Announcement

Collapse
No announcement yet.

Beberapa Cara Mandiin Branjangan

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #16
    Lagi mikir nih gimane cara mandiin BR yg efektif he he he
    * Gak perlu dipegang (resiko juga, kecuali yg meganga ne sendiri)
    * Sangkarnya mudah mengelurkan kotoran,, dg tidak memindah BR

    bantuin dong ....
    SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

    Comment


    • #17
      Originally posted by Indraf View Post
      wah... nice sharing nih mas.. matur nuwun...

      ada satu lagi mungkin mas yogi kelemahan mandi perkutut.. yaitu... kalau mental burungnya kurang bagus.. atau traumatis.. biasanya burung jadi takut dengan si pemilik yang suka menggenggamnya. memang sih nggak semua burung punya sifat traumatis he he he

      salah satu BR ane,,, si Pindad seperti itu tuh, menurut pemilik lamanya... katanya dulu kalau mandi seperti itu.. burung dipegang dan disemprot. jadi deh doi kalau mau dengar dia harus sembunyi dulu.. karena kalau liat beliau.. BR-nya tatutt.. hi hi hi.. tapi kalau sama orang lain sih tetap gacor...

      tapi mas.. dari 2 cara diatas itu.. mungkin kita gabungkan menjadi cara ke-3

      burung di masukan ke dalam sangkar cadangan.. baru deh disemprot.. tanpa harus dipegang... he he he... sangkar utama tetap baik kondisinya dan burung juga tdk menjadi trauma dengan pemiliknya. sementara menunggung burung dijemur... untuk mengeringkan... kita bisa bersihkan sangkar utamanya
      Memindahkannya bagaimana om?
      sigpicHanya Fatamorgana

      Comment


      • #18
        Originally posted by cj View Post
        Lagi mikir nih gimane cara mandiin BR yg efektif he he he
        * Gak perlu dipegang (resiko juga, kecuali yg meganga ne sendiri)
        * Sangkarnya mudah mengelurkan kotoran,, dg tidak memindah BR

        bantuin dong ....
        Pesan sangkar ke om Achmad seperti sangkar LB (ada bakinya) jadi pasir ditabur dibaki bisa kali ya....
        sigpicHanya Fatamorgana

        Comment


        • #19
          masih takut jg klo pake cara yg ke-2
          takut lepas BR-nya
          pegang BR terlalu keras bisa stres atw cacat
          sebaliknya klo terlalu lembut pegangnya takut Gudbay



          selama ini pake yg aman aja : mandi semprot klo panas bener2 terik


          btw trimakasih banyak Om atas info-nya



          Salam KM
          a2m

          Comment


          • #20
            Originally posted by Indraf View Post
            om, yang saya tau kan br suka mandi pasir tuh (mandi kering).. apa nggak "kehilangan" BR-nya jika tidak ada media pasir/pecahan bata... dan hanya mandi air (mandi basah) "jadi nggak selama mandi selalu basah ya.. hua ha ha)

            mohon pencerahannya.
            kalau saya biasanya perpaduan mandi air dan mandi pasir, kalau burung tdk dilomba biasanya saya berikan pasir, 1 minggu sekali pasir kali kita kuras ( biarkan burung terbiasa didalamnya sambil pasir kita ambil) setelah bersih baru burung kita mandiin air, setelah itu sangkar kita lap sampai kering lalu dijemur, nah habis jemur burung, sangkar tsb kita isi ulang pasir yg baru tdk usah banyak hanya cukup +- 1/2 liter pasir, diulang seminggu kemudian.
            tapi kalau burung kita akan siapkan kelomba, biasanya saya akan kuras pasirnya, karena BR akan kita mandikan air 2 hari sekali.
            nah sdh terbukti BR yang saya terapi dengan cara mandi diatas selalu nampil bila saya ikutkan kelomba.

            Comment


            • #21
              sy pernah punya pengalaman BR mandi di kandang mandi spt brg ocehan, hanya saja airnya sedikit saja. kandang mandinya tanpa tangkringan jd si BR langsung terkena air& tak lama kemudian dia mandi.....
              Ini tdk berlaku pd semua BRku hanya 2 ekor yg bs mandi spt ini

              Comment


              • #22
                Bukan BR lomba kok repot2 , tangkep aja terus direndam diember ,spt perkutut.
                he..he..he...

                Comment


                • #23
                  Originally posted by tony music View Post
                  kalau saya biasanya perpaduan mandi air dan mandi pasir, kalau burung tdk dilomba biasanya saya berikan pasir, 1 minggu sekali pasir kali kita kuras ( biarkan burung terbiasa didalamnya sambil pasir kita ambil) setelah bersih baru burung kita mandiin air, setelah itu sangkar kita lap sampai kering lalu dijemur, nah habis jemur burung, sangkar tsb kita isi ulang pasir yg baru tdk usah banyak hanya cukup +- 1/2 liter pasir, diulang seminggu kemudian.
                  tapi kalau burung kita akan siapkan kelomba, biasanya saya akan kuras pasirnya, karena BR akan kita mandikan air 2 hari sekali.
                  nah sdh terbukti BR yang saya terapi dengan cara mandi diatas selalu nampil bila saya ikutkan kelomba.
                  thaks utk sharingnya om TM, kapan om TM mau buka thread baru di forum BR dan membahas total perawatan BR? ane tunggu neh .
                  tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

                  Comment


                  • #24
                    Originally posted by firman haz View Post
                    thaks utk sharingnya om TM, kapan om TM mau buka thread baru di forum BR dan membahas total perawatan BR? ane tunggu neh .
                    walah buset malah disuruh buka Thread baru, belum bisa om, kita sama-sama saja ngebahas BR, lebih banyak masukan lebih banyak ilmu yang keserap. thx

                    Comment


                    • #25
                      Originally posted by Indraf View Post
                      tapi mas.. dari 2 cara diatas itu.. mungkin kita gabungkan menjadi cara ke-3
                      burung di masukan ke dalam sangkar cadangan.. baru deh disemprot.. tanpa harus dipegang... he he he... sangkar utama tetap baik kondisinya dan burung juga tdk menjadi trauma dengan pemiliknya. sementara menunggung burung dijemur... untuk mengeringkan... kita bisa bersihkan sangkar utamanya
                      om In..gimana caranya mindahin BR ke sarang cadangan tanpa dipegang....(klo untuk MB dll khan tinggal buka pintu..lsg ..srottttt)
                      sigpicCatch Me If U Can !!!!!!!!

                      Comment


                      • #26
                        Originally posted by Bah Erwin View Post
                        Memindahkannya bagaimana om?
                        Originally posted by ivanoz View Post
                        om In..gimana caranya mindahin BR ke sarang cadangan tanpa dipegang....(klo untuk MB dll khan tinggal buka pintu..lsg ..srottttt)

                        memindahkannya...

                        khusus BR yang satu ini (pindad)... yang agak sensi... saya biasanya ketika mindahin ke sangkar lain menggunakan alat bantu... KIPAS...

                        kenapa kipas..... kipas yg cukup besar (berbentuk bulat) saya masukan ke dalam sangkar dari jeruji agar branjangan ini tidak lari/berloncatan ke atas sangkar ketika akan saya "arahkan dia" dengan menggunakan batang kayu ke arah kandang sementara.

                        agak ribet... tapi saya mengerti memang BR saya yang satu ini agak sedikit sensitif jika di pegang. saya mengetahui ke sensitifan BR ini dari pemilik lamanya. karena penasaran saya coba untuk memegang BR itu ketika akan saya pindahkan ke sangkar sementara.. ternyata dalam waktu cukup lama... BR itu trauma jika melihat saya. sekitar 2 minggu-an

                        dengan tidak ditangkap atau menggunakan cara diatas.. (Walau ribet) ternyata BR Pindad sekarang berani berkicau walau saya ada di sampingnya...


                        Ada satu lagi cara cara- ke-2 yang sedikit agak memacu adrenalin, karena jika kurang lihai maka BR bisa kabur... ha ha ha... (Cara ini selalu saya pakai atau lakukan di ruang tertutup)

                        sangkar yg bisa dipakai dengan cara ini adalah sangkar yang bagian bawahnya bisa dilepas.

                        1. lepas semua jepitan antar bagian yg berupa seng atau alumunium. agar bagian atas dan bawah dapat kita lepas. (tapi jangan dilepas dulu)

                        2. siapkan triplek yg ukurannya lebih besar dari ukuran diameter kandang

                        3. jika sudah siap.. kita goda branjangan kita untuk naik, dan ketika branjangan naik, maka cepat-cepat triplek kita masukan ke sangkar sebagai batas antar sangkar.

                        4. dasar sangkar dapat kita tarik. dan sangkar bagian atas sudah tertutup bagian bawahnya...

                        5. bagian bawah sangkar dapat kita bersihkan, sementara dengan cara di seret bagian atas sangkar yang masih ada BR-nya kita seret/taruh di luar.. baru deh kita semprot br-nya.. he he he

                        6. setelah dasar sangkar kita bersihkan dan burung kita mandikan... saya seret/taruh lagi bagian-bagian sangkar ke ruang tertutup (dalam rumah 'kebetulan rumah saya semua berkasa nyamuk sehingga jika br lepas tidak memungkinkan BR terbang ke luar")

                        7. satukan lagi sangkar dengan menggoda BR ke atas lalu kita satukan lagi bagian atas dan bawah sangkar... tarik triplek perlahan

                        ribet juga kan tapi cara itulah yang saya gunakan....

                        menurut hemat saya.. sedikit ribet gak papa.. selama BR mau bunyi jika ada saya.. dan kan maksimal paling 1 bulan sekali.. he he he

                        saat ini saya menggunakan cara ke -2 u/ memandikan BR


                        saya harapkan sih ada rekan lain yang mempunyai cara yang lebih simpel dari cara saya ini
                        PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

                        Comment


                        • #27
                          Originally posted by tony music View Post
                          kalau saya biasanya perpaduan mandi air dan mandi pasir, kalau burung tdk dilomba biasanya saya berikan pasir, 1 minggu sekali pasir kali kita kuras ( biarkan burung terbiasa didalamnya sambil pasir kita ambil) setelah bersih baru burung kita mandiin air, setelah itu sangkar kita lap sampai kering lalu dijemur, nah habis jemur burung, sangkar tsb kita isi ulang pasir yg baru tdk usah banyak hanya cukup +- 1/2 liter pasir, diulang seminggu kemudian.
                          tapi kalau burung kita akan siapkan kelomba, biasanya saya akan kuras pasirnya, karena BR akan kita mandikan air 2 hari sekali.
                          nah sdh terbukti BR yang saya terapi dengan cara mandi diatas selalu nampil bila saya ikutkan kelomba.
                          mantafff kang.. hatur Nuhun yaaa
                          PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

                          Comment


                          • #28
                            kalo ane biasanya di semprot aja om, terus langsung jemur di terik matahari.. dan pasti cepet kering kok dasar kandang.... lagian ane kalo semprot always make air campuran shampo heheh biar mengkilat bulu si br dan momongan lain...

                            Comment


                            • #29
                              shampoo??? shampo khusus buat burung kan?
                              tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

                              Comment


                              • #30
                                Ok's semua caranya. Satu persatu akan saya terapakan nanti dan diambil yang paling cocok. Thank's untuk semuanya

                                Comment

                                Working...
                                X