Announcement

Collapse
No announcement yet.

Catatan : Perjalanan Hunting di Bali jilid 1

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Catatan : Perjalanan Hunting di Bali jilid 1

    Pendahuluan
    Masyarakat Bali dengan kultur dan alamnya memang masih sangat menjanjikan bagi konservasi alam beberapa burung, khususnya Anis Merah. Beberapa daerah yang menjadi titik konservasi alam di Bali adalah daerah Pupuan, Tabanan, Singaraja, Karangasem dan Bedugul. Mungkin masih banyak lagi daerah yang menjadi daerah “penghasil” Anis Merah disana, namun tercatat hanyalah daerah Pupuan yang menjadi sentral utama. Hal ini dikarenakan masyarakat Pupuan masih memegang teguh ketentuan adat dan mematuhinya.

    Pupuan sebagai Sentral penghasil AM
    Masyarakat Pupuan yang sangat bergantung dengan eksplorasi alamnya, sangat berperan menjaga kelestarian konservasi AM. Di Pupuan menganut system hanya boleh “memetik” AM di areanya dan tidak boleh memasuki area yang bukan menjadi kekuasaannya. Disamping itu wilayah Pupuan memiliki wilayah seluas 2 juta hektar sebagai wilayah hutan lindung. Dan warga Pupuan sangat taat dengan hanya mengambil trotolan saja dan dilarang keras untuk mengambil muda hutan apalagi indukan. Maka dari itu pengepul-pengepul besar di Bali berada di Pupuan, terhitung (kalau tidak salah) ada 4 pengepul yang berdomisili di Pupuan.

    Bertandang ke Pengepul Zaenal
    Alhamdulillah berkat dipandu oleh om Jayanz, ane akhirnya bisa main di salah satu pengepul yang telah mensuplai AM-AM dari Bali yang berkualitas yaitu Zaenal. Jauh dari prediksi ane bahwa Zaenal ternyata sosok muda yang telah teruji selama 5 tahun telah eksis dibidangnya. Sempet ane melihat-lihat koleksi trotolan (edisi perdana) tahun ini yang di buka dengan bandrol Rp. 500.000,- (umur +/- seminggu), Rp. 600.000,- (masih makan voer basah) dan Rp. 750.000,- (sudah makan voer kering). Bahkan ada yang di bandrol 1jt (kondisi katuranggan yang aduhai). Sedangkan yang sudah lepas trotol (trotol edisi penghabisan musim lalu) di buka dengan bandrol 1jt-3,5jt. Semua produk ring Zaenal (yang asli) dijamin jantan (kalau tidak jantan akan ditukar 2 ekor burung). Karena kepopuleran ring Zaenal inilah mengakibatkan ring Zaenal telah dipalsu besar-besaran di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di pengepul inilah asal OLS I Kicaumania.

    AM Trotol Usia 5 hari


    AM Lepas Trotol.... di pilih...di pilih....!!



    Pengangkutan hasil Hunting

    Bagi yang menginginkan menenteng hasil huntingnya via udara sekarang ini agak ketat, jadi mesti dilakukan dengan prosedural :
    1. Memeriksakan AM di Lab dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan setempat (Bali).
    2. Hasil surat rekomendasi tsb dibawa ke daerah tujuan utk memintakan ijin memasukkan hewan ke Dinas Pertanian bagian Karantina.
    3. Surat Ijin dari Bagian Karantina ini dimasukkan kembali ke Bali ke Bag. Karantina dan Konservasi agar mendapatkan ijin utk pengangkutan via udara.
    4. Barulah kita urus dengan pihak maskapai yang bersangkutan utk mencarikan tempat di pesawat.

    Karena rumitnya ijin administrasi dan agak berbelit, maka ane putuskan utk kembali lagi dan membawa via darat. Jadi hasil hunting AM ane titipkan ke pengepul, dan ane jemput pertengahan Januari ini.

    Hunting Burung Latber di Bali
    Terus terang untuk hal ini ane belum bias bikin reportase yang panjang, nanti akan ane sambung pada reportase selanjutnya (pada pertengahan Januari ane akan kembali khusus utk hunting di sini –sekalian mengambil AM yang ane titipkan di Bali-). Sekedar gambaran, di Pasar Veteran Denpasar diadakan latihan (khusus AM) setiap sore jam 16.00 kecuali hari Selasa dan Sabtu. Dan setiap hari Selasa dan Sabtu di Pasar Sanglah diadakan latber utk semua burung.

    Semoga reportase ini bisa menjadikan panduan dan gambaran kepada AM Lovers yang berkeinginan utk hunting di Bali semoga bermanfaat.
    Last edited by Arda Pandawa; 24 December 2009, 06:47 AM.
    Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

    087711999750, 085311999750, 085811999750

  • #2
    info yg bermanfaat Om
    mantabs.....
    Manuk NDESO Rejeki KOTA

    Comment


    • #3
      nice sharing, sudah sehatkah sekarang?
      tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

      Comment


      • #4
        Bikin Ngiler ler...ler...ler aje nih Om........Trims info nya Om Arda,Salam

        Comment


        • #5
          Hmm....
          Info yang mantap nech..
          sigpic
          Salam dan Sukses Selalu Untuk Kita Semua

          Comment


          • #6
            mantaf om Arda....makasih banyak buat sharenya....betul2 AM maniak sejati..sampe bela2in datang langsung...dan sempat kena musibah juga yah..mudah2an hasil huntingnya memuaskan....ditunggu share berikutnya..beserta koleksi hasil huntingnya ya om..


            salam

            Comment


            • #7
              Bener2 bikin ngiler nih infonya...Mantap Om. Thx ya atas infonya
              sigpic

              Comment


              • #8
                Wakakakakakk... nama saya disebut-sebut,Thanks atas traktirannya kemarin ya Om,ditunggu kehadirannya Januari mendatang,dijamin lebih seru lagi.
                Oya Om,Mama nya Ocha nitip salam ma Tante Desi.
                sigpic
                KUDA BESI BALI

                Comment


                • #9
                  Top abis dech..... sayang waktu ane ke Bali kemarin lom sempet ketemu om Jayanz.. krn harus kembali mendadak ke jakarta.. padahal dah niatan ketemu hari sabtu jam 2..

                  Memang membawa AM dari bali via Udara sangat ketat dan prosedural yg rumit... lbh mudah membawa AM via Darat...

                  Lanjutkan perjuangannya ya om...
                  sigpic
                  "Damai Kami Sepanjang Hari"

                  Comment


                  • #10
                    liputan yang menarik om... ditunggu lagi episode berikutnya .. hehehehehee
                    tjah grabag magelangsigpic

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by firman haz View Post
                      nice sharing, sudah sehatkah sekarang?
                      Alhamdulillah... sudah bro... cuman lecet-lecet doang kok...

                      Originally posted by Jayanz View Post
                      Wakakakakakk... nama saya disebut-sebut,Thanks atas traktirannya kemarin ya Om,ditunggu kehadirannya Januari mendatang,dijamin lebih seru lagi.
                      Oya Om,Mama nya Ocha nitip salam ma Tante Desi.
                      Lha iyalah... kalo gak ada om Jayanz ane bisa kesasar kemana-mana.... hehehe.... walau akhirnya hari itu hanya bisa ke Pupuan aja, gak jadi kemana-mana. Nyampe ke hotel jam 10an, mana maceeet....!!

                      O..ya salam balik dari istri buat Ocha dan mamanya....
                      Last edited by Arda Pandawa; 23 December 2009, 08:05 PM.
                      Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

                      087711999750, 085311999750, 085811999750

                      Comment


                      • #12
                        Thanks Om Arda, liputan yang bikin semangat buat ke Bali, kapan yah bisa ke Bali .
                        sigpicWassalam....
                        Yang terburuk dari semua tipuan, adalah menipu diri sendiri.

                        Comment


                        • #13
                          Lha iyalah... kalo gak ada om Jayanz ane bisa kesasar kemana-mana.... hehehe.... walau akhirnya hari itu hanya bisa ke Pupuan aja, gak jadi kemana-mana. Nyampe ke hotel jam 10an, mana maceeet....!! [/QUOTE]


                          Nyampenya jam 10 ya Om,kagak pake acara nyasar2 kan?..

                          Beginilah Suhu kita kalau lagi Serius memilih AM Capres






                          Serius banget ya...
                          sigpic
                          KUDA BESI BALI

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by Jayanz View Post
                            Lha iyalah... kalo gak ada om Jayanz ane bisa kesasar kemana-mana.... hehehe.... walau akhirnya hari itu hanya bisa ke Pupuan aja, gak jadi kemana-mana. Nyampe ke hotel jam 10an, mana maceeet....!!

                            Nyampenya jam 10 ya Om,kagak pake acara nyasar2 kan?..

                            Beginilah Suhu kita kalau lagi Serius memilih AM Capres






                            Serius banget ya...[/QUOTE]

                            Mantap ne...Jd ngeces2 liat AMnya...Btw kalo sy kpn2 mampir kebali mau jg dong diajak Om Jayanz. Maklum seumur2 sy blm pernah keBali
                            sigpic

                            Comment


                            • #15
                              Omm Arda, empat AM yang didepan oomm, menurut hemat saya sama semua yg beda hanya kandangnya. Haaa haaa.

                              salluuut, fokus banget.

                              mudah2an kebaagian yang sudah mateng aja yyaaa omm, tinggal ngemploknya aja.

                              Comment

                              Working...
                              X