Announcement

Collapse
No announcement yet.

From ZERO to HERO

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • From ZERO to HERO

    Banyak sekali permintaan utk menuliskan artikel ini, ane akan coba tulis berdasar pengalaman, pengamatan dan meringkas beberapa artikel yang pernah di muat di forum ini.


    PROSES PEMILIHAN TROTOL

    Agar kita tidak sia-sia membuang dana dan waktu maka carilah trotol yang baik. Tentu di samping faktor katuranggan (body) yang baik mencari trotol (kalau bisa) kita cari dari “daerah jawara” (keturunan). Faktor kedua menjadi cukup penting agar setidak-tidaknya nantinya lebih memudahkan kita menyetting di banding yang tidak ada keturunan “darah biru”. Maka tidak heran “daerah jawara” menjadi buruan pemain dan bandrolnya yang sering “tidak masuk akal”. Ane menyarankan utk meminimalisir belanja trotol di pasar, karena sebagian besar apkiran dari para hunter/pemburu (jika jantan) dan yang pasti dominan betina. Hal ini ane alami pemesanan trotol di pengepul kalau utk dipasarkan di Pasar Burung (PB) dominan pesan betina.
    Celakanya lagi sekarang pemain-pemain besar memiliki habit baru, yaitu hunting langsung di lokasi utk mencari burung-burung terbaik.


    PERAWATAN TROTOL

    Disini adalah kunci kesuksesan dalam pembentukan karakter AM.
    Versi ane dalam perawatan trotol ;
    • Jangan sampai AM trotol giras, jadi sebisa mungkin posisi AM diletakkan di tempat cukup ramai bahkan jika perlu di taruh di posisi yang rendah. Sehingga AM terbiasa dengan manusia dan keramaian. AM trotol yang tadinya jinak bisa menjadi giras kalau kita letakkan posisinya jauh dari manusia dan sebaliknya,
    • Berikan EF yang minimal yang penting kenalkan semua EF dari jangkrik, cacing, kroto dan tidak lupa mulai dikenalkan dengan buah-buahan. Reaksi pada setiap trotol berbeda-beda, ada yang langsung suka ada yang harus diajari cukup lama utk mau sekedar memakannya. Sebaik-baiknya adalah trotol yang mau lahap dengan semua EF jadi nantinya akan mudah bagi kita menyetting AM tsb,
    • Ada yang berprinsip gelontor EF jika masih trotol, itu gak masalah asal ketika sudah mulai ngeplong apalagi rajin sebaiknya setting pelan-pelan menjadi rendah, idealnya harian cukup 1-2 ekor jangkrik per hari. Cacing dan kroto boleh di selang seling seminggu sekali atau dua kali saja,
    • Mulai dikenalkan dengan matahari walau cuma sebentar, cukup 15-30 menit matahari di pagi hari, jika trotol sudah berumur kurang lebih 2 bulan (ekor sudah full dan sudah ngevoer kering, agar kita yakin daya tahan tubuhnya sudah lebih baik),
    • Mulai dikenalkan dengan keramba, sama dengan usia di atas. Gak usah terburu-buru, yang penting dia kita kenalkan dengan air dan keramba,
    • Jika sudah mulai memerah pisahkan (jangan saling melihat dengan teman-temannya, jika punya trotol lebih dari satu) agar bisa kita atur birahi dan emosinya. Seminggu sekali atau dua kali kita jemur dengan sistem di ablak bareng (baca : di trek) dengan teman-temannya yang seumuran. Dari umur 2,5-3 bulan sudah bisa kita dapati yang mana yang birahinya mulai masuk dan siap buat mainan di usia belia (6-7 bulan moncer). Cirinya pada saat itu dia sudah nge tune (press body) dan nge “cit”,
    • Mulai kenalkan dengan kerodong, jadi setiap sore-pagi kita berikan kerodong,



    PERAWATAN HARIAN (REMAJA)

    Jika sudah mulai ngeplong dan mulai rajin maka kita perlakukan perawatan harian dengan bulu remaja (belum mabung). Rawatannya ;
    • Usahakan beri jarak dengan AM-AM mapan yang bersuara keras dan rajin teler agar tidak drop birahinya (bukan mentalnya),
    • Cari posisi yang paling dia sukai agar dia gacor dan sering teler (setiap AM berbeda-beda), tapi umumnya AM seperti ini lebih menyukai suara gemericik air, sayup-sayup suara AM lain, suara siul burung lain yang tidak terlalu keras (pleci, decu, dst),
    • Tetep di ablak (pagi sampai sore) sampai dia telernya mapan,
    • Sesekali di bawa kelapangan agar mulai kenal dengan hiruk pikuk suasana di lomba,
    • Seminggu sekali maksimal dua kali kita trek dengan rekan-rekannya (kalau bisa yang seumuran), setelah itu gantang (dengan tidak melihat dulu sampai bisa di gantang jejer jika sudah siap),
    • Jika sudah mulai mapan telernya dan sudah ready for use, kita rawat seperti rawatan harian dan lomba spt yang lainnya.



    PERAWATAN HARIAN (DEWASA)

    Sudah di bahas di thread : Tips Perawatan AM Harian


    MENYETTING BUAT LOMBA
    Nah disinilah kita akan mendapatkan sosok AM didikan kita dari trotol sampai kelomba dengan kita setting karakternya. Rata-rata AM dari trotol jika kita rawat dengan benar dan teratur akan kita dapati karakter yang mudah pula.
    Utk melengkapi rawatan lomba bisa buka di thread ini : Tahapan Menampilkan AM di Lapangan


    PENUTUP

    Memang idealnya kita merawat AM trotol lebih dari satu agar menjadi sparing sampai dewasa di rumah (baca sahut2x-an dan temen trek), yang kita dapatkan dengan katuranggan (body) yang baik dan daerah jawara. Karakter AM sangat dipengaruhi oleh rawatan harian kita, jadi disinilah saat proses pembentukan karakter.

    Semoga bermanfaat

    NB.
    Utk pertanyaan harap fokus pada thread ini, khusus utk perawatan harian dan lomba sudah ada threadnya sendiri jadi tolong agar bisa di posting sesuai threadnya.... Yang OOT (Out Of Topic) ANE HAPUS...!!
    Last edited by Budi Purnama; 11 June 2013, 07:23 PM.
    Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

    087711999750, 085311999750, 085811999750

  • #2
    Ijin nyimak pak guru

    *duduk manis di pojokan*
    Kedepankan kedewasaan anda dalam bersahabat

    Comment


    • #3
      ijin copynya guru semoga ane juga bisa punya AM yang moncer
      salam AM

      Comment


      • #4
        izin nyimak. duduk sila sambil ngudud..
        KEMREMYESSS
        sigpic

        Comment


        • #5
          tak copasnya om....ijin sedoooottt......
          wat modal piara AM....
          sigpic
          ......enjoy ajahhhhhh.....

          Comment


          • #6
            Artikel yang menarik dan mencerahkan bagi pemula kayak ane Om Arda ... cendol meluncur.
            Satu pertanyaan : mungkin bisa di infokan "daerah jawara" dimana aja ya om Arda atau om Jayanz ... siapa tahu lagi jalan ke sana
            Tks

            Comment


            • #7
              Originally posted by ary k View Post
              Artikel yang menarik dan mencerahkan bagi pemula kayak ane Om Arda ... cendol meluncur.
              Satu pertanyaan : mungkin bisa di infokan "daerah jawara" dimana aja ya om Arda atau om Jayanz ... siapa tahu lagi jalan ke sana
              Tks
              Maaf om, "daerah jawara" sementara ane belum bisa release ke publik dulu sebab utk saat ini saja sudah cukup sulit mendapatkan daerah situ apalagi jika sudah di publikkan. Dan tentunya harus kita tebus juga dengan harga yang beda....

              Tapi.... nanti jika sudah waktunya, nanti tetep ane akan beritahukan tapi paling banter "clue"-nya saja.
              Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

              087711999750, 085311999750, 085811999750

              Comment


              • #8
                hehehe ... kalau nggak ke publik tak tunggu PMnya aja ya Om (ngarep.com) pls ... nambah khasanah daerah atau sarang "calon jawara"

                Comment


                • #9
                  Terima kasih Om Arda share pengalamannya bermanfaat sekali, cendol ijo meluncur Om

                  ralat : harus muter ke 10 member lagi nih untuk bisa kasih cendol ijonya dipersorry ya Om
                  Mohon maaf jika ada kata yang tidak berkenan dan tidak sopan.

                  Comment


                  • #10
                    Sangat Bermanfaat Untuk Pemula Seperti Saya Om Arda :-) Maturnuwun

                    Comment


                    • #11
                      Kalo di rumah Trotol AM cuma 1 dan tidak ada sparing partnernya gimana Om? apakah bisa kalau dipancing dengan suara mp3 AM dengan volume yang kecil?
                      umur berapa AM bisa dibawa ke latberan? at least gantang di pinggiran/ kejauhan?
                      mohon pencerahannya Om.

                      Thanks

                      Comment


                      • #12
                        Mantap, dan ijin menyimak Om...
                        Sampai dengan sekarang masih susah bedain Jantan/Betina... setiap kali ke pasar burung cari yg harganya sesuai kantong, selalu saja tidak berni memberkan garansi JANTAN..., jadi kapan bisa mulai meminang si ANIS...??

                        Semoga bisa buat referensi kalau dah dapet trotol Jantan...

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by peejay85 View Post
                          Kalo di rumah Trotol AM cuma 1 dan tidak ada sparing partnernya gimana Om? apakah bisa kalau dipancing dengan suara mp3 AM dengan volume yang kecil?
                          umur berapa AM bisa dibawa ke latberan? at least gantang di pinggiran/ kejauhan?
                          mohon pencerahannya Om.

                          Thanks
                          GOOD QUESTIONS..!!
                          Memang idealnya memiliki AM lebih dari satu jika kita ingin memformat karakternya. Karena dari mulai bunyi sahut-sahutan, teler sahut-sahutan, sehingga proses pematangan birahinya lebih baik. Apa bisa di konversi momongan/cara lain...?? TIDAK (maaf). Karena kalau hanya sekedar buat mancing bisa kita konversikan burung lain, tapi kalau sampai proses pematangan birahi, dsb, sangatlah sulit. Tapi bukan berarti AM yg sendirian terus tidak bisa berkembang seperti AM yang ada sparing partnernya.....
                          Yah... kalau mau di bawa ke latberan dengan kondisi gitu tidak ada patokannya om. Dah mulai ngeplongpun bisa, tapi idealnya setelah mulai teler stabil.


                          Originally posted by armon77 View Post
                          Mantap, dan ijin menyimak Om...
                          Sampai dengan sekarang masih susah bedain Jantan/Betina... setiap kali ke pasar burung cari yg harganya sesuai kantong, selalu saja tidak berni memberkan garansi JANTAN..., jadi kapan bisa mulai meminang si ANIS...??

                          Semoga bisa buat referensi kalau dah dapet trotol Jantan...

                          Kan sudah ada di thread sticky cara bedain jantan dan betina...?? Memang kalau beli di pasar tidak ada jaminan jantan karena dari sana ngambilnya (ordernya) memang yang betina. Kalau ada yang berani jamin itu pedagang nekat atau memang ada jantan yang lolos dari pantauan saat pengiriman. Makanya ane tidak menyarankan utk belanja di pasar.
                          Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

                          087711999750, 085311999750, 085811999750

                          Comment


                          • #14
                            [QUOTE=Arda Pandawa;787593]GOOD QUESTIONS..!!
                            Memang idealnya memiliki AM lebih dari satu jika kita ingin memformat karakternya. Karena dari mulai bunyi sahut-sahutan, teler sahut-sahutan, sehingga proses pematangan birahinya lebih baik. Apa bisa di konversi momongan/cara lain...?? TIDAK (maaf). Karena kalau hanya sekedar buat mancing bisa kita konversikan burung lain, tapi kalau sampai proses pematangan birahi, dsb, sangatlah sulit. Tapi bukan berarti AM yg sendirian terus tidak bisa berkembang seperti AM yang ada sparing partnernya.....
                            Yah... kalau mau di bawa ke latberan dengan kondisi gitu tidak ada patokannya om. Dah mulai ngeplongpun bisa, tapi idealnya setelah mulai teler stabil.


                            ohh gitu ya Om, kalau gitu kalau ada rezeki lebih saya akan cari AM ngeplong deh buat nemenin si Gonzales hehehe....
                            Terima kasih banyak om Arda atas penjelasannya, threadnya bagus dan informative, semoga masih banyak informasi lain yang belum ada di thread lain bisa didapat disini.

                            Salam,
                            Gandy Peejay

                            Comment


                            • #15
                              kang AP, matur suksme sdh sharing....


                              Originally posted by CR007 View Post
                              Sangat Bermanfaat Untuk Pemula Seperti Saya Om Arda :-) Maturnuwun
                              klo AM birahi ojo dikasih cacing yo masbro.
                              tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

                              Comment

                              Working...
                              X