Announcement

Collapse
No announcement yet.

Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

    Hari minggu kemaren (1/6/2014) jalan jalan ke pasar depok solo. trus lihat ada salah satu penjual burung yang menjual burung yang katanya bernama Pleci Timor Timur, burung ini baru pertama kali saya lihat, karena penasaran saya googling untuk mencari tahu tentang burung ini, tapi sayangnya belum mendapatkan hasil. iseng-iseng saya tanya harganya, ternyata untuk seekor burung yang baru saya lihat dan penjualnya juga bilang kalau belum pernah dengar suara kicaunya, burung ini dijual cukup mahal. ditawarkan Rp. 100.000. burung ini dijual ombyakan dan tingkah polahnya memang seperti burung pleci. bahkan nada panggilnya juga mirip burung plei namun lebih ngebas. burung ini memiliki ukuran sebesar burung Sirtu, manum memiliki warna bulu coklat tua dibaguan kepala sampai ekor dan warna oklat muda pada bagian bawah kepala sampai perut. di atas kepala burung ini memiliki bintik-bintik berwarna coklat. makanan burung ini buah dan serangga. itu saya ketahui dari bentuk paruh dan ketika dikandang ombyokan tersebut memang diberi pisang dan ulat kandang.

    Kurangnya informasi tentang burung ini, bagaimana sexingnya, bagaimana suaranya, bagaimana perawatannya sempat membuat saya ragu untuk membeli burung ini, tapi ternyata rasa penasaran saya bisa mengalahkan itu semua, setelah negosiasi akhirnya saya beli satu burung yang menurut saya jantan (saya cek pakai kunci kontak motor sebagai pendulum hehehehe) dengan harga Rp. 75.000.

    sampai dirumah burung saya taruh dikandang dan saya tempatkan di tempat yang tenang biarberadaptasi dengan lingkungan baru, tak lupa buah pisang dan ulat kandangnya. satu jam berada dirumah, saya dikejutkan dengan suara burung yang merdu dan cukup keras, suaranya seperti suara burung kacer, yang baru pertama kali saya dengar.

    inilah penampakan burung terebut:








    Pertanyaan saya:
    1. Apakah nama umum dari burung ini?
    2. bagaimana pola perawatannya?
    3. adakah yang memiliki informasi legkap tentang burung ini?

    mohon pencerahannya Suhu....terima kasih
    Last edited by oyeb abdillah; 9 June 2014, 10:41 AM. Reason: tampilkan pict
    Lestarikan Hutan demi kelestarian burung

  • #2
    Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

    Ijin nyimak om, tunggu pakarnya yg jawab, soalnya ane jg blom pernah liat and tau ini manuk
    karena hobi jadi banyak saudara

    Comment


    • #3
      Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

      mana nih para suhu...Om MataPuteh, om Widji, Om Bojongkenyot dll. mohon bantuanya dong
      Lestarikan Hutan demi kelestarian burung

      Comment


      • #4
        Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

        ijin nyimak juga om..

        Comment


        • #5
          Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

          Kalau suaranya enak di denger pingin juga nih ........

          Comment


          • #6
            Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

            Ra iso delok gambare jeee weleh kompi di ktr ku di blok wkwkwkwkwwk

            Comment


            • #7
              Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

              Comment


              • #8
                Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                Kalo dilihat sepintas kayak cucak kopi yak (kalo gak salah)????
                karena hobi jadi banyak saudara

                Comment


                • #9
                  Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                  Originally posted by arianto View Post
                  Kalo dilihat sepintas kayak cucak kopi yak (kalo gak salah)????
                  Hehe ini burungnya ukuran kecil om, seukuran dengan burung cipoh, kalau cucak kopi kan besar seukuran cucak jenggot. Masih penasaran banget sama burung ini.kemaren iseng2 ngrekam suara burung ini, cuma bingung uploadnya hehehe...
                  Lestarikan Hutan demi kelestarian burung

                  Comment


                  • #10
                    Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                    ini sekarang burunge malah lebih banyak diam, mungkin karena dirumah ada murai dan cucak ijo yang volumene keras, jadi dia minder....
                    Lestarikan Hutan demi kelestarian burung

                    Comment


                    • #11
                      Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                      masih setia menunggu jawaban dari para master....
                      Lestarikan Hutan demi kelestarian burung

                      Comment


                      • #12
                        Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                        suaranya mirip kecial/pleci lombok ya?

                        tapi kalau dilihat dari badannya kayanya tidak termasuk keluarga pleci ya, maap kalo salah..
                        Correct Me If I'm Wrong

                        Comment


                        • #13
                          Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                          Originally posted by opaaaan View Post
                          suaranya mirip kecial/pleci lombok ya?

                          tapi kalau dilihat dari badannya kayanya tidak termasuk keluarga pleci ya, maap kalo salah..
                          suaranya mirip dengan suara kacer om. beberapa waktu lalu sempat aku rekam, tapi bingung cara uploadnya ni.

                          ---------- Post added at 01:57 PM ---------- Previous post was at 01:43 PM ----------

                          ini suara burung pleci timtim yang berhasil saya rekam

                          https://soundcloud.com/guntur-tri-in...n/pleci-timtim
                          Lestarikan Hutan demi kelestarian burung

                          Comment


                          • #14
                            Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                            saya cari2 juga belom ketemu nama burung ini om

                            Comment


                            • #15
                              Re: Apakah Benar ini Burung Pleci Timor Timur?

                              yang pasti ini bukan bangsa pleci om, kemungkinan family prinia, masih satu keluarga dengan ciblek. kemungkinan lain family garullax atau poksai, mongga aja ada kejelasan bantuan dari om-om yang lain....
                              Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

                              Comment

                              Working...
                              X