Announcement

Collapse
No announcement yet.

Berbagai tipe jambul Branjangan

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Berbagai tipe jambul Branjangan

    Om-om mau nanya dong...
    Apa sich arti dari BR dinamakan:
    - Jambul patent?
    - Jambul Naga?
    - Jambul Mawar ?

    Soalnya terkadang saya lihat BR nge-jambul, tapi saya bingung itu BR jambulnya apa?

    Mohon petunjuk dari para sesepuh...

    thanks

  • #2
    Wah, saya baru tahu ada beberapa nama jambul, setahu saya cuman jambul patent, jambul jemur alias semi jambul, mungkin saya penamaan aja kali yach, thk's.

    Comment


    • #3
      Originally posted by bttioe View Post
      Wah, saya baru tahu ada beberapa nama jambul, setahu saya cuman jambul patent, jambul jemur alias semi jambul, mungkin saya penamaan aja kali yach, thk's.
      Thanks Om Bing Tiong.
      Emang kalau jambul patent maksudnya jambulnya tegak melulu yach Om? atau jambul nya tegak lurus yach?

      Om, sertai lagi dong pic nya yang terbaru.
      Tq

      Comment


      • #4
        Dari pengamatan saya, saya mendapatkan “jambul” pada BR yang akan timbul karena beberapa hal.
        1. Jambul Patent (bawaan jenis BR itu sendiri)
        2. dijemur
        3. birahi
        4. menang mental dari lawannya
        memang ada BR yang bawaannya sudah punya jambul (jambul patent) contohnya adalah br sapan milik saya... yang dalam kondisi kurang sehatpun masih berjambul.

        namun ada satu hal yang menarik. BR saya yang bernama pindad.. tadinya adalah BR dengan jambul “malas-malasan” artinya.. kalau mau ngejambul.. dia berjambul.. tapi kalau tidak.. dia tidak menunjukan jambulnya.

        Kejadiannya ketika saya menitipkan salah satu BR saya ke rekan KM (BR Meriam). Sehingga yang ada dirumah notabene tinggal BR pindad dan satu BR lain yang secara kualitas kegacoran dibawah BR meriam, bisa dikatakan selama beberapa hari BR pindad “menguasai” rumah sehingga mentalnya jadi bangkit.

        Sebagai informasi, tadinya BR Meriam menguasai rumah dengan kegacorannya.

        Satu saat BR meriam di kembalikan ke saya.. dan BR yang satunya diambil pemiliknya (tukaran). Alhasil, dalam beberapa hari kedua BR tersebut saling berusaha mengintimidasi lawannya.

        Sekarang keduanya berjambul setiap saat, kalau ada rekan atau saya sendiri saat ini melihat.. saya bisa mengatakan kedua BR ini jambul patent.. karena setiap saat selalu menunjukan jambulnya.

        Saya nggak tau.. type jambul apa ini. Jambul patent, jambul birahi, jambul intimidasi, jambul mental ?
        PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

        Comment


        • #5
          kalau yang saya tau jambul naga dan mawar itu identik atau sama yaitu jambul di branjangan yang terlihat seperti sisik ular, biasanya jambul tersebut bagus jika di lihat karena tinggi jambul dan proporsi kepala BR tersebut lebih tinggi jambul nya jadi kesanya BR seperti naga dan bentuk jambulnya terkesan seperti bunga mawar thx,



          maaf OOT newbie

          Comment


          • #6
            Originally posted by stevenxid View Post
            kalau yang saya tau jambul naga dan mawar itu identik atau sama yaitu jambul di branjangan yang terlihat seperti sisik ular, biasanya jambul tersebut bagus jika di lihat karena tinggi jambul dan proporsi kepala BR tersebut lebih tinggi jambul nya jadi kesanya BR seperti naga dan bentuk jambulnya terkesan seperti bunga mawar thx,



            maaf OOT newbie
            akhirnya salah satu master perburungan turun juga... spesialis murai batu, kacer dan branjangan nih om stevenxid... skaligus salah satu guru perburungan saya...
            CDMA : 031-70685580

            Comment


            • #7
              Ahak ahak ahak om bobbo masih gitu aja kwkwkw kan sama sama belajar btw jambul naga sperti BR sya yg kecil itu ingat ngga pak?

              Comment


              • #8
                kalau dari keterangan beberapa rekan.. mungkin ini yang dimaksud jambul naga dan berbentuk mawar (karena ada bulu jambulnya yang lebih panjang keluar.. menyerupain bunga mawar dan sisik naga)



                Sumber : om Shadira



                Sumber : ibu susi

                sedangkan ini adalah jambul patent.. jambul dari BR yang senantiasa selalu berdiri



                SUmber : Om Btitoe


                beberapa rekan saya menamakan type jambul di bawah ini dengan jambul model palang truk.. karena bentuknya yang seperti tutup penahan angin pada truk




                SUmber : Kang ROnny Bandung






                Sumber : Mas Ari JB



                sepert uraian saya diatas....ini adalah BR saya yang tadinya malas ngejambul tapi karena kondisi membaik jadi selalu berjambul, sehingga saya berasumsi bahwa mungkin sebetulnya semua BR memiliki pontesi berjambul, hanya bentuk dan derajat (panjang) jambulnya saja yang nantinya bervariasi





                foto dibawah adalah foto setelah dia mulai berjambul








                yang tadinya BR ini tidak berjambul.. saat ini hampir setiap saat dia berjambul... karena mentalnya yang sedang baik.
                maaf kalau salah
                Last edited by Indraf; 23 May 2009, 12:35 AM.
                PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ADALAH ALAT, YANG MENENTUKAN SUKSES ADALAH TABIAT.

                Comment


                • #9
                  Nah ini contoh jambul naga atau mawar bagus amat jambulnya

                  Comment


                  • #10
                    Originally posted by stevenxid View Post
                    Ahak ahak ahak om bobbo masih gitu aja kwkwkw kan sama sama belajar btw jambul naga sperti BR sya yg kecil itu ingat ngga pak?
                    saya diwaris'in banyak ilmu maupun burung ama om Stevenxid nih... belajar per BR'an, per kacer'an maupun per murai'an om Stevenxid ahlinya... ini blom burung2 laennya... seperti trucuk and kolibri yg di tempat asal om Stevenxid ngtrenn...
                    CDMA : 031-70685580

                    Comment


                    • #11
                      Ternyata thread bagus nih.. Thread ini ane sticky ya.. biar banyak yg belajar soal jenis perjambulan untuk BR, khususnya bagi saya yg sangat awam ini.
                      sigpic
                      aBi-0816 1896055

                      Comment


                      • #12
                        Originally posted by ABI-Karawang View Post
                        Ternyata thread bagus nih.. Thread ini ane sticky ya.. biar banyak yg belajar soal jenis perjambulan untuk BR, khususnya bagi saya yg sangat awam ini.
                        Mangga Kang Abi ... memang gimana baiknya saja deh ... soalnya aku juga awam soal BR ...

                        Salam BR, Arek Pacitan

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by ABI-Karawang View Post
                          Ternyata thread bagus nih.. Thread ini ane sticky ya.. biar banyak yg belajar soal jenis perjambulan untuk BR, khususnya bagi saya yg sangat awam ini.

                          om avatar BR nya bagus , ada brp BR bro dirumah ? mantaf deh.
                          sigpic

                          Rgrds,


                          Aries
                          ________________________
                          Maaf Masih Basic Banget

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by Aries View Post
                            om avatar BR nya bagus , ada brp BR bro dirumah ? mantaf deh.
                            nach satu lg penggemar BR muncul....btw..BRx di posting donk bro(pic & videox)...he9x

                            Comment


                            • #15
                              Originally posted by ANTONY WIJAYA View Post
                              Om-om mau nanya dong...
                              Apa sich arti dari BR dinamakan:
                              - Jambul patent?
                              - Jambul Naga?
                              - Jambul Mawar ?

                              S
                              oalnya terkadang saya lihat BR nge-jambul, tapi saya bingung itu BR jambulnya apa?

                              Mohon petunjuk dari para sesepuh...

                              thanks
                              Coba bantu yg saya warnai yaa: dan ini juga dtg dr para hobiest BR saja
                              1. Istilah jambul mawar

                              Bentuk jambul yg tebal dan sangat lebat serta saat dia njambul mengumpul diatas rapat kelopak2 bulu membentuk mirip bagai sekuntum mawar
                              Mungkin spt gmbr Br kang Ronie diatas dan spt dibawah ini bisa saya katagorikan jambul mawar :


                              2.JAmbul Naga
                              Bentuk jambul yg panjang2 bagai rambut dr seekor naga dan biasanya tidak terlalu lebat, serta tidak mengumpal helai2 bulu jambulnya, biasanya juga dibarengi dengan mekarnya bulu2 kuping. Mungkin gmbr dibawah bisa saya katagorikan jambul Naga

                              Atau bisa kita lihat si JAwara BRANJANGAN GATOT KACA (saya mengkatagorikan) dia punya jambul naga see pict below


                              Nah ini sedikit pengetahuan yg saya tahu dan suka diobrolkan sesama BRmania. Jadi sebnarnya kembali hanya istilah saja.
                              Soal patent dan jambul jemur spt yg Om Indraf ulas diatas.
                              Mohon maaf kalo ada kesalahan, monggo silahkan dishare pengetahuan yg lain dan pic. BRmania sekalian

                              Salam BRmania
                              Masnya
                              Taman Semanan Indah,Jkt Barat

                              Comment

                              Working...
                              X