Announcement

Collapse
No announcement yet.

Beberapa Cara Mandiin Branjangan

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • cj
    started a topic Beberapa Cara Mandiin Branjangan

    Beberapa Cara Mandiin Branjangan

    Rekan-rekan BRMANIA KM ...

    Beberapa pertanyaaan adalah:
    * Gimana cara mandiin BR yg benar
    * Dengan air atau dg pasir BR mandi
    * Disemprot dg air kah cara mandiin BR

    BR di alamnya, jarang atau bahkan tidak pernah mandi dg air, BR di alamnya biasanya mandi dengan abu di sawah.

    Walau di alamnya jarang mandi air, namun setelah di pegang atau dipelihara oleh penghoby, mandi air adalah perlu untuk meredam birahi dan menjaga kebersihan dari kutu.

    Beberapa cara mandiin BR yg dilakukan oleh Brmania adalah:
    * Disemprot dg air yg halus langsung ke sangkarnya.
    * Mandi ini bisa dilakukan tiap hari atau frekwensinya tergantung birahinya.

    Namun memandikan Br dg cara disemport banyak kelemahan:
    * Karena model sangkar br lain dg yg lain, maka air yg disemprot langsung ke br akan terakumulasi atau membasahi sangkar bawahnya.
    * Sangkar bawah bagian bawah biasanya diisi oleh pasir, bikin lembab + kotorannya sehingga potensial bakteri cepat berkembang.
    * Penyemprotan dg air bila tidak berhati-hati akan membuat BR kemasukan ke dlm hidungnya yg bikin flu br sehingga br macet.

    Mandiin BR model Perkutut:
    * Sudah tahukah cara penghoby kungmania mandiin perkututnya? cara mandiin perkutut adalah dipegang, airnya dg air leri atau air beras.
    * Model mandi ala perkutut ini bisa diaplikasikan ke br kita, caranya adalah:
    - Siapkan air beras dan taruh di baskom, pesan ke bini waktu mau masak air berasnya disimpan
    - Siapkan sangkar cadangan buat naruh BR saat, sangkar dibersihkan
    - Siapkan pasir atau tumbukan bata yg bersih
    * Beberapa langkah mandi br:
    - ambil br dan pindahkan ke sangkar cadangan
    - bersihkan sangkar dan ganti air + pakannya
    - mandikan br di baskom ala mandiin perkutut, hati2 ya coba tanya2 ke penghoby kung mania. jangan main siram saja.
    - selesai mandi masukan ke sangkar yg telah dibersihkan.
    * mandi ini bisa dilakukan 1 minggu sekali

    Beberapa keuntungan:
    * BR yg ngladak atau br yg diambil dr muda hutan lama kelamaan akan agak jinak
    * Sangkar tetap bersih dr kelembaban air yg mengakibatkan banyak bakteri dan yg menimbulkan penyakit, namun kotoran tetap dibersihkan waktu mandiin br.


    Salam

  • Langen_Gading
    replied
    variatif juga nih

    Leave a comment:


  • ujungpensil
    replied
    Originally posted by tony music View Post
    kalau saya biasanya perpaduan mandi air dan mandi pasir, kalau burung tdk dilomba biasanya saya berikan pasir, 1 minggu sekali pasir kali kita kuras ( biarkan burung terbiasa didalamnya sambil pasir kita ambil) setelah bersih baru burung kita mandiin air, setelah itu sangkar kita lap sampai kering lalu dijemur, nah habis jemur burung, sangkar tsb kita isi ulang pasir yg baru tdk usah banyak hanya cukup +- 1/2 liter pasir, diulang seminggu kemudian.
    tapi kalau burung kita akan siapkan kelomba, biasanya saya akan kuras pasirnya, karena BR akan kita mandikan air 2 hari sekali.
    nah sdh terbukti BR yang saya terapi dengan cara mandi diatas selalu nampil bila saya ikutkan kelomba.
    Tambah SIP aja infonya....

    Leave a comment:


  • westjungle
    replied
    boleh dicoba tuh om tipsnya ...maklum newbie punya BR juga baru 1

    Leave a comment:


  • ind_vien
    replied
    nice share om

    Leave a comment:


  • Sandy TS
    replied
    mantab Om infonya..dan selama ini memang cuma dengan metode mandi celup ala perkutut ini saja,saya memandikan BR2 saya,hehe....
    dan tak lupa saya kasih pijatan kasih sayang,Alhamdulillah BR MH giras jd lmyn jinak..

    Leave a comment:


  • ikhsanudin
    replied
    Mudah2an burung anda semakin Moncer om

    Leave a comment:


  • kindef_united
    replied
    satu lagi tips mantap dari dedengkot KM...
    langsung praktek...

    Leave a comment:


  • dwayat
    replied
    KARENA MASIH NEWBIE YA IKUT MEMANTAU SAJA.

    Leave a comment:


  • Kc
    replied
    Thanks om atas saran2nya...

    Leave a comment:


  • ASLIH
    replied
    Kalau aku ke-4 BR ku mandi setiap 2 minggu sekali, sekalian ganti pasirnya. untuk pasir aku praktis saja beli di Pramuka, pasir dari campuran pasir laut dan pecahan kulit kerang/tritip. Sebagai permulaan BR disemprot dulu sampai basah, lalu ditangkap dan dimasukan dlm keramba yg diisi air setinggi 1-2 cm. Sambil menunggu BR mandi, sangkar kita bersihkan dan ganti pasirnya.

    Salam Mandi, Arek Pacitan

    Leave a comment:


  • Darmadi_Boban
    replied
    Om BR ku kalao mau dibersihkan 3 bulan sekali bata merahnya , BR di tangkap di masukkan ke kandang cadangan . Apakah Efeknya om ? BR kalo ada saya dekat2 turun ? kenapa ya dan bagaimana cara mengobati kebiasaan tsb , apakah BR perlu di mandikan air ?
    BR ku sangat jarang mandi air 3 bulan sekali , apakah efek nya? bagaimana jika BR ini dimandikan setiap hari ? apakah akan berhenti bunyi , terima kasih om2 pakar semua mohon advicenya

    Leave a comment:


  • Aanq_ucul
    replied
    Wah mantafff tuh kang Indra..
    Cara yang kedua emang agak ekstrim dan bikin degdegan yaks..
    Kaya mo ngelepas RANJAU DARAT di pelem perang-perangan.. wkwkwk

    Leave a comment:


  • didy_s
    replied
    Ok's semua caranya. Satu persatu akan saya terapakan nanti dan diambil yang paling cocok. Thank's untuk semuanya

    Leave a comment:


  • Mustika Areffa
    replied
    shampoo??? shampo khusus buat burung kan?

    Leave a comment:

Working...
X