Announcement

Collapse
No announcement yet.

Berbagai tipe jambul Branjangan

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #31
    Mohon maaf buat para pakar Branjangan. Setahu saya semua branjangan mempunyai bakat untuk berjambul/menjambulkan diri, seperti yang dijelaskan oleh om Indraf antara lain: karena dijemur, birahi atau karena intimidasi.
    Ini terjadi pada BR NTB saya, berjambul karena penjemuran.
    gambar sbb:


    Berbeda dengan BR yang berjambul paten. Istilah jambul paten mungkin didefinisikan bahwa jambul terjadi/sudah terlihat dari lahiriahnya. Jadi meski tanpa sebab-sebab diatas pun, BR tetap berjambul. Yang termasuk BR kategori ini adalah BR dari jenis:
    1. Galerida Cristata (crested lark)
    2. Alauda Gulgula (Oriental Sky Lark), dan
    3. Galerida Theklae (Thekla Lark).

    Maaf jika ada penjelasan yang keliru. Monggo dilanjut.
    Rawat dan Jaga Satwa Indonesia Dari Kepunahan

    Comment


    • #32
      maaf, kalo menurut aku, jambul naga itu yang diatas kepala berjambul, dan dari bawah tenggorokan bulunyapun ikut berdiri(seperti jenggot tipis), jadi kpalanya keliatan gede dan keliatan kayak naga.
      tapi kalo jambul mawar bulunya hanya diatas kepala yang berdiri.

      Comment


      • #33
        Originally posted by suwarno71 View Post
        Mohon maaf buat para pakar Branjangan. Setahu saya semua branjangan mempunyai bakat untuk berjambul/menjambulkan diri, seperti yang dijelaskan oleh om Indraf antara lain: karena dijemur, birahi atau karena intimidasi.
        Ini terjadi pada [BLINK]BR NTB saya[/BLINK], berjambul karena penjemuran.
        gambar sbb:


        Berbeda dengan BR yang berjambul paten. Istilah jambul paten mungkin didefinisikan bahwa jambul terjadi/sudah terlihat dari lahiriahnya. Jadi meski tanpa sebab-sebab diatas pun, BR tetap berjambul.
        Om Suwarno71 pasti dah tahu ciri-2 dan perbedaan antara BR-NTB vs BR-Lampung vs BR Jawa Tengah vs BR Wates vs BR-Sapan !
        Karean dari kata Om sudah jelas menyebut "BR NTB Saya"

        Mohon di-share ilmu-nya karena sampai saat ini saya masih sangat kesulitan untuk "ngarani=menyebut" BR-BR punya saya habitat asal darimana.. matur nuwun, terima kasih !
        Jacky-JQ
        http://www.pinyi.web.id/branjangan

        Comment


        • #34
          Saya jadi malu nih om Jacky. Ilmu saya tentang BR masih jauh dari anda. Saya hanya mempunyai cara yang sederhana untuk belajar sedikit cara membedakannya. Salah satunya dengan mengidentifikasi bentuk paruh, corak & motif warna bulu serta bentuk fisik BR tersebut. Tapi untuk membedakan BR-BR yang om sebutkan agak sulit, karena BR-BR tersebut tidak semua saya punya. Justru dari Kicaumania dan salah satunya dari Om Jacky lah ilmu tentang BR saya dapat. Dan dari Om Jacky lah ilmu tersebut harus dapat diawali dengan langkah identifikasi tersebut di atas.

          Saya hanya belajar sedikit tentang BR. Yang saya tahu semua BR yang ada di Indonesia berasal dari satu spesies yaitu Australian bushlark (Mirafra Javanica). Ini juga menurut ornithologist (Para Pakar yang Concern di bidang Burung). Memang sering kita dibikin rancu atau dibikin bingung dengan istilah nama lokal BR tersebut. Para pedagang burungpun juga ikut andil dalam menyesatkan tentang nama & asal-usul burung karena kurangnya pengetahuan tentang hal tersebut.

          Mungkin dalam waktu dekat ini saya akan membantu para kmers menambahkan ilmu sedikit tentang BR dari sudut pandang ornithologist, yang artikel research-nya sedang saya terjemahkan. SALAM.
          Rawat dan Jaga Satwa Indonesia Dari Kepunahan

          Comment


          • #35
            Originally posted by suwarno71 View Post
            Saya jadi malu nih om Jacky. Ilmu saya tentang BR masih jauh dari anda. Saya hanya mempunyai cara yang sederhana untuk belajar sedikit cara membedakannya. Salah satunya dengan mengidentifikasi bentuk paruh, corak & motif warna bulu serta bentuk fisik BR tersebut. Tapi untuk membedakan BR-BR yang om sebutkan agak sulit, karena BR-BR tersebut tidak semua saya punya. Justru dari Kicaumania dan salah satunya dari Om Jacky lah ilmu tentang BR saya dapat. Dan dari Om Jacky lah ilmu tersebut harus dapat diawali dengan langkah identifikasi tersebut di atas.

            Saya hanya belajar sedikit tentang BR. Yang saya tahu semua BR yang ada di Indonesia berasal dari satu spesies yaitu Australian bushlark (Mirafra Javanica). Ini juga menurut ornithologist (Para Pakar yang Concern di bidang Burung). Memang sering kita dibikin rancu atau dibikin bingung dengan istilah nama lokal BR tersebut. Para pedagang burungpun juga ikut andil dalam menyesatkan tentang nama & asal-usul burung karena kurangnya pengetahuan tentang hal tersebut.

            Mungkin dalam waktu dekat ini saya akan membantu para kmers menambahkan ilmu sedikit tentang BR dari sudut pandang ornithologist, yang artikel research-nya sedang saya terjemahkan. SALAM.
            suatu kehormatan bagi penggemar BR om Warno atas tulisan sudut pandang ornithologist nantinya...
            CDMA : 031-70685580

            Comment


            • #36
              tolong di bantu klo ada yg nyimpen foto sanma di tampilin dong om......karna sekarang di pasar burung splendit lagi banyak anakan yg menurut para pedagangnya nih burung anakan BR .....cuman bodi lebih besar sedikit dan kakinya lebih panjang utk corak bulu sangat mirip BR kuatirnya penipuan masal nih om....mtrswon

              Comment


              • #37
                Originally posted by Indraf View Post
                saya punya br yang tadinya jambul patent.. sekarang dah nggak jambul lagi.. gpp.. toh kadang dia mau jambul kalau lagi mood.

                sepertinya karena ada beberapa temannya yang bersuara lebih keras dari dia.. dia jadi keder sendiri ya
                tampilkan pic nya jg bro...plz..plz

                Comment


                • #38
                  Re: Berbagai tipe jambul Branjangan

                  Di PB pramuka banyak beredar chalandra lark yang menurut pedagang pailing,,
                  http://www.youtube.com/watch?v=0XA8PvlCTMU

                  trus yang banyak anakan-sampai dewasanya BR mirip Alauda arvensis di pedagang namanya branjangan gunung,,
                  http://www.youtube.com/watch?v=dklyS-eR0Qo
                  "Dugaan seseorang tergantung kadar akalnya"

                  Comment


                  • #39
                    Re: Berbagai tipe jambul Branjangan

                    Ciyus ni Om?
                    PAILING? berapa duit om? di lantai berapa / blok mana?

                    gak salah lihat dgn "Pipit" kan?
                    Nyari BR? tilik pola batikan, tilik warna & bentuk paruh, tilik alisnya

                    Comment

                    Working...
                    X