
          Nderek KM[/BLINK]

          sigpic

          Comment


          • #6
            Wah... makasih om PC ..
            Untuk Pakan saya kasih G*ld Coin merah (yang murah saja) --> Boros banget mungkin bulan depan saya kasih BR / pakan ayam.
            Skarang sudah muai mau makan jangkrik dan pisang walaupun pisangnya harus saya potong2 kaya kocktail..

            Sekarang 2 JS saya sudah saya campur (dalam kurungan kecil, bukan kandang breeding) tidak patok2an dan kejar2an, Tapi tadi pagi saya ketahui kalau yang satu mabung...,><><<><...????/.. haruskah saya pisahkan lagi atau biarkan satu kandang saja??????

            Comment


            • #7
              Originally posted by hajar_ibn View Post
              Wah... makasih om PC ..
              Untuk Pakan saya kasih G*ld Coin merah (yang murah saja) --> Boros banget mungkin bulan depan saya kasih BR / pakan ayam.
              Skarang sudah muai mau makan jangkrik dan pisang walaupun pisangnya harus saya potong2 kaya kocktail..

              Sekarang 2 JS saya sudah saya campur (dalam kurungan kecil, bukan kandang breeding) tidak patok2an dan kejar2an, Tapi tadi pagi saya ketahui kalau yang satu mabung...,><><<><...????/.. haruskah saya pisahkan lagi atau biarkan satu kandang saja??????
              Biarkan saja dalam satu kandang om jangan dipisahkan, Biasanya dan semoga saja selepas mabung, JS nya bisa berjdoh dan bertelur.

              Kalau dah ada anakan jangan lupa ya om saya pesan satu
              http://opi.yahoo.com/online?u=pcicomp&m=g&t=02[%5d

              Comment


              • #8
                UPDATE September 2010
                Sebelumnya "Minal Aidzin Wal Faidzin"

                Urgent Konsul OM-Om Semuanya...

                1. Sekarang JS saya sudah saya masukkan dalam kandang penangkaran (150 x 180 x 210), Pada hari pertama si Jantan (Ring 33) merajai area pakan, setiap kali si betina (Ring 32) mau makan pasti ditabrak dan diusir. Tapi setelah hari ke dua, si betina gantian merajai area pakan dll. si betina menjadi penguasa kandang. setiap kali sijantan mendekat pasti ditabrak, dan sijantan pun ga berani membalas... gimana ni om???? Apakan karena sedang rontok bulu???
                Untuk sementara si betina saya pisahkan/ saya masukkan dalam kurungan kecil dan saya gantung di samping kandang penankaran (menempel). >> sebenernya kurungan kecil mo saya masukkan dalam kandang tapi pintunya kurang lebar..

                2. Si jantan kurang pintar makan jangkrik, cuma di totol2 kemudian pretel dan jatuh ke tanah kemuan muncullah SEMUT, giman cara menggulangi semut ini om???

                3. Untuk treatmen harian, jangkrik 10 ekor pagi dan sore, poer (saya campur BR), cacing dua hari 1 ekor, pisang. gimana om??

                Mohon bantuannya.
                Trims

                Comment


                • #9
                  share pics calon kandang ternak JS:


                  Lokasi: menempel di dinding rumah samping kanan(sebelah Utara hadap timur)
                  samping kolam ikan berikut taman tebing dan air terjunnya (saat di foto sedang dimatikan pompanya)
                  Sinar matahari langsung 3-4 jam saat musim hujan (terhalang rimbun daun pohon mangga dan dinding tembok kandang
                  dan 6-8 jam saat musim panas...

                  Pe er selanjutnya: tangkringan untuk sarang...dan beberapa gtangkringan bermain... lembar fiber di atas dan kiri kanan kandan u pelindung dr curah air hujan...
                  Serta yg utama JS betina nya yg belum ada...ditunggu 3 pejantan yg telah siap kimpoi....

                  sebelah kirinya..tepat di sudut (atas kolam air terjun insya ALLAH akan diperuntukkan kandang yg lebih tinggi lagi...hingga hampir 4meteran u kandang ternak burung CR...

                  Ditunggu masukannya...

                  Bump: tambahan: material kandang besi 40 x 40 dipotong dan ditekuk... kawat ram berlapis PVC di gelar dgn cara dijepit plat besi 25mm
                  Dimensi kandang : 85cm x 90cm x 200cm
                  Lantai kandang: acian semen dah berikut kolam mandi burung dan saluran pembuangan limbah kotoran...jadi kalau bersih2 tinggal semprot pakai air selang aja...
                  Atap Genteng keramik KANMURI material sisa bangun atap rumah... masih akan ditambah lagi satu deret genteng di sisi kiri dan kanannya...
                  Biar terkesan alami nanti lapisan fiber penahan air hujan n privacy nya akan di cover dgn tanaman2 pakis hutan...dan jenis2 paku tanduk menjangan...

                  Comment


                  • #10
                    Mantap Kandangnya nih Bro
                    Semoga calon indukannya kerasan n beranak pinak
                    sigpic
                    STD
                    0818-274-999

                    Comment


                    • #11
                      Re: Tanya : Step by Step menangkar Jalak Suren

                      Wah, mantap.
                      Ane juga lagi mulai nangkarin js

                      Comment


                      • #12
                        Re: Tanya : Step by Step menangkar Jalak Suren

                        Originally posted by Alib Arhab View Post
                        salam kenal jg om,,
                        salah kamar nih, mungkin om mod bisa bantu??

                        salam
                        kok salah kamar, yang benar di mana to gan kamarnya... thanks
                        pemula juga

                        Comment

                        Working...
                        X