Announcement

Collapse
No announcement yet.

pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • aychu80
    started a topic pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    pentet kampung belum ngerti ngerawatnya


    PT ini udah sebulan saya rawat, masih gerabak gerubuk kalau liat orang..
    Bunyi jarang n blm jelas kedengarannya..
    Rawatan jangkrik 3 p/s, kroto 1 sndok teh tiap hari,
    mandi pagi n malam tiap hari
    Jemur dari jam 8-12,,
    Gimana om ada yang salah ga? Mohon koreksi.-

  • aychu80
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Ok siap diganti om..
    Ada y bisa direkomendasikan om jenis atau merknya?

    Leave a comment:


  • Щڸĩ ęڷάţ
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Originally posted by aychu80 View Post
    katanya bagus, bnr ga om?
    Yang bagus voer khusus burung di sana kandungan pakan yang tertulis di kemasan lengkap seperti :

    1. Karbohidrat

    Karbohidrat merupakan unsur di dalam pakan yang berfungsi sebagai sumber energi, pembakar lemak, memperkecil oksidasi protein menjadi energi, dan memelihara fungsi normal alat-alat pencernaan. Kadar karbohidrat dalam tubuh burung adalah 2%, sementara pakan burung yang baik adalah yang mengandung 70% karbohidrat, yaitu terdapat pada pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan pisang.

    2. Protein

    Protein merupakan zat pembangun tubuh; dapat menggantikan jaringan tubuh yang aus atau rusak; sebagai bahan baku pcmbentukan enzim, hormon, dan zat-zat antibodi; serta mengatur peredaran cairan tubuh dan zat yang larut di dalamnya ke dalam dan ke luar sel.

    Kekurangan protein menyebabkan burung menjadi kurus, bulu rusak, kerdil, kanibalisme, murung, enggan berkicau, serta sering kali berperilaku mencabuti bulunya sendiri. Burung berkicau membutuhkan 35% protein dari berat badannya. Protein ini dapat diperoleh antara lain dari ikan, susu, cacing, kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau, kacang kedelai.

    3. Lemak

    Lemak merupakan sumber energi, saluran air metabolik, insulator (pengatur suhu tubuh), sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh, serta sebagai pembawa vitamin A, D, E, dan K. Apabila burung terlalu banyak mengonsumsi lemak maka burung ini berpeluang untuk mencret atau gemuk. Padahal burung yang gemuk cendcrung malas berkicau dan berbiak.

    4. Vitamin dan asam amino

    Vitamin berfungsi untuk membantu pembentukan dan pemeliharaan sel-sel jaringan epitel, memperlancar metabolisme, membentuk jaringan pengikat, membantu pembentukan tulang, dan membantu proses pembentukan darah.

    Vitamin-vitamin utama dan asam amino yang dibutuhkan burung antara lain adalah A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.

    5. Mineral

    Mineral merupakan pembentuk in-organik yang ada di seluruh jagad raya. Ya, tubuh makhluk hidup dibentuk dari mineral. Dan mineral juga membantu proses kimia dan elektrik yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Proses -proses kimia dan elektrik hanya akan berfungsi dengan benar apabila keseimbangan mineral yang sesuai diberikan pada sistem. Misalnya zat besi untuk darah, belerang untuk otot, kalsium untuk tulang, dan banyak lainnya yang secara umum memberikan kelancaran fungsional tubuh makhluk hidup.

    Mineral dibutuhkan untuk pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan. Meskipun vitamin begitu penting, vitamin tidak dapat melakukan apa-apa untuk makhluk hidup tanpa mineral. Celakanya tubuh makhluk hidup dapat menghasilkan beberapa vitamin, tapi tidak dapat menghasilkan satu pun mineral.

    Mineral yang diperlukan burung antara lain adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

    Jika burung kecukupan mineral, maka burung akan memiliki bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi serta kematian embrio rendah.
    Dengan demikian, defisiensi mineral akan menyebabkan terjadinya berbagai gangguan.

    copas

    Leave a comment:


  • aychu80
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Originally posted by Щڸĩ ęڷάţ View Post

    Makanannya kosong ?
    Hehe..lgi ngisi sempetin foto dlu om..
    Ane pake voer lele, katanya bagus, bnr ga om?

    Leave a comment:


  • Щڸĩ ęڷάţ
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya


    Makanannya kosong ?

    Leave a comment:


  • aychu80
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    http://s946.photobucket.com/user/ayc...tml?sort=3&o=0

    ---------- Post added at 01:51 PM ---------- Previous post was at 01:49 PM ----------

    Hehe maaf om lg test..

    Leave a comment:


  • Щڸĩ ęڷάţ
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Originally posted by aychu80 View Post
    Oke makasih om wiji, tapi cewe juga bunyi kan?
    Bunyi tapi variasinya kurang, biasanya cewe nagen, apalagi kalau isiannya keluar. mantep dah.... Selamat Memaster sesuai selera.

    Leave a comment:


  • aychu80
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Originally posted by dookienookie View Post
    Tempatkan sangkar di keramaian aja om, yg sabar ntar kalo udah adaptasi gak grabakan lg kok. Bulu rusak masalah biasa ntar numbuh lagi.
    Tapi hati2 awas maling kalo gantunginnya diluar rumah
    Ya om udah 3 hari digantung di depan rumah pinggir jalan, kalau ada orang lewat mah anteng di tangkringan, tapi kalau yang lewat mobil atau motor baru gerabakan om..
    Makasih om..

    ---------- Post added at 11:14 PM ---------- Previous post was at 11:11 PM ----------

    Oke makasih om wiji, tapi cewe juga bunyi kan?
    Maaf bnyak nanya hehee..

    Leave a comment:


  • Щڸĩ ęڷάţ
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Originally posted by aychu80 View Post
    Keliatan dari apanya om?
    Alis dan cara berdiri

    Leave a comment:


  • aychu80
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Originally posted by Щڸĩ ęڷάţ View Post
    Pentetnya Cewe tuh Om...

    ---------- Post added at 10:30 PM ---------- Previous post was at 10:20 PM ----------


    Dikrodong aja om, biar terbiasa.
    Wah cewe om? Keliatan dari apanya om? Maklum blm bisa bedain..

    Leave a comment:


  • Щڸĩ ęڷάţ
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Pentetnya Cewe tuh Om...

    ---------- Post added at 10:30 PM ---------- Previous post was at 10:20 PM ----------

    Originally posted by aychu80 View Post
    Harus kerodong ga om? Tiap dikerodong gerabak gerubuk
    Dikrodong aja om, biar terbiasa.

    Leave a comment:


  • dookienookie
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Tempatkan sangkar di keramaian aja om, yg sabar ntar kalo udah adaptasi gak grabakan lg kok. Bulu rusak masalah biasa ntar numbuh lagi.
    Tapi hati2 awas maling kalo gantunginnya diluar rumah

    Leave a comment:


  • aychu80
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Makasih om, mudah mudahan nanti bisa denger suaranya lebih sering
    Buat rumahan aja om..
    Pernah ditrek sama pentet madura punya tetangga yang udah gacor, pentet saya diem aja di tangkringan n ga bergerak..
    Harus kerodong ga om? Tiap dikerodong gerabak gerubuk

    Leave a comment:


  • Щڸĩ ęڷάţ
    replied
    Re: pentet kampung belum ngerti ngerawatnya

    Originally posted by aychu80 View Post
    Gimana om ada yang salah ga? Mohon koreksi.-
    Gak ada yang salah rawatannya tapi sabar , begitulah karakter MH

    Leave a comment:

Working...
X