Announcement

Collapse
No announcement yet.

Cara/metode membersihkan kandang BR

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Cara/metode membersihkan kandang BR

    Selamat sore rekan se hobby BR...
    mo minta pentunjuk nya donk,,,,,,,ada tement piaara BR dapet hibah dr oom, nya,...lumayan gacor,nge-riwik+sesekali nembak.....

    nach dia menyakan ke sya,..bagaimana membersihkan kandang BR
    mengingat kandang BR pentutup bawah permanent tanpa laci juga kancing pengait....di mana terdapat pasir laut dan Ee-nya....

    apa BR nya di tangkep?
    apa bersihinnya kandang di miring kanan/kiri?

    sgitoo aja uneg2 tetangga yg menanyakan ke sya...
    mohon arahan rekans semua, mengingat saya belum pernah melihara BR.

    sekian dan terima kasih

  • #2
    ikutan nyimak ah , soalnya mau miara BR juga haha

    Comment


    • #3
      2 cara. tanpa tangkep BR sama tangkep BR dulu.

      kalo tanpa tangkep, BR-nya dipaksa lari-lari menghindari tangan yg gerak sana-sini ngumpulin eek BR & sampah gabah.
      efek negatif? relatif, tergantung mental BR-nya.
      efek positif? BR dibiasakan berinteraksi dgn tangan manusia.
      bonus efek, lebih sedikit repotnya, lebih kecil peluang BR lepas/keseleo & stress berat.

      kalo ditangkep dulu BR-nya.
      efek negatif? relatif, tergantung mental BR-nya.
      efek positif? BR dibiasakan berinteraksi dgn tangan manusia juga, tapi kalau salah pegang burungnya, bisa keseleo lalu stress lalu mati atau lepas dari genggaman.
      bonus efek, ngebersihin kandang leluasa.

      Tinggal milih.
      Nyari BR? tilik pola batikan, tilik warna & bentuk paruh, tilik alisnya

      Comment


      • #4
        Ane biasanya tangkep aja masukkin dus kecil dulu baru bersihkan sangkar, klo dah biasa mah ga masalah tuh...spy cepet siapin aja dulu bubuk bata atau pasirnya...masukkin lagi, jemur...koar-koar kembali...Salam BRmania

        Comment


        • #5
          Om Kumis macan lama gak ketemu,
          BR tangkep aja pindah kekandang KEDUA kl gak ada masukin aja kekaus kaki (hrp dicuci dl spy BR tdk pingsan )

          Comment


          • #6
            Originally posted by OCAnd View Post
            2 cara. tanpa tangkep BR sama tangkep BR dulu.

            kalo tanpa tangkep, BR-nya dipaksa lari-lari menghindari tangan yg gerak sana-sini ngumpulin eek BR & sampah gabah.
            efek negatif? relatif, tergantung mental BR-nya.
            efek positif? BR dibiasakan berinteraksi dgn tangan manusia.
            bonus efek, lebih sedikit repotnya, lebih kecil peluang BR lepas/keseleo & stress berat.

            kalo ditangkep dulu BR-nya.
            efek negatif? relatif, tergantung mental BR-nya.
            efek positif? BR dibiasakan berinteraksi dgn tangan manusia juga, tapi kalau salah pegang burungnya, bisa keseleo lalu stress lalu mati atau lepas dari genggaman.
            bonus efek, ngebersihin kandang leluasa.

            Tinggal milih.
            maaf om..saya bingung sama yg saya bold itu om..
            sigpic
            GENERAZI AE 5758

            Comment


            • #7
              Originally posted by yachoef View Post
              maaf om..saya bingung sama yg saya bold itu om..
              Salah pegang dalam artian ya kita pegang ketika posisi tidak pas. Atau saat BR meronta akan terjadi keseleo. Kalau saya, saya semprot dulu tu BR, baru kita tangkap. Ingat, hati-hati, jangan sampai kabur. Usahakan saat pepindahan itu dalam ruangan tertutup.


              maaf kalau salah....
              [BLINK]BANGGALAH MENJADI SEORANG GURU
              [/BLINK]

              Comment


              • #8
                ok om..matur suwun..
                sigpic
                GENERAZI AE 5758

                Comment


                • #9
                  kalo sy sih kandangnya sy miringkan kanan/kiri bahkan kadang sampe kandangnya hampir dibalik jg
                  soalnya sy trauma mindah2 BR dgn cara ditangkap, 1x keseleo sampe akhirnya cacat, 2x lepas dr tangan

                  Comment


                  • #10
                    saya pindah dengan cara dipegang langsung tp sebelumnya disemprot dl kek om Ony....
                    pindah ke sangkar BR yg laen....berhubung BR bahan ya dibiasaken hehehehe
                    sigpic
                    ......enjoy ajahhhhhh.....

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by bay arena View Post
                      kalo sy sih kandangnya sy miringkan kanan/kiri bahkan kadang sampe kandangnya hampir dibalik jg
                      soalnya sy trauma mindah2 BR dgn cara ditangkap, 1x keseleo sampe akhirnya cacat, 2x lepas dr tangan
                      ****
                      Nah itu jagoan BR yang sudah ngalamin BR-nya keseleo...
                      hehehehe..
                      maaf jadi contohya boss...
                      Nyari BR? tilik pola batikan, tilik warna & bentuk paruh, tilik alisnya

                      Comment


                      • #12
                        Mau share om pengalaman kemaren bersihin kandang dan ganti media pasir, kalo ane sih skalian mandiin burungnya
                        1. Siapkan media yg baru yaitu tumbukan bata merah dicampur pasir laut/bali
                        2. Semprot dulu burungnya lalu tangkap dan dipindahkan ke sangkar lain. Setuju dng om Ocand agar hati2 waktu menangkap BR nya.
                        3. Baru kita bersihnan kandang, buang media lama dan ganti dengan media baru.
                        4. Sebelum dipindahkan kembali, nah ini ane gunakan kesempatan untuk mempraktekan mandiin dengan cara dicelupin ke wadah seperti mandiin perkutut. Air yg digunakan air yg sdh dicampur perasan daun sirih dng maksud utk bersihin kalo ada kutu.
                        5. Selesai dimandiin, ane tetesin dulu Metabolisme 3 tetes, biar ga stress, setelah itu jemur....kembali ngriwik dan bunyi lagi deh.
                        Belajar sabar

                        Comment


                        • #13
                          saya pakai cara yang sama seperti burung lainnya tanpa pegang dan semprot ,mohon dicoba pakai cara saya dengan memindah kesangkar lain seperti ke mindah burung ke keramba mandi ,sangat mudah dan efektif burung tanpa stress

                          Comment


                          • #14
                            kl saya sih...tingal di hadepin sm keramba,sukur2 kl mau masuk,sekalian mandi....tp slama ini br sy mau pindah ke keramba....
                            Tetep Semangat Pelihara Momongan

                            Comment


                            • #15
                              klo saya ga pernah sedkaligus di bersihin,..saya tiap hari ngambilin kotoran yang di atas pasir,..klo pasir udah berkurang agak banyak,saya tambah lagi sama pasir baru,..

                              Comment

                              Working...
                              X