Announcement

Collapse
No announcement yet.

Beberapa Cara Mandiin Branjangan

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Beberapa Cara Mandiin Branjangan

    Rekan-rekan BRMANIA KM ...

    Beberapa pertanyaaan adalah:
    * Gimana cara mandiin BR yg benar
    * Dengan air atau dg pasir BR mandi
    * Disemprot dg air kah cara mandiin BR

    BR di alamnya, jarang atau bahkan tidak pernah mandi dg air, BR di alamnya biasanya mandi dengan abu di sawah.

    Walau di alamnya jarang mandi air, namun setelah di pegang atau dipelihara oleh penghoby, mandi air adalah perlu untuk meredam birahi dan menjaga kebersihan dari kutu.

    Beberapa cara mandiin BR yg dilakukan oleh Brmania adalah:
    * Disemprot dg air yg halus langsung ke sangkarnya.
    * Mandi ini bisa dilakukan tiap hari atau frekwensinya tergantung birahinya.

    Namun memandikan Br dg cara disemport banyak kelemahan:
    * Karena model sangkar br lain dg yg lain, maka air yg disemprot langsung ke br akan terakumulasi atau membasahi sangkar bawahnya.
    * Sangkar bawah bagian bawah biasanya diisi oleh pasir, bikin lembab + kotorannya sehingga potensial bakteri cepat berkembang.
    * Penyemprotan dg air bila tidak berhati-hati akan membuat BR kemasukan ke dlm hidungnya yg bikin flu br sehingga br macet.

    Mandiin BR model Perkutut:
    * Sudah tahukah cara penghoby kungmania mandiin perkututnya? cara mandiin perkutut adalah dipegang, airnya dg air leri atau air beras.
    * Model mandi ala perkutut ini bisa diaplikasikan ke br kita, caranya adalah:
    - Siapkan air beras dan taruh di baskom, pesan ke bini waktu mau masak air berasnya disimpan
    - Siapkan sangkar cadangan buat naruh BR saat, sangkar dibersihkan
    - Siapkan pasir atau tumbukan bata yg bersih
    * Beberapa langkah mandi br:
    - ambil br dan pindahkan ke sangkar cadangan
    - bersihkan sangkar dan ganti air + pakannya
    - mandikan br di baskom ala mandiin perkutut, hati2 ya coba tanya2 ke penghoby kung mania. jangan main siram saja.
    - selesai mandi masukan ke sangkar yg telah dibersihkan.
    * mandi ini bisa dilakukan 1 minggu sekali

    Beberapa keuntungan:
    * BR yg ngladak atau br yg diambil dr muda hutan lama kelamaan akan agak jinak
    * Sangkar tetap bersih dr kelembaban air yg mengakibatkan banyak bakteri dan yg menimbulkan penyakit, namun kotoran tetap dibersihkan waktu mandiin br.


    Salam
    SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

  • #2
    wah nice share dong om yogi..saya pernah menggunakan cara pertama dan kedua disemprot halus biasa pada saat siang hari, jadi pasir yg dibawah bisa cepet kering....kalo cara yg kedua sebaiknya BR dah bisa dipegang jadi bisa dimanndiin ala perkutut...he he he he
    sigpic Fighter Like Tigers and Win Like Champions

    Comment


    • #3
      Thanx 4 sharing om CJ
      Adi 0821-15-993-933 022-93431616

      Comment


      • #4
        nice shared bro, good info
        sigpic

        Comment


        • #5
          Tapi hati2 lepas kalau pas mau mandiin model perkutut, saya udah 2 kali punya BR lepas pas saya pegang baru mau di mandiin, kalau posisi bulu udah basah sih mungkin masih bisa ketangkep. Hati2 aje
          Kedepankan kedewasaan anda dalam bersahabat

          Comment


          • #6
            selain bisa lepas...hati hati ambrol bulunya
            sigpicPencinta Burung rumahan kualitas lomba, dan Burung lomba kualitas rumahan..

            Comment


            • #7
              wah... nice sharing nih mas.. matur nuwun...

              ada satu lagi mungkin mas yogi kelemahan mandi perkutut.. yaitu... kalau mental burungnya kurang bagus.. atau traumatis.. biasanya burung jadi takut dengan si pemilik yang suka menggenggamnya. memang sih nggak semua burung punya sifat traumatis he he he

              salah satu BR ane,,, si Pindad seperti itu tuh, menurut pemilik lamanya... katanya dulu kalau mandi seperti itu.. burung dipegang dan disemprot. jadi deh doi kalau mau dengar dia harus sembunyi dulu.. karena kalau liat beliau.. BR-nya tatutt.. hi hi hi.. tapi kalau sama orang lain sih tetap gacor...

              tapi mas.. dari 2 cara diatas itu.. mungkin kita gabungkan menjadi cara ke-3

              burung di masukan ke dalam sangkar cadangan.. baru deh disemprot.. tanpa harus dipegang... he he he... sangkar utama tetap baik kondisinya dan burung juga tdk menjadi trauma dengan pemiliknya. sementara menunggung burung dijemur... untuk mengeringkan... kita bisa bersihkan sangkar utamanya
              PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

              Comment


              • #8
                Kalau megang gak hati2, si BR melawan, lawanan bisa mengakibatkan bagian organ terkilir atau luka kena sangkar saat mau menangkap juga.

                Juga saat menangkap, jangan terlalu kencang .....
                SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

                Comment


                • #9
                  faktor BR stress tetap ad...krn BR harus ditangkap....

                  Comment


                  • #10
                    BR ane bias2 aje tuh ... habis mandi, kering langsung deh tancap gas bunyi ...
                    SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by cj View Post
                      BR ane bias2 aje tuh ... habis mandi, kering langsung deh tancap gas bunyi ...
                      podo karo sing punya.. sama-sama mental preman.. ampunnnn
                      PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

                      Comment


                      • #12
                        BR lagi... smakin baca, smakin ngiler... knapa dulu aku ditelp teman ada acara KicauMania di Jtv Surabaya... abis liat, trus saat itu juga buka web KM.. Skarang tiap malam sebelum tidur, mikir'in BR idaman... sigh...

                        Saat ini blajar2 ilmu dulu... thx sharingnya pak Yogie...
                        CDMA : 031-70685580

                        Comment


                        • #13
                          Terimakasih om CJ n om Indraf...

                          Comment


                          • #14
                            coba dengan cara mandiinnya kalau dengan air (semprot), kandang BR jangan diisi pasir / bata tumbuk, biarkan kosong, setelah disemprot kandang dilap atau dikeringkan sehingga BR tdk perlu dipegangang dan dipindah kandang. untuk ngasin cukup diberikan sotong.

                            Comment


                            • #15
                              om, yang saya tau kan br suka mandi pasir tuh (mandi kering).. apa nggak "kehilangan" BR-nya jika tidak ada media pasir/pecahan bata... dan hanya mandi air (mandi basah) "jadi nggak selama mandi selalu basah ya.. hua ha ha)

                              mohon pencerahannya.
                              PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

                              Comment

                              Working...
                              X