Announcement

Collapse
No announcement yet.

Catatan : Perjalanan Hunting di Bali jilid 2

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Catatan : Perjalanan Hunting di Bali jilid 2

    Sebelumnya ane mohon maaf reportase ini cukup telat ane release, dikarenakan banyak aktifitas yang menyibukkan seminggu kemarin akhirnya baru sempat melanjutkan hari ini.

    Sesuai dengan rencana ane bahwa Hunting yang kedua ini lebih dititikberatkan utk memantau di lapangan dan di kalangan pemain. Semula rencananya pada hari Sabtu 16 Januari setelah mendarat di Bandara ane mau pantau di latber Sanglah. Namun ternyata latber di Sanglah ditiadakan karena akan diadakan lomba besar di Denpasar (di kawasan Panjer).

    Lomba di Panjer
    Pada hari Minggu barulah ane pantau Lomba di Panjer ditemani oleh om Jayanz. Satu hal yang ane gak sangka-sangka ternyata disana ketemu Mr. Rusly (BnR), yang nampaknya juga lagi hunting dan pantau lomba di sana. Secara umum lomba berlangsung cukup tertib dan fair walau agak berisik (karena di daerah Bali belum terbiasa dengan lomba non teriak).

    [Suasana Lomba di Panjer]



    [Mr. Rusli sedang Pantau kelas Anis Merah]



    Di lomba ini ane menjadi kenal dengan beberapa pemain-pemain local yaitu Om Topan, Om Adi Setiadi (ini member juga, walau jarang aktif karena sulit banget akses KM sekarang katanya) dan Bpk. Hermanto.

    [Dari kiri-kanan : om Jayanz, om Adi Setiadi, Arda Pandawa, om Topan]



    Dengan bantuan dari om-om di atas akhirnya ane coba bidik beberapa AM dan akhirnya ane rayu salah satu AM yang “memikat” hati buat sahabat ane.

    [AM milik pemain yang sudah di tawar hampir 50jt]



    Latber di Sanglah

    Untuk pemain di Denpasar, hanya ada 1 tempat latber yaitu di Pasar Sanglah setiap hari Sabtu dan Selasa. Karena hari Sabtu di Sanglah ditiadakan latber, maka ane baru bisa pantau di hari Selasanya. Latber ini diikuti oleh sebagian besar pemula dan beberapa pemain menengah, sedangkan pemain besar hanyalah lirak-lirik utk cari bidikan baru.

    [Susana Latber di Sanglah]



    Latihan di Pasar Veteran (Satriya)
    Karena sudah ada di Bali, ane juga sempatkan pantau latihan di Veteran (khusus AM saja). Latihan di Veteran dijalankan setiap hari kecuali hari Selasa dan Sabtu karena ada Latber di Sanglah. Cukup asyik suasananya karena disini orang dating, ngetrek burungnya, gantang sambil ngopi dan duduk-duduk santai sembari ngobrol sana-sini. Sayang ane belum bisa upload gambarnya sebab ane lupa bawa kamera, jadi Cuma ane foto pake HP butut aja.
    Latihan ini tanpa ada juri dan bayar sekedarnya (kalau gak salah Rp 1.000,-/ekor) buat Bantu biaya sewa dan maintenance lapangan.

    Kembali Ke Pupuan
    Setelah puas menikmati suasana di Denpasar, ane kembali ke Pupuan mengambil pesanan AM di Zaenal sekalian pengen melihat ke pengepul lain. Berangkat dari Denpasar siang hari menuju Pupuan (sekitar 60km) dengan menggunakan motor om Adi Setiadi (makasih ya om, dah minjemin motor) dan sampai di Pupuan sekitar jam 16.30, di tempuh kurang lebih 1,5jam-2jam perjalanan.

    Karena sampai Pupuan sudah sore, saat itu Zaenal lagi sibuk nyuapi AM-AM lolohan (<15 hari) dan memindahkan ke penampungan sementara di dalam rumah (biar hangat, karena Pupuan memang cukup dingin saat itu).

    [Zaenal sedang memindahkan dari Kandang ke Kardus sambil meloloh, siap istirahat di dalam rumah]



    Agar ane gak saling ganggu aktifitas, ane mulai pilihin AM Trotol di dalam rumah (audisi I) ane keluarkan satu per satu berdasarkan katuranggan yang ane suka. Setelah ane keluarkan ane pilih kembali (audisi tahap 2), ane pindahkan ke gantangan lain. Karena sudah sore banget aktifitas audisi ane hentikan, dan ane lanjutkan besok paginya.

    Setelah subuh, ane mulai lagi pemilihan AM itu dan memang total waktu yang ane butuhkan sekitar 5-6 jam dengan 4x seleksi.

    [AM yang lolos audisi I]



    [AM yang lolos audisi II]



    Pada malam harinya, kami ngumpul di ruang tengah dan ngobrol sana-sini mengenai perjalanan Zaenal bisa sampai sekarang. Ane salut sama anak muda satu ini, berangkat dengan hanya beberapa ekor AM Bali dan menjual di Banyuwangi sampai bisa sebesar sekarang. Yang jelas bisnisnya Zaenal ini di Bantu oleh seluruh keluarganya, Bapaknya, Ibunya dan adiknya. Ane sempet ambil gambar AM trotol cewek (memang akan lebh mudah jika lihat langsung), yang ciri utamanya adalah terdapat warna kekuningan di sayap.

    [AM ce ala Bali, pada lingkaran ada warna kekuningan]



    [AM <15 hari yang belum bisa nangkring]




    [AM <15 hari yang mulai nangkring]



    Setelah proses pemilihan selesai mulailah proses pengepakan ke kardus buat di bawa ke Denpasar (karena ane berangkat ke Jawa via darat dari Denpasar).

    [Bapaknya Zaenal lagi menyiapkan kardus buat angkut AM]



    [Motor yang menemani perjalanan ane beserta muatannya]



    Ane kemarin cuma sempet main ke pengepul Hafidz (berjarak kurang lebih 20 meter dari Zaenal) dan melihat koleksinya, tapi berhubung koleksinya rata-rata di bawah seminggu dan yang lepas trotol siap bawa kalah banyak di banding Zaenal. Dari AM trotol yang ada, hanya ada 1 (satu) aja yang sreg, maka ane batalkan utk ambil di Hafidz.

    Kesimpulan
    1. Untuk hunting burung lapangan di Bali bukan tempat yang ideal, sebab dilihat dari segi kualitas dan harganya masih kalah dibandingkan di Jakarta. Kenapa ?? Karena sekarang trotol aja sampai menembus 1jt-an, maka ketika burung ngeplong, teler biasa, teler istimewa pasti harganya ikut menyesuaikan. Disamping itu AM disana lebih dipandang sebagai komoditi, jadi kita pasti akan kesulitan mencari pemain tulen dibandingkan pedagang yang sekaligus jadi pemain.
    2. Yang paling ideal adalah hunting burung trotol (bahan), karena di Bali memang dari kuantitas paling menjanjikan dan kalau kita lari ke sumbernya kita masih bisa mendapatkan burung-burung “simpanan” mereka. Harga ane rasa relative sama dengan harga yang kita dapatkan di daerah kita, tapi kalau langsung ke sumbernya kita bisa mendapatkan burung-burung yang bukan hasil sortiran.
    3. Daerah asal sangat mempengaruhi kualitas dan bentuk body AM. Daerah Karangasem dan Singaraja AMnya berbadan bongsor-bongsor, dan AM dari Petang (walau mulai punah) berbadan kecil. Utk saat ini daerah Pupuan tertentu masih menjadi favorit karena terbukti akan kualitasnya kemudian hari.
    4. Pengepul-pengepul di Pupuan sudah mulai berjamuran (minimal ada 4 pengepul lumayan besar), sehingga para “pemetik” sudah mulai pasang harga. Akibatnya kita rasakan harga AM trotol makin menjulang.
    5. Pengepul sekarang menerima semua AM baik yang cowok maupun cewek, celakanya banyak “pemetik” yang menyulap AM cewek dengan cara menyemir menjadi cowok. Tapi hal ini sudah diantisipasi oleh pengepul dengan memandikan setoran AM kemudian mem”black list” mereka. Masalahnya adalah AM cewek ini kemudian di semir kembali dan di jual ke pasar bebas. Jadi WASPADALAH….WASPADALAH….
    6. AM yang di “judge” cewek (dengan ciri sayapnya ada kuningnya) tidak mutlak cewek. Ada beberapa kasus memang warna AM agak kekuningan merata termasuk sayap. Maka kalau kita beruntung kita bisa mendapatkan AM cowok yang dianggap cewek dengan harga lebih miring. Tapi AM yang dikategorikan cowok jarang sekali meleset jadi cewek, artinya dari ribuan ekor ada saja 1-2 ekor yang meleset ternyata cewek.
    Last edited by Arda Pandawa; 2 February 2010, 09:11 PM.
    Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

    087711999750, 085311999750, 085811999750

  • #2
    Wah.. lengkap banget om.. nice sharing om. Sukses...
    KEMREMYESSS
    sigpic

    Comment


    • #3
      trotolannya menggoda iman.pengin mesen satu tapi sayang kmrn dah terlanjur ambil 1 lagi trotolan di kampung.maharnya berapaan tu om Arda?

      Comment


      • #4
        Mantaf infonya Om Arda......
        Mulai suka AM, LB dan MB nich........
        RACHMAT KM CP: 08129597910

        Comment


        • #5
          mantap........ ulasan yg di akhiri dengan kesimpulan agar para AM'er tetap WasPadA
          applause buat om arda.
          Pecas Ndasheee

          Comment


          • #6
            bro arda skr lokasi msh di BALI...??daerah mana pastinya..??btw ini hasil reportase hunting I ya..??jd tuk hunting II nti tgl 16 feb...??please infonya..tq
            Last edited by LeoN0211; 1 February 2010, 12:01 PM.

            Comment


            • #7
              tenx's om ulasanya mantap, jadi kita harus waspada kalau mau ambil trotolan di pasaran bebas

              Comment


              • #8
                ckckckck..mantap om Arda...kalah artikel tabloid mah..asli keren banget liputannya..dari pembukaan sampe kesimpulan...yg bikin makin top lagi data pendukung berupa foto nya...salut2....sampe tu roda dua penuh buritan belakangnya..hehe...

                Comment


                • #9
                  Thank's all atas apresiasinya.....

                  Originally posted by LeoN0211 View Post
                  bro arda skr lokasi msh di BALI...??daerah mana pastinya..??btw ini hasil reportase hunting I ya..??jd tuk hunting II nti tgl 16 feb...??please infonya..tq
                  Sorry om, ane salah ketik maksudnya 16 Januari. Ini adalah report perjalanan ane yang kedua dengan bawaan AM 23 ekor dari Bali. 19 ekor buat rekan-rekan KM, sisanya milik ane. Memang ada wacana ane mau di utus oleh KM buat AM OLS, tapi kita tunggu aja keputusan dari pihak yang berwenang. Kalau jadi mungkin ane akan berangkat tanggal 16-17 Februari, dan kembali setelah lomba di Yogya (Valentine Cup). Jadi andai jadi tanggal 16-17 Februari adalah hunting yang ketiga bukan kedua.
                  Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

                  087711999750, 085311999750, 085811999750

                  Comment


                  • #10
                    Ulasannya mana, cuman ada fotonya doang, komputer saya yg salah atau gimana ?
                    Kedepankan kedewasaan anda dalam bersahabat

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by fauzan_zhd View Post
                      Ulasannya mana, cuman ada fotonya doang, komputer saya yg salah atau gimana ?
                      lagi diedit sama om Arda, td ane mo quote tp malah salah pencet edit.
                      mohon maaf sebesar2nya.....
                      tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

                      Comment


                      • #12
                        Ulasannya secara gak sengaja ke edit sama rekan KM lainnya om....
                        Udah ane edit ulang.... silahkan dikomentari....
                        Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

                        087711999750, 085311999750, 085811999750

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by Arda Pandawa View Post
                          Thank's all atas apresiasinya.....



                          Sorry om, ane salah ketik maksudnya 16 Januari. Ini adalah report perjalanan ane yang kedua dengan bawaan AM 23 ekor dari Bali. 19 ekor buat rekan-rekan KM, sisanya milik ane. Memang ada wacana ane mau di utus oleh KM buat AM OLS, tapi kita tunggu aja keputusan dari pihak yang berwenang. Kalau jadi mungkin ane akan berangkat tanggal 16-17 Februari, dan kembali setelah lomba di Yogya (Valentine Cup). Jadi andai jadi tanggal 16-17 Februari adalah hunting yang ketiga bukan kedua.
                          insya ALLAH terealisasi bro...btw klo ad titipan merpati balap dri rekan Kmers Bali..tlg kbri yach om by sms/call/postingan..he9x..ups sorry OOT..
                          NB:SERIUS..

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by firman haz View Post
                            lagi diedit sama om Arda, td ane mo quote tp malah salah pencet edit.
                            mohon maaf sebesar2nya.....
                            He he he he, sip om, no worries

                            Originally posted by Arda Pandawa View Post
                            Ulasannya secara gak sengaja ke edit sama rekan KM lainnya om....
                            Udah ane edit ulang.... silahkan dikomentari....
                            Sudah sy baca, dan memang ini saya tunggu2 sekalipun saya sudah lihat foto2nya di rumah Om Arda. Pantesan bagus-bagus pilihannya, sampe beberapa kali audisi (kayak Indonesian Idol aje) , salut, standing aplause .
                            Asli bagus om pilihannya, saya PUAS, terima kasih banyak om. Input sudah bagus, tinggal proses (ngasah)nya supaya menjadi lebih bagus lagi, mohon selalu bimbingannya. Terima kasih sekali lagi
                            Kedepankan kedewasaan anda dalam bersahabat

                            Comment


                            • #15
                              Untung ada om arda yg bantu seleksi,...karena bagi ane trotol yg satu dgn yg lainnya nggak ada bedanya xi xi xi

                              Susah juga ilmu per-trotolan ya


                              Originally posted by fauzan_zhd View Post
                              He he he he, sip om, no worries



                              Sudah sy baca, dan memang ini saya tunggu2 sekalipun saya sudah lihat foto2nya di rumah Om Arda. Pantesan bagus-bagus pilihannya, sampe beberapa kali audisi (kayak Indonesian Idol aje) , salut, standing aplause .
                              Asli bagus om pilihannya, saya PUAS, terima kasih banyak om. Input sudah bagus, tinggal proses (ngasah)nya supaya menjadi lebih bagus lagi, mohon selalu bimbingannya. Terima kasih sekali lagi
                              Wassalam,
                              4ndriecht, Kemanggisan, Jakarta Barat

                              Comment

                              Working...
                              X