Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tips Membedakan Br Bakalan Di Pasar Dan Trik Memilih Nya.....

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Tips Membedakan Br Bakalan Di Pasar Dan Trik Memilih Nya.....

    Sebetul nya saya sendiri kalau masalah BR kurang afdol pengetahuannya.....cuman ini sedikit cerita.....
    tadi padi tgl 18 juni 2008 main ke pasar burung kebumen (kebetulan hari pasaran burung)...disitu ada pedagang dari lampung membawa beberapa burung diantaranya adalah puluhan BR bakalan....
    hati tertarik dan mendekati......
    terus tawar menawar akhir nya saya beli 2 ekor BR.......saya cuman pilih berdasarkan hati nurani saya....dan tidak tahu apakah BR itu jantan atau betina....sistem gambling....setelah saya sampai di rumah saya perlihatkan BR tersebut ke papah saya.........
    ternyata papah ku jago dalam hal BR......papah ku adalah salah satu penggemar BR di tahun 60 an - 70 an..dimana dia bercerita dia punya BR sampai ratusan jumlah nya...dulu beli nya seharga Rp.15 sampai Rp.50.....
    lalu saya berperan sebagai wartawan bertanya2 tentang cara membedakan BR dari muda dan trik2 nya......

    MBB:kalau beli di pasar BR muda kira2 gimana bisa tau kalau itu jantan atau betina dan trik nya...???
    papah ku :1. 99% kalau BR jantan itu di kedua pipi nya bulu nya membuka keluar dan di dada nya ada bulu halus nya kalau di tiup (kalau betina tidak ada) alias mulus.....
    2. BR tersebut njambul patent bukan cuman asal jambul karena bisa juga betina.....
    3.kalau paruh BR tersebut bonyok (darahan) itu berarti BR tangkapan tua....kalau bisa cari yg mulus,karena biasanya BR tersebut di dapat masih muda...
    4.cari yg kalau di deketin tangan melihat seperti melotot atau menghampiri walau akhir nya gedabrukan.....mental lebih bagus
    5.cari paruh jangan terlalu tebal...karena rata2 (tidak semuanya) susah bunyi walau memang vol lebih keras......(susah bunyi dalam arti disini..gacor nya lebih lama dari yg paruh tipis)

    ada beberapa wacana lagi tentang BR tapi lupa ane....hehehehe...maklum IP dulu NASAKOM hehehehe......

    kebetulan mungkin nasib baik...BR yg saya beli begitu sampai di rumah saya masukan ke kandang ciblek kandang kecil...terus saya semprot dan jemur.......eee tidak grabukan seperti di pasar dan ke 2 nya mencirikan njambul...karena saya melihat dengan mata kepala sendiri ke 2 BR itu njambul semua...buset seneng banget ane...padahal burung masih muda banget kakai masih basah....wahhh gak tau kapan BR itu bunyi...hehehe sabar....soal nya kata papah ku minim BR mapan itu usia 5th....(buset yg main anak ane besok hehehe)

    o ya papah ku memberi tahu dulu daerah BR yg istimewa dan nomer satu diatara daerah yg lain pada waktu dia memelihara dan mengepul itu adalah daerah adalah di DAERAH DUNGKWALI kab kebumen....wates dan banyumas masih kalah.......cuman sekarang habis tidak ada...... karena dulu BR wates papaku katanya punya sampai 200ekor an dan banyumas juga ratusan.....papah ku bisa bilang bagus daerah dungkwali karena rata2 BR keluaran disana bukan cuman njambul patent tapi juga keluar jenggot nya sambil erbang ke atas kalau bunyi........kalau di daerah kebumen yg terkenal itu no.1 dungkwali 2.ambal (kali ketek) 3.petanahan......kalau urutan daerah 1.dungkwali 2.wates 3.banyumas 4.ambal.......entah kalau luar pulau atau yg lain..karena papaku cuman punya burung dari daerah sini2 saja.....

    nah itu sekelumit pembicaraan saya dan ortu saya tadi pagi jam 10.00wib.....
    mohon maaf apabila ada keterangan yg salah...karena papaku udah usur usia nya mungkin sudah perbedaan jaman dan transisi burung pun sudah berganti....semoga tulisan saya bermanfaat bagi kita semua....
    sekali lagi mohon maaf apabila ada yg salah.....

    salam kicaumania dari kebumen
    saya MBB dan my father......
    sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

  • #2
    nice sharing.....
    "Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!"

    Comment


    • #3
      Tengkiu infonya,,,
      Hunting ...ahhh,,
      kicaumaniabandung@groups.facebook.com

      Comment


      • #4
        Pramuka lagi banjir BR , hunting juga aaahh
        Kalo ngeriwik blm tentu Co kan ?.

        Comment


        • #5
          Originally posted by Subianto View Post
          Pramuka lagi banjir BR , hunting juga aaahh
          Kalo ngeriwik blm tentu Co kan ?.
          belum tentu om...disini ada ngeriwik rajin abis nelor 3x
          sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

          Comment


          • #6
            Nice sharing,..wah bener kata Om Saya BR dr Petanahan,.emang siiippppp
            smoga saya dapat hibahannya nih,..Om mbesok kapan2 kalo aku ke kebumen mampir ngobrol mbe Papah yoooo
            Hidup BR mania
            Masnya
            Taman Semanan Indah,Jkt Barat

            Comment


            • #7
              Originally posted by Jalak Bali View Post
              Nice sharing,..wah bener kata Om Saya BR dr Petanahan,.emang siiippppp
              smoga saya dapat hibahannya nih,..Om mbesok kapan2 kalo aku ke kebumen mampir ngobrol mbe Papah yoooo
              Hidup BR mania
              boleh2 aja silakan mampir ke gubug ane........
              sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

              Comment


              • #8
                thx 4 share...

                Comment


                • #9
                  calon moderator BR mulai buka2 ilmu dari ortu nya neh...
                  bro MBC, ane dipilihiin dunks 2 ekor yg keren2, harga PM yaks..
                  tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

                  Comment


                  • #10
                    matur suwun banget.... share nya.... kebetulan aku tinggal di daerah banyumas...... aku punya BR 3 ekor udah aku piara 3 tahunan

                    Comment


                    • #11
                      aja kelalen korek lg ilmu ortu-nya lalu sebarkan lg, di tunggu klu bisa pic-nya ditampilin

                      Comment


                      • #12
                        good info om MBB...please pict-nya donk..penasaran neh..
                        sigpic

                        pingin punya bird farm

                        Comment


                        • #13
                          wah siiip nih Infonya

                          trimakasih ya Om MisBum

                          Om kata tetangga-ku :
                          BR[bakalan] cowok itu banyak nangkring diatas[batu & tangkringan]
                          dan buntutnya centang.


                          benarkah begitu ?
                          a2m

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by Flying AngeL View Post
                            Om kata tetangga-ku :
                            BR[bakalan] cowok itu banyak nangkring diatas[batu & tangkringan]
                            dan buntutnya centang.


                            benarkah begitu ?
                            rata2 semua BR pasti banyak nangkrik diatas batu selama dia merasa nyaman.
                            tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

                            Comment


                            • #15
                              Originally posted by Flying AngeL View Post
                              wah siiip nih Infonya

                              trimakasih ya Om MisBum

                              Om kata tetangga-ku :
                              BR[bakalan] cowok itu banyak nangkring diatas[batu & tangkringan]
                              dan buntutnya centang.


                              benarkah begitu ?
                              semua BR rata2 nangkring di atas karang.....tapi belum tentu ada juga nagkring dan bunyi..ternyata nelor.......
                              sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

                              Comment

                              Working...
                              X