Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tanya Jawab Seputar Branjangan

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #16
    Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

    Dipersilahkan para suhu untuk menambahkan wejangannya..

    Comment


    • #17
      Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

      tadi pagi waktu mau ngasih UH ada 2 helai bulu sayap, apakah BR saya mau mabung?

      Comment


      • #18
        Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

        para om-om dan para suhu KC,
        saya mo nanya ciri2 jantan burung sanma atau pakling sama kaya burung branjangan?
        mohon batuannya....

        Comment


        • #19
          Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

          INi sy copas om:

          12 identifikasi sexing Mongolian Lark / Dance Braun adalah: .

          1. KEPALA, Jantan: Kepala besar, menonjol ke belakang/ngganden/panjul, paruh cenderung besar dengan pangkal lebar. Betina : Kepala kecil, tidak ada tonjolan belakang kepala/cenderung membulat, paruh kecil pangkal paruh sempit.

          2. MATA,. Jantan: Mata besar & lebih berkilau di sisi mulut, jarak dua mata dari pangkal paruh lebih dekat. Betina: Mata kecil berkaca-kaca, mata dan mulut dalam garis lurus, jarak kedua mata jauh dari pangkal paruh.

          3. ALIS . Jantan: Alis putih, lebar dan panjang atau sempit dan panjang, bentuk alis jelas, dua garis alis tembus/terhubung sampai belakang kepala,. Ini adalah salah satu tanda utama untuk membedakan Jantan dan betina.

          Betina: Tidak ada alis, alis warna tidak cerah, dan alis tengah tidak tegas, & sama sekali tidak terhubung dengan bagian belakang kepala.

          4. KAKI. Jantan: rata2 kaki jantan gagah dan panjang,. beberapa jantan warna kaki merah tapi tidak menutup kemungkinan tidak berwarna merah tergantung dari habitatnya.. terkadang di temukan juga jantan dengan kaki pendek. Jantan mencengkeram lebih kuat. Betina : rata2 berkaki pendek berwarna lebih pucat. Cenderung tidak jenjang dibanding jantan ketika berdiri, lebih banyak merunduk. Cengkeraman jari kaki tidak sekuat jantan.

          5. PARUH.

          Jantan: paruh cenderung panjang proposional, tebal, mematuk kuat. Beberapa berwarna giok (sama seperti batu giok, tembus) ini yang dianggap jenis istimewa.

          Betina: Paruh lebih pendek dan tipis, mematuk lemah.

          6. SAYAP,

          Jantan: Jumlah bulu sayap putih antara 6-12 helai, bulu lebih mengkilap. Warna bulu putih lebih cerah.

          Betina: jumlah bulu putih pada sayap kurang dari 6 helai, warna lebih kusam tidak secerah jantan.

          7. KERAH LEHER,

          Jantan: Kerah hitam leher depan. panjang tebal setengah lingkaran,

          Betina: Kerah leher pendek dan sempit.

          8. WARNA PARUH,

          Jantan: warna paruh kemerahan, kerongkongan lebih lebar,

          Betina : warna paruh kekuningan, kerongkongan lebih sempit.

          9. ANAKAN,

          Jantan: Lebih aktif mendongak kepala /berdiri ketika akan di suap, kepala lebih besar atau tubuh selalu sangat tegak,

          Betina: lebih pasif, kepala cenderung kecil dan terlihat cantik, cenderung merunduk

          10. ANAK DI LOKASI SARANG.

          Para anakan jantan lebih senang panas takut dingin, di malam hari, betina senang meringkuk karena suhu tubuh lebih hangat, pada siang hari sarang bawah panas, naluri jantan cenderung berada di atas sarang.

          11. METODE HAND FELLING.

          Dalam melihat sexing ketika masih anakan saat kita pegang kita dapat merasakan perbedaan jenis kelaminnya, bilamana terasa keras struktur tulang nya adalah Jantan, sedang bilamana terasa lembut adalah betina. Bilamana dengan jari telunjuk kita menyentuh kepala dari depan ke belakang, terasa berbedaannya, pada Jantan kepala lebih terasa ada tonjolan dibelakang kepala sedangkan Betina lebih terasa membulat.

          12. NADA CALL/PANGGILAN & MIDTONE ketika masih muda.

          Perbedaan Jantan dan betina dalam tahap anakan terdapat nada jeritan/call/panggilan, Jantan memiliki panggilan/jeritan lebih keras dan nadanya lebih jelas, pada kondisi midtone nada lebih bervariasi lagunya.

          Betina: nada panggilan tertahan terdengar lebih pelan& tidak jelas, midtone monoton.



          "12 metode identifikasi sexing" tersebut hanya untuk analisis yang komprehensif, kita tidak bisa hanya melihat salah satu bagian saja, dan tentunya jauh dari kesempurnaan kuncinya yang perlu dilihat adalah pembeda utama dalam identifikasi yang telah di sebutkan, karena masing2 akan saling melengkapi dalamn proses identifikasi.

          Dapat disimpulkan bahwa Jantan dan Betina. jika burung memiliki bulu putih pada sayap sejumlah bulu 9, dua alis di kepala tebal dan tembus melingkar, kaki yang sangat kuat, bisa jadi pedoman menunjukan sexing jantan.



          Karakteristik yang disebutkan di atas tidak mungkin semua terpenuhi. namun untuk menentukan/memilih burung Jantan hal tersebut diatas bisa dijadikan pedoman. Pada umumnya penghoby tidak hanya memilih burung hanya karena sexing jantan saja namun lebih jauh mereka juga akan memilih burung jantan terbaik dengan melihat sisi katuranggannya. Selain karakteristik umum burung Jantan, semakin jelas beberapa pilihan fitur Jantan terbaik dan menonjol atau Jantan yang berbakat. Berikut ciri2 burung Jantan dengan kriteria terbaik:

          1. Paruh besar panjang mematuk kuat,

          2. Mata besar berbinar besar

          3. Kepala besar proposional, bentuk menonjol kebelakang,

          4. Alis lebar dan panjang, terhubung pada bagian belakang kepala

          5. Terhadap dua alis,

          6. Bulu mengkilap, pola mantel besar dan jelas ,

          7. Postur/body proposional panjang dan lansing,

          8. Kaki jenjang & gagah “Gao Jian”,

          9. Ekor proposional dengan body,

          10. Sayap tegak (perhatikan sayap tidak ada luka, rusak, dua sayap tumbuh sempurna)

          11. Bulu sayap terdapat jumlah 6-13 helai bulu putih,



          Tapi kadang-kadang mata, kepala, alis, sayap, body, penampilan dan bagian utama lainnya adalah baik, tapi kaki sedikit lebih pendek atau paruh tidak ideal, dan tidak ada masalah lainnya sebenarnya masih bisa di toleransi.

          Baik dalam segala aspek & sempurna adalah benar-benar langka, seperti kita mendapatkan paruh ideal, cengkeraman cakar kaki yang kuat, paruh tidak warna giok, kaki tidak merah, kepala datar kecil janganlah menyurutkan semangat kita untuk merawat dengan baik momongan kita. Terkadang kalau beruntung kita bisa menemukan burung yang bermutasi putih/albino, burung memiliki jambul paten, burung memiliki paruh spt paruh rajawali yang merupakan burung yang cukup langka dan istimewa. Jika kita memiliki karakteristik burung seperti yang di sebutkan menjadi hal yang sangat membanggakan. Selanjutnya yang perlu di perhatikan & di ingat, pemilihan burung tidak hanya berhenti sampai hanya sexing jantan/betina & katuranggan burung terbaik saja tapi juga perlu melihat kondisi mental dan kebugaran fisiknya.
          selesai.

          Salam..
          TigerWong KM
          Sumber : http://bbs.18888.com
          SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

          Comment


          • #20
            Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

            makasih banyak om CJ atas copasnya..
            kalo masternya yg bicara dah pasti josss..
            satu lagi suhu, kalo sanma patokannya sama kaya branjangan?

            Comment


            • #21
              Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

              Om saya mo tanya....Branjangan cewean bunyi ngeriwik juga tidak Om?....
              saya ada 2 branjangan bahan, kalo dipisah yang satu mo ngriwik kencang, yang satunya hanya ngeriwik pelan, tapi kalo didempetin gantang berduan tanpa pindah pindah gantangan hanya diam saja om selama 1 mingguan, tapi kalo saya pisah tanpa saling lihat branjangan saya mulai mo ngriwik kembali om....apa branjangan kalo berdua mmg gak mo bunyi,...apa branjangan cew dan cow?...

              rawatan p/s jangkrik 1-1, ulat hongkong 5 setiap harinya

              terima kasih

              Comment


              • #22
                Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                Mau tanya om gimana dapetin branjangan yang bagus bagus biar bisa juara. Plz kayaknya harus ke condet nich.

                Comment


                • #23
                  Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                  Mau tanya om gimana dapetin branjangan yang bagus bagus biar bisa juara. Plz kayaknya harus ke condet nich.

                  saya bantu jawab ya
                  gak perlu ke condet, langsung ke pasar minggu aja, disamping bank BNI ada toko keramik pemiliknya rambur gondrong, dia punya 3 branjangan bagus2 tu, silahkan di rampok om, hehe

                  Comment


                  • #24
                    Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                    Om Martinus, si Fortune di kasih ga 50jt, kalau dikasih pengen banget ini kawan, kalau ok mau dipantau di lap banteng 22.des.2013

                    Comment


                    • #25
                      Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                      Lepas saja Om Martinus ....
                      SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.

                      Comment


                      • #26
                        Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                        Originally posted by cj View Post
                        Lepas saja Om Martinus ....
                        perawatan BR di musim hujan gmn ia?

                        Comment


                        • #27
                          Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                          Om branjangan saya apat sebelumnya bunyinya kencang tapi ketika dirumah saya kok ndak sekencang awal dapat ia, apa pengaruh cuaca ia?

                          Comment


                          • #28
                            Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                            bisa juga 0m perwawatanya mungkin juga ganti , tanya lebih ditel lagi kepemilik lagi sebelumnya

                            Comment


                            • #29
                              Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                              Om CJ mau tanya, branjangan jawa saya umurnya masih dibawah setahun
                              kondisinya saat ini ngeriwik alus, ngeplongnya hanya suara cit cit cit (seperti belajar)
                              apa wajar di umur segitu, kondisinya bunyinya seperti itu?
                              rawatan sekarang jangkrik alam 3 yg kecil pagi aja, kroto 1 sdm plus makanan utama ebod canary
                              jemur tiap hari sampe jam 10 pagi, mandi sabtu minggu aja klo cuaca terik
                              mohon saran rawatan biar bunyinya rajin karena ngeriwiknya juga termasuk biasa, tidak rajin bunyi
                              terima kasih
                              Salam kicau mania
                              Vincent -08179666778-

                              Comment


                              • #30
                                Re: Tanya Jawab Seputar Branjangan

                                kal0 menurut saya sih wajar , (TAPI MAAF SAYA YG JAWAB KAN TANYANYA SAMA 0M CJ)

                                Comment

                                Working...
                                X