Announcement

Collapse
No announcement yet.

Perawatan "Sosro & Rekan"

Collapse
This topic is closed.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Perawatan "Sosro & Rekan"

    Maaf sebelumnya, bukan mau sombong dan pamer yach. Hanya mau share perawatan AM ane saja. Ini juga karena dilatar belakangi oleh banyaknya kmers yang PM ke ane menanyakan cara perawatan AM lomba, khususnya si "Sosro".
    Nah, kalau dijawab atu-atu walah capeeee dehhhhh, sudah banyak, space PM habis, pegel pula nih tangan. Mana nanyanya detail lagi, tapi yang menarik untuk ditekankan antara lain "kita ini kantoran, yang waktunya hanya sampai jam 8 pagi sudah harus berangkat"

    Sebenarnya ane juga pegawai kantoran, sama harusnya ngantor jam 8.30 pagi tapi berhubung rawatan belum selesai terpaksa ane biasa berangkat + jam 9 pagi. Jadi kurang lebih sampai kantor sekitar 9.30 atau lewat. Untungnya hari sabtu libur, jadi bisa nyiapin jagoan.

    Sekali lagi, rawatan si Sosro ama yang lainnya sama saja tidak ada yang istimewa. AM ane ada 9 ekor termasuk 3 anakan OLS I KM juga.

    Hari Senin - Kamis.
    - EF jangkrik 3/3, tidak maen kroto
    - Mandi hanya pagi saja sekitar jam 7 s/d 8
    - Buah hanya pepaya (setiap hari)
    - Jemur, mulai gantang + jam 5 pagi (sebelum matahari terbit)

    Hari Jumat - Sabtu
    - EF jangkrik di tambah 2 x lipat
    - EF cacing 1 saja pagi hari -- hanya hari sabtu yach.
    - Buah apel selama 2 hari.

    Hari Minggu
    - EF jangkrik 3 + cacing 2

    Di lapangan Genjot ef jangkrik sebanyaknya, tapi harus diperhatikan cara makannya. Bila ditelan langsung bisa dilanjutkan, tapi kalau dicacah atau dibawa-bawa ke jeruji, stop dan harus secepatnya diambil/dibuang.Cacing diperlukan bila berahinya masing kurang.

    Atau detail kegiatan sehari-hari ane adalah :
    • Jam 5 pagi buka kerodong dan gantung deh di alam bebas (diluar rumah tapi masih didalam pagar yach), terus tidur lagi. yang jaga giliran si guk guk yang jumlahnya 8 ekor.
      Nga lama matahari keluar (biasa jam 6) semuanya berjemur.
      Jam 6.30 nganter anak sekolah dan jam 7 sudah balik. Ajaran baru sudah harus lebih pagi nih karena jam sekolah di majuin.
      Jam 7 s/d 8.30 giliran manuk mandi semuanya dengan modal 6 keramba. Semua mandi termasuk isian, karena sekalian bersihkan kandang dan pemberian EF + buah. Penting ! sesama AM dan AK dilarang saling ngintip waktu mandinya. (termasuk jemurnya loh).
      Khusus AM yang sedang terpakai untuk lomba, mandi paling akhir biar kena matahari lebih lama.
      Selesai mandi dianginkan, baru deh ane mandi dan sarapan.
      Jam 9 sebelum berangkat ngantor, semua dikerodong kecuali isian.
      Sore jam 4 di anginkan + beri ef sampai jam 5 dikerodong lagi untuk disimpan di belakang rumah. Oh ya, ane pakai perawat luar yang hanya boleh masuk pagi untuk mandiin burung dan bersihin kandang. Dan sore jam 4, itupun harus ada nyonya di rumah.


    Menurut pendapat ane, AM tidak perlu kena sinar matahari yang terlalu lama. Apalagi melalui KM ini, ane baru tahu bahwa pada dasarnya AM dan Ak itu jenis manuk yang suka lembab dan lebih banyak di atas tanah/dibawah pohon seperti salak, perdu dan lainnya.
    Pengaruh ke Volume ? Nga tuhh, buktinya volume si Sosro, buldog apalagi si listrik wah edan brooo.
    Pengaruhnya (menurut ane lagi) hanya pada adaptasi fisik si AM sendiri, seperti :
    • Kalau di lapangan lomba udaranya panas dan terbuka kena sinar matahari, buat AM yang jemurannya kuat pasti berjaya. AM ane kena sorot sinar matahari lama pasti mletik dan kalaupun tetep teler pasti tidak maksimal
      Kalau cuaca mendung/dingin/udara lembab, gantian deh AM panas tadi bakalan gampang melendung bodynya. He hehe rasain deh


    Tetapi yang paling penting : CARI SETTINGAN AGAR AM BISA TELER PULES DI LOMBA. Ini yang tidak bisa ditiru, karena semua AM punya karakter masing-masing yang berbeda. Jadi kenalilah momongan sendiri, apa maunya.
    Sosro aja pada tahun I dan II, ane banyak kondangan atau balik modal deh. Dari 5 x turun paling kerja 1x, itu juga kerja nga dari awal. Tapi setelah ketemu, nga deg deg lagi. Pasti kerja.
    [ame="http://www.youtube.com/watch?v=FVemcC9wcJw"]YouTube - Sosro-New[/ame]
    Demikian para sobat kmers, semoga bermanfaat. Sekali lagi mohon maaf bila ada yang tidak berkenan/salah.

    Salam,
    Last edited by shall_thegreat; 30 June 2009, 12:21 AM. Reason: sisipin Vidoenya biar mantap

  • #2
    Sip Markosip......TOP BGT deh si SOSRO & The Gank....
    Btw wktu di Gebyar Demokrasi kemaren sy sempat lihat lgsg fisik si SOSRO Om.
    Tapi sy koq ga ketemu sm Om Bustomi ya...???
    oh ya..AM SOSRO apa betul yg paruhnya panjang banget itu BOSS..???

    MAAF kalo ikutan kesengsem sm si SOSRO hehehe....tx...
    081 231 214444
    081 515 214444

    Comment


    • #3
      Benar sekali om, paruhnya sudah aku potong 2 kali bahkan aku sundut pakai api tetap aja tumbuh terus. Sudah lihat kerjanya juga Om ?

      Sayang, kemarin itu aku jaga Ibu yang di rumah sakit. Padahal sudah beli tiket pesawat yang jam 5.45 pagi hari minggunya. Hangus deh tiketnya.

      Comment


      • #4
        Trimakasih Om Bustomi, atas sharing rawatan si Sosro mudah-2 an ada yg cocok sama AM di rumah, Tq.

        Comment


        • #5
          WOW..... Perawatan yang Bagus Om... Simple gak neko2x..... Mau coba ach buat salah satu AM yg masih muda dirumah..... he...he....he...
          Terima kasih Om atas sharingnya...


          VIVA AM KM......
          sigpicCI CONAN(COdet kaNAN)
          Being Patience it's Gold

          Comment


          • #6
            share jg pic n videox donk...he9x..

            Comment


            • #7
              Pak Bustomi,..kalau jemur si AM nggak boleh saling lihat juga ya.
              Wassalam,
              4ndriecht, Kemanggisan, Jakarta Barat

              Comment


              • #8
                Originally posted by LeoN0211 View Post
                share jg pic n videox donk...he9x..
                Oke Om, mudah-mudahan ada kesempatan yang bagus untuk dishoot. Ada satu tapi kerjanya nga bagus (nga ngotot), karena sedang teler sendirian. Nanti deh kita pilih yang paling bagus.

                Originally posted by 4ndriecht View Post
                Pak Bustomi,..kalau jemur si AM nggak boleh saling lihat juga ya.
                So pasti om, hariannya tidak boleh ketemu sama sekali. Cukup dengar suaranya saja, itu sudah bikin semua pada hot untuk berteler ria. Apalagi kalau ketemuan, efek jeleknya jadi bosan ama yang dirumah juga berahi waktu dilapangan bisa berkurang banyak.

                Comment


                • #9
                  Nice share om... Ane udah lihat sendiri kedahsyatannya Sosro dan Buldog. Kapan yah ane punya AM kayak gini...??
                  Memaafkan orang lain berarti berlaku baik pada diri sendiri.

                  087711999750, 085311999750, 085811999750

                  Comment


                  • #10
                    tengkyu sharenya om... Mantap deh si sosro... BTW pengin liat kerjanya si sosro kpn ya om? ntar di wtc pasti di turunin kan?

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by Bustomi View Post
                      Benar sekali om, paruhnya sudah aku potong 2 kali bahkan aku sundut pakai api tetap aja tumbuh terus. Sudah lihat kerjanya juga Om ?

                      Sayang, kemarin itu aku jaga Ibu yang di rumah sakit. Padahal sudah beli tiket pesawat yang jam 5.45 pagi hari minggunya. Hangus deh tiketnya.
                      waktu dipotong dan disundut pake api, burung enggak stress tuh om?......gmn cara antisipasi stressnya?.............
                      087881569800

                      Comment


                      • #12
                        Originally posted by shadira View Post
                        tengkyu sharenya om... Mantap deh si sosro... BTW pengin liat kerjanya si sosro kpn ya om? ntar di wtc pasti di turunin kan?
                        Mudah-mudahan om, kalau tidak ada rencana berangkat ke AREMA.

                        Originally posted by N03L View Post
                        waktu dipotong dan disundut pake api, burung enggak stress tuh om?......gmn cara antisipasi stressnya?.............
                        Wah, kalau ini sih ane nyerah om. Mungkin karena "katanya" burung mapan kali yach ? pernah ane tangkap 6 hari berturut-turut untuk ngurut pangkal kakinya yang bengkak, tapi begitu digantang nga ada 1 menit udah ngemplong trus siap-siap teler deh.

                        Kalau ane beli AM baru, biasanya awalnya pada takut sekali karena ane ada banyak guk guk. Tapi biasanya 4 hari udah ngemplong dan paling lama 1 minggu udah teler. Oh ya ane juga ada kakaktua raja jambul kuning yang diikat di batang pohon, dan tempat gantangnya dekat lagi. Nah kalau teriak tau sendiri ributnya. Tapi hasilnya dong ... waktu lomba di Ancol, walau ada burung bangau, beo dan monyet. Tetap aja teler. Mungkin ini kali yach om ?

                        Comment


                        • #13
                          Ini dia, Om Bustomi yg baik hati yg mau bagi2 ilmunya baik di thread KM ato lgs di lapangan.
                          Thanks Om...
                          sigpic

                          Comment


                          • #14
                            terima kasih om atas sharingnya.... moga moga bisa saya jadikan pelajaran buat saya..
                            (karena beberapa bulan ini yang teler bukan anis saya, malah saya yang telerr nungguin anisnya mau teler,hehehehe)...
                            tjah grabag magelangsigpic

                            Comment


                            • #15
                              Wahh.... siip siiip om tommy, sharing ilmunya gamblang banget.. boleh ane praktekin dirumah deh..

                              Apapun lombanya dan kelas apapun tetep SOSRO AMnya he.eh.hehsaluut om.

                              THX
                              Last edited by ivanparis; 23 May 2009, 01:32 AM.
                              KEMREMYESSS
                              sigpic

                              Comment

                              Working...
                              X