Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tips Perawatan AM Harian

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Tips Perawatan AM Harian

    Kunci dalam main AM di lapangan adalah rawatan harian. Kenapa ?? Seperti yang pernah ane ulas pada Tahapan Menampilkan AM di Lapangan bahwa di lapangan sangatlah penting kita atur emosi dan birahi AM, maka dalam teori tsb jika AM kita misal memiliki titik optimalnya pada kisaran 4-6, maka sekarang pertanyaannya adalah : Bagaimana agar AM kita stabil baik emosi dan birahinya pada kisaran 4-6 atau pada level sedikit dibawahnya, sehingga kita bisa dongkrak pada saat hari H. Atau dengan kata lain bagaimana agar AM kita jangan sampai melebihi level tampil dia, sehingga kita tidak terlalu pusing untuk menurunkannya di Hari H.

    Makanya sering muncul istilah “jalani rawatan pemilik sebelumnya”, menjadi solusi singkat walau belum tentu jitu. Kenapa ?? Apakah kita yakin betul dengan rawatan pemilik sebelumnya AM tsb telah stabil, atau hanya kebetulan saja pada saat tsb dia mau nampil.

    Jadi main AM yang terpenting adalah 3 point ;
    1. Membaca dan memahami karakter AM kita (ini dibutuhkan beberapa waktu), sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa AM tsb berkarakter X dan dibutuhkan perlakuan A, B dan C sehingga AM tsb baru bisa stabil.
    2. Faktor-faktor yang akan mempengaruhi AM pada Rawatan Harian (internal dan eksternal). Eksternal maksudnya adalah lingkungan tempat perawatan AM (suhu, momongan selain AM tsb, dst) dan Internal adalah fooding, kandang dan tangkringan.
    3. Setting Lapangan setelah 2 hal tsb sudah kita lakukan.


    Kali ini ane mau bahas point 2, dan tips (madzhab ane) seputar itu.

    FAKTOR EKSTERNAL
    1. Penjemuran
      Kita tahu bahwa AM memang berasal dari pegunungan atau dari daerah-daerah sejuk. Padahal rumah tempat kita merawat dan lapangan tempat kita kontes/latihan tidak selalu ideal begitu. Maka dilihat dari keadaan tsb maka AM sebenarnya cukup di jemur ½ jam s.d 1 jam per hari (kondisi panas normal). Tapi kalau ane pribadi lebih suka menjemur dengan durasi lebih panjang. Karena AM-AM yang kita jemur dengan durasi lebih panjang akan lebih mudah tampil dengan segala cuaca lapangan, disamping itu AM tsb akan cenderung naik volumenya di banding yang berdurasi normal. Efek lain dari penjemuran adalah “sedikit” mempengaruhi penurunan birahi pada AM, tapi sekali lagi itu cuma sedikit (tidak terlalu signifikan).
    2. Mandi
      Yang mendasar mandi berguna utk kesehatan, jadi pada dasarnya kita biasakan AM mandi setidak-tidaknya 1x setiap harinya. Efek lain dari mandi adalah sedikit mengurangi kelelahan AM dan mengurangi emosi. Utk emosi pengaruhnya juga sedikit. Tidak jarang beberapa pemain meyakini bahwa AM-AM yang mandinya enak pertanda dia akan tampil dengan performa yang baik.
      Tips : Ane lebih suka jemur dahulu, baru mandi. Pada saat mandi itulah kita berikan EF dan membersihkan kandang AM.
    3. Momongan Lain selain AM tsb.
      Yang perlu diingat bahwa ada beberapa AM yang akan sangat mudah naik birahinya bahkan akan sulit terkontrol jika ada AM lain. Biasanya ini terjadi pada AM-AM yang cukup berumur. Disamping AM lainnya yang mempengaruhi adalah CI. Ada pameo bahwa CI akan mempengaruhi birahi AM, dan ane buktikan bahwa itu benar adanya tapi tidak mutlak. Artinya ada beberapa yang terpengaruh (birahinya) ada pula yang tidak terpengaruh sama sekali. Beberapa momongan lagi yang mempengaruhi (walau tidak banyak) adalah Kacer, TL, dan burung-burung yang memiliki siulan-siulan yang mirip dengan AM. Maka tidak jarang utk kasus terakhir digunakan sebagai langkah jitu buat mancing AM ngeplong/bunyi.
      Tips : Kalau kita berniat memiliki AM lebih dari 1 (satu), perhatikan seksama apakah karakter AM yang kita miliki akan terpengaruh dengan AM lainnya (asumsi birahi sulit dikendalikan). Jika ya, sebaiknya kita “buang” atau isolasi di tempat khusus.


    FAKTOR INTERNAL

    A. Ekstra Fooding
    1. Buah
      Tentu saja guna buah yang paling utama adalah melengkapi nutrisi AM menjadi lebih sempurna, disamping itu kadangkala digunakan sebagai pengontrol birahi dan pengendali kelangsingan tubuh AM.
      Buah yang biasa dipakai buat AM (pada kondisi normal) terutama 3 macam ;
      Pisang, biasanya digunakan buat mempercepat pertumbuhan AM muda, karena kandungan karbohidrat dan kalori yang lebih tinggi di banding buah lainnya.
      Pepaya, Lebih sering diartikan untuk menurunkan birahi (walau tidak signifikan) dan tidak beresiko membuat AM gemuk.
      Apel, Biasanya digunakan untuk meningkatkan birahi (walau tidak signifikan) dan membikin suara menjadi lebih jernih.
      Tips : Ane pribadi cenderung menyuplai buah 5-6 hari dalam seminggu (hanya pada H atau H-1 saja buah tidak diberikan). Biasanya ane lakukan dengan 3-4 hari menggunakan pepaya setelah H+1 dan 2 hari menjelang lomba ane gunakan apel. Satu hal yang ane perhatikan adalah semua AM yang “rakus” dengan buah memiliki body-body ideal buat tempur. Langsing dan padat…..
    2. Jangkrik
      Sudah menjadi rahasia umum bahwa jangkrik digunakan utk power suara AM. (Tolong dibedakan antara power dan volume ya…?? Sekedar contoh mudah untuk membedakan, Nugie adalah penyanyi yang memiliki power tinggi. Jadi walaupun misal dia bersenandung dengan volume rendah tetep saja bisa kita rasakan powernya tinggi). Disamping itu jangkrik juga mempengaruhi birahi dan emosi AM.
      Belakangan kalau kita perhatikan pemain-pamain AM menyukai setting tinggi utk jangkrik pada lomba. Maka utk mengimbangi agar tidak terjadi kegemukan pemain-pemain tsb akan cenderung menggunakan setting rendah (atau bahkan cenderung sangat rendah) utk harian.
      Tips : Ane pribadi menyukai settingan rendah utk jangkrik pada hariannya, kalau bisa maksimal 3-4 ekor/hari. Teknisnya disesuaikan dengan aktifitas kita, bisa dilakukan dengan pemberian sekaligus atau diatur 2x pemberian. Yang terpenting kita coba biasakan dengan kebiasaan dan kesanggupan kita, dalam waktu yang tidak lama (normalnya tidak sampai sebulan) metabolisme AM akan menjadi terbiasa dengan settingan baru kita dan akan kembali ke performa harian sebelumnya.
    3. Cacing
      Tentu saja cacing akan memberi efek birahi pada AM, tapi jika terlalu biasa kita berikan cacing maka efeknya tidak seinstan jika jarang kita berikan.
      Tips : Usahakan cacing di hapus dari harian kecuali AM yang kita miliki adalah AM muda, karena AM muda rata-rata memiliki birahi yang belum stabil dan cenderung di bawah standar.
    4. EF Lainnya
      Kroto, terus terang berhubung kroto di tempat ane (Cileungsi dan sekitarnya), tidak selalu terspulai kroto yang berkualitas baik maka kroto ane hapus dalam daftar EF harian AM. Ane khawatir jika AM ane berikan kroto sebagai harian dan pada saat kita butuhkan tidak ada atau ada tapi berkualitas buruk. Untuk efek kroto yang lebih detail ane minta bantuan om Gombest yang terbiasa dengan EF tsb. (please om…?!?! merayu mode : on)
      Ulat Bambu (UB), dulu sebelum ane main lapangan UB adalah EF wajib pada AM ane. Fungsinya gabungan antara jangkrik dan cacing, kelebihannya UB jarang membuat AM over birahi. Namun sekarang stok UB tidak stabil. Maka utk rawatan harian ane hapus.
      Ulat Hongkong (UH), sebaiknya jangan menggunakan UH sebagai EF harian karena UH memiliki efek (emosi) instan dan tidak terlalu berefek jika berselang hari.


    B. Kandang dan Tangkringan
    1. Kandang Harian
      Yang pasti kandang harian kita pilih yang mudah dibersihkan, karena kita harus jaga secara kontinyu. Ada satu AM ane yang ane kasih kandang kotak sebagai kandang harian dikarenakan bulu ekornya selalu patah sampai tinggal separo (jadi kelihatan bulu ekornya cuma ada sebelah doang…). Hal ini dikarenakan si AM suka “nggoser-nggoser” di dasar kandang. Dan setelah ane kasih kandang kotak maka problem ini telah teratasi, walau sudah terlanjur patah 2 helai (pasca mabung).
      Ada ide bagus dari om Ivan Paris dengan kandang hariannya Top Gun yaitu menggunakan tangkringan 2 (dengan kandang yang cukup luas). Logika ane jika si AM lincah, maka akan mempengaruhi stamina AM tanpa beresiko AM menjadi gesit seperti efek AM pada umbaran.
    2. Tangkringan
      Nyawa gaya AM berada pada tangkringan (lomba). Jadi berkreasi dan inovasi dalam mencari soulmate AM kita adalah wajib hukumnya.
      Namun pada harian ane lebih cenderung menggunakan tangkringan berukuran standrad (yang paling enak buat AM mencekeramkan kakinya) dan menggunakan amplas (berguna utk mengontrol kesehatan kaki dan berguna mengontrol kukunya agar tidak terlalu panjang).


    Semoga ulasan panjang dari ane ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan KM sekalian….
    Jika ada kata-kata yang bikin kurang berkenan mohon ma’af sebelumnya….
    Last edited by Arda Pandawa; 13 October 2009, 10:07 AM.
    Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

    087711999750, 085311999750, 085811999750

  • #2
    Mantap Om Arda, bagian2 ini menjadi rangkuman buat rawatan harian AM kita.
    Nah ada pertanyaan nih Om Arda, AM ku No2 suka banget buah istilah om Arda Rakus, tetapi kok tetap saja gemuk ya Om?
    sigpicWassalam....
    Yang terburuk dari semua tipuan, adalah menipu diri sendiri.

    Comment


    • #3
      Mungkin bukan gemuk om, tapi memang bongsor dari sononya. Misal AM dari Bali, akan sulit menjadi terlihat ramping seperti AM Jabar. Atau mungkin pula bulunya yang kelihatan gembung (bukan badannya). Kalau mau memastikan gemuk tidaknya mesti kita pegang untuk memastikan.... Masalahnya... berani nggak dengan resikonya...???
      Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

      087711999750, 085311999750, 085811999750

      Comment


      • #4
        Originally posted by Arda Pandawa View Post
        Mungkin bukan gemuk om, tapi memang bongsor dari sononya. Misal AM dari Bali, akan sulit menjadi terlihat ramping seperti AM Jabar. Atau mungkin pula bulunya yang kelihatan gembung (bukan badannya). Kalau mau memastikan gemuk tidaknya mesti kita pegang untuk memastikan.... Masalahnya... berani nggak dengan resikonya...???
        Ok Om Arda, paham deh sekarang......ijo meluncur nih.
        sigpicWassalam....
        Yang terburuk dari semua tipuan, adalah menipu diri sendiri.

        Comment


        • #5
          Nice share bro..

          Share pengalaman pribadi menyiapkan AM ke lomba/latber :

          Mungkin rawatan harian dan EF standard saja (rawatan harian yang udah dijalankan), dan untuk meningkatkan stamina perlu olahraga yang cukup dan H-4 sd H-2 lomba kita genjot olahraganya (jemur + umbar), setelah H-1 istirahat total Full kerodong tanpa mandi pagi/siang mungkin counter dengan mandi malam kurang lebih jam 7 mlm, anginkan 5mnt trus kerodong lagi, dan EF spt biasa + 1 aja.

          Session pertama tanpa mandi dan session ke 2 dan seterusnya masukkan keramba siapatahu AM pengen mandi atau cuci muka.

          Mungkin itu share pengalaman pribadi ane Om Ardha.

          AM memang burung unik dan banyak misteri, pengalaman dan share antar AM mania kita butuhkan.

          Baret ijo meluncur naik capung buat om Ardha.

          THX
          Ivanparis
          Last edited by ivanparis; 12 October 2009, 02:12 AM.
          KEMREMYESSS
          sigpic

          Comment


          • #6
            Thank's om Ivan Paris....
            Tambahan sharing dari pakar AM untuk masalah harian bisa memperkaya pengetahuan.....
            Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

            087711999750, 085311999750, 085811999750

            Comment


            • #7
              Mantaff....

              Jadi pengen pelihara AM lagi neh.. ane copy paste ya om.. buat catatan ane..
              siapa tahu AM ane bisa koncer sepertti Arjuna, Krisna dan Yudistira..
              Thx buat sharingnya

              Salam
              "Tiada Hari Tanpa Kicauan Burung..."
              sigpic

              Comment


              • #8
                MAntav share-nya nih bro..
                Fields of Gold

                Comment


                • #9
                  Wuih.... ane bacanya sampe mangguk-mangguk....
                  Mantap Om...
                  sigpic
                  Salam dan Sukses Selalu Untuk Kita Semua

                  Comment


                  • #10
                    mantapppppp OM.,.,
                    Tiada Hari Tanpa Kicaumu
                    Kicaumu Sejukkan Duniaku

                    Comment


                    • #11
                      Mohon ijin .... Copas om ....
                      081332491192
                      atmons@gmail.com
                      atmo@rssemengresik.co.id

                      Comment


                      • #12
                        Nice Share....MANTAP banget BOSS....CESPLENG....
                        Mohon ijin ngopy ya BOSS.....nuwun....

                        081 231 214444
                        081 515 214444

                        Comment


                        • #13
                          Top bagi pemula nih...

                          Comment


                          • #14
                            lha pertanyaan saya adalah apa kelebihan dan kekurangannya ,jemur dulu baru mandi, atau mandi dulu baru jemur ,disini mohon om arda jelasin lagi masalah tips tentang mandi,sebelumnya terima kasih

                            Comment


                            • #15
                              nice thread om arda, sy lagi banyak belajar dari thread anda nih....
                              DIMANA ADA KEMAUAN DISITU ADA JALAN

                              Comment

                              Working...
                              X