Announcement

Collapse
No announcement yet.

Nasib mu kini Kutilang !

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Nasib mu kini Kutilang !

    Semuanya pasti tau yang namanya kutilang/cucak kutilang/cangkurileung. Burung yang dapat bersuara merdu dan menangkap suara burung lain(mimikri) dengan gaya khasnya. Kemampuan berkicau yang nyaring keras dan mudahnya perawatan agar burung ini gacoorr. Tapi sekarang menjadi musuh, bukan hanya petani, para kicaumania pun sebagian memusuhinya, hanya karena suara aslinya nggak disukai juri waktu lomba. Bahkan ada yang tega membunuhnya, hmmm miris saya. Padahal kalo dimaster ni burung mantep juga. ditambah ni burung jinak banget sama manusia, bahkan kalo lepas mau balik lagi ke sangkar, kayak burung dara. kalo urusan suara mati, sebetulnya tergantung burung apa yang bawain, kalo suara LB dibawain sama cucokrowo, suara LB mate, atau MB bawain Cucokrowo juga sama matenya. Menurut om semua gimana nasib burung ini kedepanya ? kalo dimusuhin terus, kemudian sama petani diburu karena dianggap hama, kemungkinan besar populasinya akan semakin menurun, terlebih ga ada yang mau bredding ni burung, karena kurang nilai ekonomisnya. Kalo saya liat ni burung bagusnya tinggal di taman-taman perkotaan aja, pasti aman. kalo tinggalnya dipedesaan bakalan terus diburu karena dianggap hama.

  • #2
    Re: Nasib mu kini Kutilang !

    Originally posted by sasakala View Post
    kalo tinggalnya dipedesaan bakalan terus diburu karena dianggap hama.
    Ane belum paham kalo di desa menjadi hama,

    setahu saya hama petani adalah burung pipit..
    sigpic
    Mengenang 'Melawan Lupa'

    Comment


    • #3
      Re: Nasib mu kini Kutilang !

      Kasihan.... Dikota doank emang amannya ya Om...

      Comment


      • #4
        Re: Nasib mu kini Kutilang !

        bener om sekarang udah jarang orang yang pelihara kutilang, apalagi para kicau mania, padahal nih burung bisa jinak banget bos, dulu waktu kecil peliahara dari lolohan walaupun dilepas mainnya cuma di sekitar kandang aja..... mungkin klo udah ada kontesnya baru harganya naik om...

        Comment


        • #5
          Re: Nasib mu kini Kutilang !

          Originally posted by aliyusuf.011983 View Post
          adahal nih burung bisa jinak banget bos, dulu waktu kecil peliahara dari lolohan walaupun dilepas mainnya cuma di sekitar kandang aja..... mungkin klo udah ada kontesnya baru harganya naik om...
          Hehehe sama Om, dulu ane piara 4 saat kecil. Jinak bgt, kalau dilepas sorenya pasti balik lgi

          Comment


          • #6
            Re: Nasib mu kini Kutilang !

            Originally posted by kenari kicau View Post
            Ane belum paham kalo di desa menjadi hama,

            setahu saya hama petani adalah burung pipit..
            kalo di desa ni burung suka makan buah-buahan yang ditanam petani om, kayak pisang, pepaya, mangga dan buah-buah yang lainya, kalo empirit biasanya ngerusak padi petani om. makanya kalo dikebun buah ada ni burung, biasanya suka diusir.

            ---------- Post added at 03:40 PM ---------- Previous post was at 03:38 PM ----------

            Originally posted by bojongkulur View Post
            Kasihan.... Dikota doank emang amannya ya Om...
            hehee kalo dikota ga ada yg peduli keknya, abis kalo saya maen ke jakarta, ditaman-taman masih banyak berkeliaran. lebih susah nyari di desa ni burung di daerah saya aja dah jarang banget, kebanyakan di toko burung dari jawa tengah/timur ngambilnya

            ---------- Post added at 03:41 PM ---------- Previous post was at 03:40 PM ----------

            Originally posted by aliyusuf.011983 View Post
            bener om sekarang udah jarang orang yang pelihara kutilang, apalagi para kicau mania, padahal nih burung bisa jinak banget bos, dulu waktu kecil peliahara dari lolohan walaupun dilepas mainnya cuma di sekitar kandang aja..... mungkin klo udah ada kontesnya baru harganya naik om...
            iya om.. padahal suaranya bagus dan fasih bawain kicauan burung laen.. yok kita bikin lombanya

            ---------- Post added at 03:41 PM ---------- Previous post was at 03:41 PM ----------

            Originally posted by bojongkulur View Post
            Hehehe sama Om, dulu ane piara 4 saat kecil. Jinak bgt, kalau dilepas sorenya pasti balik lgi
            ni burung kayak burung dara om, bisa giring kandang (bhs sundanya).. mantap hehehe...

            Comment


            • #7
              Re: Nasib mu kini Kutilang !

              tapi di kampung saya sempet ada latber kutilang om sekarang udah gak ada lagi heuheu

              Comment


              • #8
                Re: Nasib mu kini Kutilang !

                Kutilang bersuara mati mitos ini harus terus diusung agar menjaga popularitasnya di segmen bawah, sehingga tidak terjadi eksplorasi besar-besaran. Mari bersama-sama menjaga kelestarian alam sehingga kelak kutilang juga masih bisa dinikmati generasi-generasi kita selanjutnya.
                sigpic

                Comment


                • #9
                  Re: Nasib mu kini Kutilang !

                  Ijin nyimak om ....
                  Jadi inget masa kecil ............

                  Comment


                  • #10
                    Re: Nasib mu kini Kutilang !

                    Originally posted by depi View Post
                    tapi di kampung saya sempet ada latber kutilang om sekarang udah gak ada lagi heuheu
                    mestinya dilanjutkan om, didaerah saya belum pernah ada, mudah-mudahan segera ada, kalo ada saya mau ikutan heeheh..

                    ---------- Post added at 10:26 AM ---------- Previous post was at 10:22 AM ----------

                    Originally posted by dookienookie View Post
                    Kutilang bersuara mati mitos ini harus terus diusung agar menjaga popularitasnya di segmen bawah, sehingga tidak terjadi eksplorasi besar-besaran. Mari bersama-sama menjaga kelestarian alam sehingga kelak kutilang juga masih bisa dinikmati generasi-generasi kita selanjutnya.
                    iya om, saya juga pernah baca di beberapa artikel, suara burung ini sengaja dibuat mati agar ga ada yang ngambilnya dari alam, tapi kenyataanya dialam tetep berkurang (didaerah saya, Sumedang) bahkan sangat tipis, dipasaran harganyapun sangat murah, lebih mahal rokok 1 bungkus hehehe... tapi heranya, walaupun harga murah tetep aja ni burung ditangkapin. dan apesnya lagi ni burung, ga ada yang mau bredding mudah-mudahan kedepanya ada yang mau breeding...

                    Comment


                    • #11
                      Re: Nasib mu kini Kutilang !

                      Di Bandar Jaya Lampung Tengah masih banyak, kalau trucuk malah saya belum pernah lihat di alam liar
                      sigpicHanya Fatamorgana

                      Comment


                      • #12
                        Re: Nasib mu kini Kutilang !

                        Originally posted by Bah Erwin View Post
                        kalau trucuk malah saya belum pernah lihat di alam liar
                        biasanya dimana ada kutilang disitu ada trucuk om, kedua burung ini sepertinya akrab di habitatnya.
                        ropelannya lumayan, KW-nya cucak rowo.

                        Comment


                        • #13
                          Re: Nasib mu kini Kutilang !

                          Originally posted by Bah Erwin View Post
                          Di Bandar Jaya Lampung Tengah masih banyak, kalau trucuk malah saya belum pernah lihat di alam liar
                          Trucuk urbanisasi bosen di hutan trus om..
                          Mau hidup modern di perkotaan, heheehe..

                          sigpic

                          Comment


                          • #14
                            Re: Nasib mu kini Kutilang !

                            Originally posted by dookienookie View Post
                            Trucuk urbanisasi bosen di hutan trus om..
                            Mau hidup modern di perkotaan, heheehe..
                            Cek...cek...cek....Bandar jaya sudah kelurahan lho om....he...he...he...

                            Originally posted by kopitem View Post
                            biasanya dimana ada kutilang disitu ada trucuk om, kedua burung ini sepertinya akrab di habitatnya.
                            ropelannya lumayan, KW-nya cucak rowo.
                            Mungkin karena suaranya disukai makanya habis ditangkap penjaring barangkali om....
                            sigpicHanya Fatamorgana

                            Comment


                            • #15
                              Re: Nasib mu kini Kutilang !

                              Originally posted by Bah Erwin View Post
                              Mungkin karena suaranya disukai makanya habis ditangkap penjaring barangkali om....
                              didaerah saya dah jarang banget kutilang ma trucukan.

                              ---------- Post added at 12:05 PM ---------- Previous post was at 11:47 AM ----------

                              Kemaren lusa maen ke penjual burung liat 3 ekor kutilang dalam sangkar terpisah, kata yang jual kutilang kapas, dari jawa timur, di rawat dari anakan, makanya jinak banget. saya tertarik, ada 1 kutilang yang ga isa diem, bunyi terus, yang 2 nya diem molo tapi kalo yg satu ini terus aja ngoceh. tanya harga, eh ditawarin 70k hehehe pasaran didaerah saya, yang tangkapan hutan 20-25k, yang anakan 40k-50k...besoknya saya dateng lagi, ntu burung masih aja rajin bunyi, akhirnya saya beli setelah tawar menawar jadinya 60k. setelah dirumah, allhamdulilah langsung bunyi, isianya ada ciblek, trucukan, sama kapas tembak plus crecetan yang paling sering keluar. volume sama speednya lumayan kalo buat masteran. cuman sayangnya di pagi sama sore, suara asli kutilangnya masih suka muncul ya. usianya +- 1 tahunan.

                              Comment

                              Working...
                              X