Announcement

Collapse
No announcement yet.

kunci celilin biar panjang umur

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • at
    started a topic kunci celilin biar panjang umur

    kunci celilin biar panjang umur

    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


    Maaf rekan2 KMers bila thread ini udah ada sebelumnya....saya cuma mau berbagi pengalaman saya tentang celilin, sedikit trips dan triks rumahan....:


    kunci kunci terpenting merawat celilin agar panjang umur sbb :

    1.untuk celilin yg baru dapat dari hutan.....campur voor nya dgn kroto + jangkrik, di kasihnya cukup pagi dan sore

    2. untuk celilin yg udah makan voor tapi belon mau bunyi,.....di full kan EF nya yaitu kroto dan jangkrik sekenyang kenyangnya pada sore hari saja...., pagi nya ngak usah di kasih EF.....insyaallah dalam waktu seminggu akan namapk perubahan dalam bunyinya. untuk celilin koleksi KMers yg udah "jadi"......

    3.jangan terlalu lama dalam penjemuran nya, karena celilin tidak tahan panas

    4.jangan kena angin pada malam hari

    5.jangan dimandikan pada malam hari....apalagi sampai kena hujan

    6. semut adalah musuh celilin....jangan sampai wadah makan nya dikerubungi semut, karena otomatis celilin nya tidak mau makan lagi di wadah tersebut....segera ganti....ini biasanya kalo terjadi pada malam hari, orang malas membersihkan, ditunggu besok pagi....padahal celilin biasanya minimal tiap 2 jam sekali, pasti makan.....akan terlambat kalo mengganti wadahnya besok pagi

    7.tanda2 celilin sakit.....sayapnya turun ke bawah...jangan dibiarkan karena akan berakibat fatal

    8.cecak yg berwarna ke putihan ,menurut saya adalah makanan wajibnya sekali dalam sebulan. mohon maaf kalo ada kekurangan....mohon ditambah


    ......ada tambahan om.....menurut beberapa dari penyayang cililin terakhir ini, ada kabar cukup mengejutkan :
    ternyata.....yang membuat sayap cililin menjadi turun dan bergetar kalo melihat kita........adalah cecak....???
    karena itu sekarang, saya mengganti cecak dengan irisan daging mentah....semoga menambah wawasan ...
    wassallam




    Originally posted by arly View Post
    Pertama-tama saya ingin sampaikan bahwa saya kurang paham soal burung berkicau kecuali sedikit yang saya tau tentang kenari.
    Tapi..

    Saya punya cililin yang udah lama saya pelihara (lama menurut saya).

    Burung itu hibahan dari teman yang pindah kota pada pertengahan tahun 2003.

    Burungnya masih hidup dan kelihatannya sehat-sehat aja sampai sekarang.

    Burung cililin tersebut tidak mau makan voer, makanan harian saya ngikutin setingan teman, yaitu tahu putih satu potong setiap hari. Jangkrik saya kasih kadang-kadang aja, kalau lagi nemu di bawah lampu teras di depan rumah.

    Saya tau sebagai makhluk hidup tu burung butuh berbagai nutrisi, untuk memenuhinya seminggu sekali di dalam tahu saya campur multi vitamin anak-anak beberapa tetes aja sesuai selera saya.

    Ga tau karena usia yang udah tua atau karena makan protein super tinggi dari tahu, ukuran cililin coklat saya itu di atas rata-rata burung cililin lain. Disini bisa saya katakan sizenya hampir dua kali lipat cililin laen yang sering nongkrong di pasar burung suka haji.

    Penasaran kan!?!?

    Buat yang penasaran, pintu rumah selalu saya buka untuk setiap tamu yang datang.

    terima kasih untuk semua cendol nya om....
    Last edited by at; 23 September 2010, 07:05 PM.

  • mataputeh
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Yg perlu cililin coklat di Bali, tersedia stok di PB Satria. ada sekitar 7-8ekor, kalo ada yg berminat buat masteran dikios itu ada 1 ekor yg masih ada jambulnya menjulang. Ambil yg itu aja, soalnya mental bagus dan udah berani goyang pantat

    oiya, buka harga 1.3juta

    Leave a comment:


  • mataputeh
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Ada tulisan di omkicau.com utk menu harian cililin, katanya cukup gunakan telur puyuh rebus. Silahkan diaplikasikan dan diupdate jika cocok

    http://omkicau.com/2013/06/18/menu-h...a-om-agus-abs/

    Leave a comment:


  • Pradhipta
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Kalau saya pelihara cililin sih EF cukup jangkrik 5/10 p/s, voer pakai voer ayam campur voer lele yang dihaluskan, jemur cukup 20 menit, habis itu diangin - anginkan kurang lebih 1/2 jam, Alhamdulillah sampai 2 tahun masih hidup, tapi jinaknya minta ampun, saking jinaknya sampai masuk keramba susah banget, harus dipancing pakai jangkrik.
    Ini video cililinnya waktu masih di saya, sekarang sudah dipelihara sama Mas Fauzi Solo.

    Leave a comment:


  • mataputeh
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Originally posted by ujungpensil View Post
    Pengen beli kurang amunisi.
    Bener om, harganya yg bikin males utk pelihara :p

    Leave a comment:


  • ujungpensil
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Pengen beli kurang amunisi.

    Leave a comment:


  • jpmei
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Originally posted by rdian.jkt View Post
    Katanay cililin bahan gak boleh kasih jangkrik ya Om? ane rawat 1 ekor ane kasih jangkrik 10 p/s, kroto 1 sendok, akhirnya tewas setelah rawat hampir 3 minggu.
    Balik ke kios yg jual, ane diingetin klo dari awal jangan pernah kasih jangkrik karena bikin panas dan cililin tidak mau makan (bikin kurus).
    Akhirnya coba ambil lagi 1 ekor, sekarang ane coba atur pakannya seperti pedagang langganan ane bilang.

    Cuma ada tambahan improvisasi dari temen di bondowoso, katanya di tambah juga sama tahu putih yang sudah di kukus atau setidaknya direndam air panas.

    Smoga yg kedua ini bisa bertahan
    sminggu pertama klo saya jangkrik dan kroto (pagi sore), 2 minggu kemudian baru bisa ngepur
    dan sepertinya krn kbnykan jangkrik skrg sayap suka ngleper2..., tapi untungnya msh rajin bunyi, dan seraknya jg udh sembuh..
    pernah kasi tahu tapi ga dimakan, malah jd bau hehe
    skrg udh lbh sebulan.. msh sehat burungnya...



    Originally posted by jpmei View Post
    siap om sya coba dl tips nya
    trimakasih...
    berhasil stlh saya pake obat batuk SILADEX yg diolesi ke jangkrik...

    Leave a comment:


  • rdian.jkt
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Katanay cililin bahan gak boleh kasih jangkrik ya Om? ane rawat 1 ekor ane kasih jangkrik 10 p/s, kroto 1 sendok, akhirnya tewas setelah rawat hampir 3 minggu.
    Balik ke kios yg jual, ane diingetin klo dari awal jangan pernah kasih jangkrik karena bikin panas dan cililin tidak mau makan (bikin kurus).
    Akhirnya coba ambil lagi 1 ekor, sekarang ane coba atur pakannya seperti pedagang langganan ane bilang.

    Cuma ada tambahan improvisasi dari temen di bondowoso, katanya di tambah juga sama tahu putih yang sudah di kukus atau setidaknya direndam air panas.

    Smoga yg kedua ini bisa bertahan

    Leave a comment:


  • Papa Bravo
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Ikan kecil juga bagus buat cililin..

    Leave a comment:


  • jpmei
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    Originally posted by ridwan hakim View Post
    numpang bergabi pengalaman om...
    saya jga punya cililin serak,saya kasih super-n di air minum + air o2(oksi/supero2 apa aja)selang seling om.,,,terus saya kasih obat batuk OBH tapi saya suntikin ke jangkrik 2x1 2cc aja,,,
    alhamdulilah sekarang sehat walafiat,,,,
    siap om sya coba dl tips nya
    trimakasih...

    Leave a comment:


  • ridwan hakim
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    numpang bergabi pengalaman om...
    saya jga punya cililin serak,saya kasih super-n di air minum + air o2(oksi/supero2 apa aja)selang seling om.,,,terus saya kasih obat batuk OBH tapi saya suntikin ke jangkrik 2x1 2cc aja,,,
    alhamdulilah sekarang sehat walafiat,,,,

    Leave a comment:


  • jpmei
    replied
    Re: kunci celilin biar panjang umur

    salam om semua..

    cililin sya kok jd serak ya pengobatannya pake apa ya?
    sejak bahan smp akhirnya ngepur baru deh mulai seraknya, ada yg pernah ngalamin ga ya

    mohon solusinya

    thx

    Leave a comment:


  • wen-wen
    replied
    Ijin nyimak om

    Leave a comment:


  • theja
    replied
    Originally posted by widjayach View Post
    Update: cililin ane sekarang jadi doyan tahu, telor, pisang, pepaya. Tetap gacor. Jangkrik hanya 5/3. Thanks
    share cara biasain sampai mau makannya dong om
    trus cililinnya sebelumnya dari bahan atau sudah ngepur

    Leave a comment:


  • nina03
    replied
    tanya jantan dan betina cililin perbedaannya apa ya

    para master ane newbe nih masalah cililin bagaimana membedakan jantan dan betinanya ya???.....
    pliz mohon di jawab

    Leave a comment:

Working...
X