Announcement

Collapse
No announcement yet.

mohon tuntunan cara merawat BR

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • mohon tuntunan cara merawat BR

    Beberapa minggu yg lalu saya baru dapat BR ngeleper2, angkatan terbang, burung juga lum terlalu tua.
    Pada hari pertama kedua dan ketiga, burung ini masi rajin bunyi n ngeper2, tp mulai hari ke empat dia kok udah tidak mau ngeper lg....
    Dan yg parah lg sekarang dia malah tidak mau bunyi....
    Nah perawatan yg saya berikan mandi semprot embun tiap pagi, trus jemur sampai jam12 siang, makan pagi saya beri jangkrik 3ekor kecil. Sore jam5 saya kerodong.
    Apakah ada kesalahan dari sistem perawatan saya ?? Mohon tuntunannya dari para Om2 KM yg baek hati....
    Terima kassih banyak.....

  • #2
    Coba porsinya ditambah...

    Jangkrik 4 pagi 4 sore...
    UH 2 pagi 2 sore...
    Kroto 1 sendok teh 3x seminggu...

    Penjemuran diusahakan 1-2 jam aja...

    Kerodong pada malam hari...

    Mau tny om, selain ada BR, dirumah ada burung apalagi? Trs jarak gantangannya gmn? Apakah saling kelihatan?

    Salam...

    Comment


    • #3
      Dirumah ada BR satu lg, tp tidak saling berdekatan, yg satu di lantai atas yg satu dibawah gt. Dan yg satu lg mabung jd nya ga bunyi. Ada lagi tledekan n LB.
      Kalo tledekan dg LB nya berdekatan, malah mereka yg paling berisik. Tp letak mereka agak jauh dg kedua branjangan saya. Jd cm dengar suara nya saja.... Trims atas masukannya... Akan saya coba....

      Comment


      • #4
        mandi semprot tiap paginya coba diatur. jangan digasak pukul rata tiap hari harus mandi semprot, lihat cuaca/prakiraan cuaca juga.
        kalau diramalin panas, yah ok embunin, kalau diperkirain mendung/hujan ya jangan mandiin.

        porsi makan jangkriknya normal. lama jemur juga normal. posisi gantangan normal.

        apa nafsu makannya normal atau tidak om?
        burung sering kembangkan bulu? kayak ayam mbagor gitu?
        ada bulu rontok tidak? (jangan-jangan mau masuk masa mabung tu).
        Nyari BR? tilik pola batikan, tilik warna & bentuk paruh, tilik alisnya

        Comment


        • #5
          coba2 bagi pengalaman om coba cari tempat yg dia merasa tenang klo bisa didalam rumah.

          jangan pindah2 dan tetap aja di cantolan yang sama sampai 4 hari dan jangan dipindah2 turun cuman kasih makan dan tidak pake kerodong selama 4 hari..
          EF tambahi UK ulat kandang ...

          Mohon maaf om sapa tau bisa karena sy pernah berhasil dg cara seperti itu...
          maaf pemula om banyak ngawurnya he.he.he.he.he.eh.h.e

          Comment


          • #6
            Originally posted by oni andoko View Post
            mandi semprot tiap paginya coba diatur. jangan digasak pukul rata tiap hari harus mandi semprot, lihat cuaca/prakiraan cuaca juga.
            kalau diramalin panas, yah ok embunin, kalau diperkirain mendung/hujan ya jangan mandiin.

            porsi makan jangkriknya normal. lama jemur juga normal. posisi gantangan normal.

            apa nafsu makannya normal atau tidak om?
            burung sering kembangkan bulu? kayak ayam mbagor gitu?
            ada bulu rontok tidak? (jangan-jangan mau masuk masa mabung tu).
            Iya, mandinya udah saya kira2 kok, kalo cuaca cerah baru saya semprot embun mpe setengah basah gt....
            Nafsu makan normal, biasa aja kok.
            Burung sehat banget, ga sakit.
            Nah mungkin juga dia masuk masa mabung ya.... Maren ada bulu halusnya jatuh1 sih....
            Trims nasehatnya ya Om... N lam kenal yah...

            Comment


            • #7
              Originally posted by jogoloyo View Post
              coba2 bagi pengalaman om coba cari tempat yg dia merasa tenang klo bisa didalam rumah.

              jangan pindah2 dan tetap aja di cantolan yang sama sampai 4 hari dan jangan dipindah2 turun cuman kasih makan dan tidak pake kerodong selama 4 hari..
              EF tambahi UK ulat kandang ...

              Mohon maaf om sapa tau bisa karena sy pernah berhasil dg cara seperti itu...
              maaf pemula om banyak ngawurnya he.he.he.he.he.eh.h.e
              Ok akan saya coba, tidak pindah2 tempat n dia merasa tenang.... Moga2 berhasil yah.... Trims infonya, n lam kenal.

              Comment

              Working...
              X