Announcement

Collapse
No announcement yet.

Rawatan Harian dan Saat Lomba AM "JUVE"

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Rawatan Harian dan Saat Lomba AM "JUVE"

    Juventus, Am merah yang satu ini untuk sementara tak tertandingi. Dari semua itu kita perlu mngetahui dan mempelajari, cara perawatan dan sejarah dari burung yg satu ini.

    Perawatan juve di rumah:

    Pagi hari juve di angin2kan kurang lebih 30 menit ( 06:00 - 06:30) dan diberi 1 ekor cacing. Setelah itu juve di mandikan menggunakan Sprayer ( karena juve ndak bisa masuk keramba). Memandikan menggunakan sprayer memang membutuhkan air dan waktu yg cukup lama, Dalam artian juve membutuhkan air kurang lebih 7-10 galon air dalam sprayer ( 1 galon 1,5 liter ). Setelah juve mandi sangkar di bersih kan, Dan menambah Ef ( 5 ekor jangkrik dan 1 ekor cacing). Setelah itu juve dijemur di bawah terik matahari.
    Setelah ritual mandi dan jemur usai, juve diangin-anginkan secukupnya sampe burung puas bunyi ato teler2. Setelah di rasa cukup juve masuk ke dalam rumah dan di kerodong Full.
    Sore hari, Juve cukup di buka kerodongnya dan diangin2kan aja, sambil diberi Ef 3 ekor jangkrik. Sore hari juve ga butuh mandi karena burung yg satu ini emang kurang senang air.

    Perawatan juve di lapangan:
    Perawatan juve di lapangan ngga jauh beda dgn perawatan harian juve di rumah, cuman Jangkrik dan Cacing ditambah plus sedikit kroto, Kalo hari sabtu menjelang lomba juve dimandikan malam hari, biasanya di hotel.
    Menjelan lomba, juve harus didekatkan dgn betina ( Cas betina ), sambil di cas juve di beri 2 ekor jangkrik, siap ddah untuk di gantang.
    Setelah turun gantangan, juve langsung di cas cewek lagi, cuman jangkrik di tambahkan 2 ekor lagi ke dalam ransum pakannya, begitu seterusnya meskipun maen berkali-kali juga tetep sama.

    Photo Juve waktu Santai di rumah nya....


    Sang Legendaris




    Mungkin pengetahuan saya sebatas demikian, kalo ada yang salah harap maklum, Yg penting adalah kebersamaan dari kita semua. Bravo KM'ers


    100 % Photonya Aseliiii Bisa di Cekkkkk
    -= B~J Aseli Loemazang =-
    Ja~Tim

    Last edited by B@ng_jost; 2 May 2007, 07:48 PM.

  • #2
    Summary

    Rawatan Harian:
    * Pagi buka kerodong dan anginkan 30 menit (6:00-6:30) + 1 cacing
    * Terus mandi dengan sprayer 7-10 gallon
    * Selesai mandi sangkar dibersihkan
    * Sangkar bersih, tambah 5 ekor jangkrik + 1 ekor cacing
    * Jemur ... jam (Tolong konfirmasikan berapa jam)
    * Selesai jemur, dianginkan secukupnya sambil bunyi + puas teler.
    * Krodong dan dimasukkan ke rumah (Ditempel master gak?)
    * Sore hari buka kerodong dan diangin-anginkan + 3 ekor jangkrik, sampai jam 5 ya ...
    * Tanpa mandi sore.

    Rawatan Lomba:
    * Rawatan sama dengan rawatan harian
    * Jangkrik, cacing ditambah (???) + sedikit kroto bagus
    * Lomba hari minggu, sabtu malam dimandikan malam hari
    * Saat lomba dicas betina + 2 ekor jangkrik. (Berarti ke lomba bawa AM cewek) dan siap digantang di lapangan
    * Setiap turun gantangan lomba, dikasih 2 ekor jankrik

    Tolong yang belum jelas ditambahi om ..
    SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

    Comment


    • #3
      *1 Jemur ... jam (Tolong konfirmasikan berapa jam)
      *2 Jangkrik, cacing ditambah (???) + sedikit kroto bagus
      *3 Saat lomba dicas betina + 2 ekor jangkrik. (Berarti ke lomba bawa AM cewek) dan siap digantang di lapangan

      Jawapan:
      1 Jemur ga pasti jamnya om, tergantung panas di lumajang, karena disini kadang juve 1/2 jam sudah gelibag an, kadang 1 jam ga kerasa, kadang 2 jam menter. Jadi ya ga pasti gt om... Liat kondisi burungnya. Kalo pas kuat ya di genjot gt.

      2 Jangkrik pertama kali ngecash langsung 2 ekor, cas berikut 2 lagi, cas berikut juga 2 lagi, kalo maen 5 kali ya ketambahan 10 jangkrik. Tak rasa ngerti...

      3 Am cewek ngikut ke mana sang suami pergi, kalo pas di rumah tuh am cewek di taruh di rumah temen si perawat, jadi ga se atap. Am cewek minta yg istiemewuah... juve udah ganti cewek 14 kali ( Sumpah ). Terahir dapet yg ngeper sambil ekor gerak, kadang ngeplong gt ( cewexnya) Seharga 1250K.

      Kalo ada yg kurang silakan aja reply lg....


      Go Go Go JENDOL IJO JENDOL IJO JENDOL IJO........huwehhh huweh huwehhh

      Comment


      • #4
        Om bang jost, point pertama yg di tanya om copjen blm di jwb tuh..
        1. Menjelang lomba (hr sabtu sore/pagi atau hr minggu pagi ? ) Jangkrik (brp ?) + cacing (brp ?) + kroto (brp ?)..
        Thanks
        Kerjakan apa yang anda catat
        Catat apa yang anda kerjakan

        Comment


        • #5
          Kalo menjelang lomba jangkrik tetep aja om... cuman ramsumnya tambah kroto.

          Baru di lapangan tuh di kenyangin jangkrik..

          Comment


          • #6
            Wah luar biasa, gak kebayang punya yg kayak begituan.....
            1. Pict nya udah.
            2. Rawatan udah
            Masih kurang suaranya nih ? isianya apa aja yah Boss ?
            Ato mungkin aksinya di vcd he.he.he....
            Boleh lah AM sekelas Juve jadi bintang pilem, i o to ?
            Saya kan pingin juga kenal sama AM sekelas Juve meskipun akhirnya cuma bisa ngiler tes..tes..tesssssssss..............

            Comment


            • #7
              Akhirnya sang legenda menampakkan diri...
              Om Jost.. rawatan harian Juve pake sangkar kotak ya.. ?

              Pantesan jawara.. lha wong sudah kawin cerai sebanyak 14 kali ...
              siapa yg mau niru juve ?
              sigpic
              aBi-0816 1896055

              Comment


              • #8
                *Isian Juve:
                Lagu yang sering di pake di lapangan tonjolan
                1.J.Suren ( cikrek,cikrek,cikrek )
                2.C.Jenggot ( Crek,crek,crek )
                3.Cililin ( chit,chit,chit)
                4.Rio-Rio ( Tit,tit,tit,Chit)

                *Cuman Mayoritas lagu yang sering dipakai juve cendet, dalam artian ngerol kaya cendet. Tonjolan yg sering keluar Rio-Rio. Karena setiap hari juve ditempel rio-rio. Kalo J.suren & cililin juve baru ditempel pas mabung aja.

                *Power dari Juve :
                Power juve biasa-biasa aja, powernya tergolong rata2 Am. Aku banding'in ama Am-ku yg paling pelan aja powernya masih kalah. Mgkn ha itu yg menyebabkan juve mampu ngerol dan bergoyang cukup lama di lapangan.

                * Usia dari Juve: Kalo usia dari juve saya kurang tahu om, Lha wong saya lahirnya aja ga tau heehehehe. api kalo menurut saya usia juve kurang lebih 7-8 kali mabung, yah kurang lebih 6 tahunan.

                * Sangkar harian juve: Kalo sangkar harian juve tetep pake sangkar dinosaurus yg berat itu. Sangkarnya Dino juelek itu, Kuno lagi hehehe. Ini pas di foto di ganti sangkar lomba non Pilar mangkanya sangkarnya kelihatan lain ( Kamuflase). Cos juve mau di lomba di PESONA JEMBER CUP tgl 29-April kemaren.

                *Alasan juve diurunkan di jember; supaya birahinya ga terlalu mentok, karena juve udah berdiam di rumah kurang lebih 2 minggu sejak dari tegal yg lalu. Emang Am yang satu ini harus rutin melombakan ( di adu ). Kalo ngga bisa muring-muring si juve. Kemaren di Jember cuman boleh Turun 1 kali Di Kelas yg VIP. Sisanya pendaftaran di kembalikan.

                *Masalah kawin cerai;
                Penghulunya aja sampe bosen ngawinin juve. Hue hue hue....

                Kalo ada yg tau cara mengupload video ke dalam Forum Km, saya rela kok muat juve dalam bentuk video 3 GP, Ntar saya rekam pake video hp. Tolong bantuanya yah.... Bravo KM.....

                Bila ada pertanyaan dari om-om km sekalian saya akan menjawap sepanjang pengetahuan saya. Bila ada yg salah mohon koreksi....

                B~J
                Last edited by B@ng_jost; 3 May 2007, 11:45 AM.

                Comment


                • #9
                  Satu pertanyaan dari saya om,
                  sewaktu pertama kali punya Juve apakah memang burung sudah jadi, burung bahan atau baru ngeplong2x saja om.

                  Mau kasih cendol yg keluar cendil ...
                  Sori om Ane gak bisa ngeluarin Cendol !!!...

                  Comment


                  • #10
                    kroto dikasi brp hari menjelang lomba n brp takarannya ?

                    biar makin jelas gtu lho om

                    Comment


                    • #11
                      ne aq cuma denger2 dari omongan org2


                      perawat Om thay tuh beli juve waktu muda emg udh teler seharga 750rb..trus dibeli lg ma om thay seharga 2 jt. nah setelah itu di lombain ma om thay n selalu juara trus ampe harganya melambung tinggi. trus dibeli MR BAgya

                      btw bang jost aq mo tanya ne, tuh juve emg bener punya mr bagya ? soalnya mr bagya sendiri yg blg klo udh dibeli (aq cuma ngobrol ma MR bagya waktu di lomba gianyar aja coz MR bagya orgnya frndly n ramah bgt mskipun br ktmu 1x ). tapi kok juve masi ada di lumajang ya?
                      jd bingung...tapi ga peduli juve punya siapa yg penting aq fans berat ma juventus. juve juve emg AM fenomenal

                      Comment


                      • #12
                        Wah menarik, semoga AM bayi ajaib saya yg saya namakan si MAYOR mengikuti Juve he he he ya namanya ngadang-ngadang sapa tahu lho, gak moncer ya gpp ya namanya hobby kan dinikmasti aje ....

                        Jangan bingung om, kalo juve dah dibeli cuma kok masih di pemilik lama, disebabkan karena om Bagya gak mau pindah dan merubah cara perawatan. Takut AM tsb berubah dan gak moncer lagi. AM adalah burung sensitif terhadap:
                        - Cuaca
                        - Suhu
                        - Pola rawatan
                        - dsb

                        Sehingga om bagya gak mau pindah tempat, saya punya AM yang jelek, duh sensitif banget deh ! Sekaran dirawat salah satu petinggi KM yang Top Banget kik kik kik .... itu analisa saya !
                        SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by Masgay View Post
                          Satu pertanyaan dari saya om,
                          sewaktu pertama kali punya Juve apakah memang burung sudah jadi, burung bahan atau baru ngeplong2x saja om.

                          Mau kasih cendol yg keluar cendil ...
                          Sori om Ane gak bisa ngeluarin Cendol !!!...
                          Kata pemilik asalnya juve emang dari dulu ya gitu itu om. Tapi kalo dulu ga bisa nancep, di latber kerja dua menit langsung lompat.

                          Cerita asal muasal juve di tangan om thai:
                          Udin perawat dari juve, dapet Am ini dari acara barter di malang. Kurang lebih juve di hargai cuman 350k. Setelah pulang dari malang si " udin ". Bilang kalo Blacktroat nya laku tukeran mah Am. Trus saya di kasih tau am ini. Tapi kondisinya jan wuelek tenan. Sayap kiri turun dan burungnya ga bisa bak mandi. Trus aku bilang burung kaya gini mau buat apa? Bunyi aja ngga. Malam itu langsung tuh burung di ajarin keramba dgn cara di pegang. Setelah kepegang Am itu, langsung di dilep-delepno ke air ( bahasa jawa). Sampe sampe saya kasian. Tetep aja nabrak nabrak di bak mandi. Kurang lebih setengah jam si perawat mulai bosan. Akhirnya juve di balikin ke sangkar jeleknya. Trus di gantang di depan rumahnya. Tapi burung itu ngga bergeming sedikit pun. Malah mengkeret. Pas malam hari juve ngga di gantang cuman di taruh di lantai. Jadi tuh burung bener2 stres berat mngalami peyiksaan dan tekanan Psikologis & fisik. Hal itu terjadi sampe 2 mingguan. Trus tuh burung di bawa ke pasar burung dgn tujuan di lego. Tapi di tawarin ke orang orang ngga ada yg mau. Padahal tuh burung cuman di banderol seharga 350k.

                          Trus datang seseorang bernama Albert, dia suka dgn bodi juve, meskipun ngga bunyi diapun rela membelinya. Setelah beberapa bulan tuh burung berpindah tangan juve mulai rajin bunyi. Trus di bawa ke pasar burung tuk mengikuti latihan. Disaat latihan tuh burung di cas pake cewe an yg ngeper. Eh di gantang langsung ngepot-ngepot. kakinya ngangkat ngangkat. Tertarik dah si om thai. Akhirnya tuh burung terjual ke om thai seharga 2500k. Sampe sampe semua orang tercengan kok ada burung kaya juve dulu.

                          Setelah itu di hari minggu ada lomba lumayan gede di lumajang. Gelaran dari GRBC. Tuh juve langsung diturunin di seson pertama, langsung menyabet juara, begitu diturunin langsung semua orang pada liat. Sampe2 juve jadi juara 4 Clas sekaligus. Begitu sejarah singkatnya om-om sekalian. Coba kalo dulu jadi ku beli 350k mgkn ga bakal ada juve hari ini. hehehehehe....

                          Kalo masalah di beli Mr.Bagya ato ngga saya kurang tau pasti, Wong perawatnya aja ga tau. Tapi yang pasti tuh burung tetep di lumajang. Tapi yang pasti kalo dulu mr.Bagya bener-bener serius nawar juve. Masalah deal ato ga nya saya kurang tau.

                          Bravo Km

                          -= B J =-

                          Comment


                          • #14
                            JUVE..

                            Emang JUVE top banget.... ...
                            mau nanya dikit B@NG... untuk perawatan harian si JUVE pakai buah apa aja...??? trus kalo pas lomba apa dalam sangkar juga masih ada makanan, voor, buah..?? ato dilepas semua..??? maklum belum pernah lihat lombanya si JUVE...
                            trima kasih.
                            hormat saya.

                            Comment


                            • #15
                              *Kroto : Kroto kurang lebih di beri 1 sendok teh, cuman pemberian kroto berdasarkan kondisi burungnya, kalo di nila juve terlalu birahi, porsi dari kroto juga di turunkan. Gt Om Max...

                              *Buah : Pemberian buah pada juve biasanya hari senin & Rabu, kalo hari senin sehabis pulang dari lomba sore sudah di pasang buah pepaya, tujuanya agar birahinya lebih terkontrol. Untuk hari rabu di berikan buah apelzzz, untuk penyegaran dan menambah tenaga. Kalo dinilai juve terlalu birahi, pemberian apel di ganti pisang.

                              Kalo ada pertanyaan silahkan....

                              Salam KM...

                              -= B ~ J =-

                              Comment

                              Working...
                              X