Announcement

Collapse
No announcement yet.

kok CI rontok bulunya lg sich! sebel!

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • kok CI rontok bulunya lg sich! sebel!

    om, kok CI saya rontok bulu kecil2 lg ya? pdhl terakhir selesai rontok sebulan yg lalu... apa wajar? trus gmn dgn perawatannya?
    harus ada yg di rubah gak? mksd hati biar cpt selesai gmn caranya?

    perawatan hariannya :

    jangkrik 3-3 p/s
    kroto 1 sdk teh tiap hari minggu
    pisang selang seling apel
    mandi tiap hari (semprot)
    jemur 06.30 s/d 07.30
    kerodong menjelang malam aja

    mksh...
    [BLINK]PIN BB : 2942A096[/BLINK]

  • #2
    Menyimak..sambil nunggu pakar bicara..
    Kalo versi ane..jemur kurang lama.
    Mandi usahakan keramba..
    sigpicPencinta Burung rumahan kualitas lomba, dan Burung lomba kualitas rumahan..

    Comment


    • #3
      Originally posted by petik View Post
      Menyimak..sambil nunggu pakar bicara..
      Kalo versi ane..jemur kurang lama.
      Mandi usahakan keramba..
      pernah saya coba jemur dari 06.30 s/d 08.00 ehhh CI dah mangap terus om... dgr2 harus lgsg di angkat... pdhl tiap minggu rencananya mau saya latih naik porsi jemurnya...
      kalo mandinya udah saya coba sebulan tp blm mau mandi di keramba om...
      pernah saya coba pake cepuk, awalnya mau ehhh bsk2nya gak mau lg malah mandi di wadah air minumnya trus minumnya malah dari cepuknya!
      aneh bener CI saya ini om!
      [BLINK]PIN BB : 2942A096[/BLINK]

      Comment


      • #4
        [QUOTE=dh1m45jkt;717544]om, kok CI saya rontok bulu kecil2 lg ya? pdhl terakhir selesai rontok sebulan yg lalu... apa wajar? trus gmn dgn perawatannya?
        harus ada yg di rubah gak? mksd hati biar cpt selesai gmn caranya?

        perawatan hariannya :

        jangkrik 3-3 p/s
        kroto 1 sdk teh tiap hari minggu
        pisang selang seling apel
        mandi tiap hari (semprot)
        jemur 06.30 s/d 07.30
        kerodong menjelang malam aja

        perawatan harian spt diatas sepertinya standar dan tidak akan menimbulkan bulu jatuh,....kecuali memang pada saat mabung kemarin masih tersisa bulu-bulu tua,...tapi harus diingat juga bahwa C.I memang memiliki karakteristik bulu yang rawan rontok,..saat dia over EF,..dia rontok,..terlalu banyak di kerodong juga rontok,...jadi coba dirawat biasa tapi coba mandi dgn keramba setelah dihangatkan(jemur sebentar)dgn posisi tangkringan jangan menyentuh air,..karena ada beberapa burung yang agak sedikit takut kalau langsung tercebur ke air,... dan jangan ditambah dulu EFnya,..

        [BLINK]sssssttttt,,,,jangan berisik,,,juri mau nancepin koncer,,,,[/BLINK]

        Comment


        • #5
          ini sih pengalaman pribadi ya om jd gk tau sm apa gk ky CI yg lain,dl tiap minggu pasti sy kasih kroto 2x jangkrik 5/5 ps selesai ngurak,ya selang 1 bln ngurak lg setelah itu kroto smpai skrg gk prh sy ksh lg full pisang and jangkrik aja,akhirnya nguraknya stabil itu aja sih om maaf kl salah...
          sigpic
          Love and Peace...:)>-:)>-:)>-

          Comment


          • #6
            Originally posted by marshall View Post
            ini sih pengalaman pribadi ya om jd gk tau sm apa gk ky CI yg lain,dl tiap minggu pasti sy kasih kroto 2x jangkrik 5/5 ps selesai ngurak,ya selang 1 bln ngurak lg setelah itu kroto smpai skrg gk prh sy ksh lg full pisang and jangkrik aja,akhirnya nguraknya stabil itu aja sih om maaf kl salah...
            wah kayake kasusnya sm dengan saya Om, CI saya jg bulunya rontok setelah saya kasih kroto. maksud hati cuaca dingin dikasih penghangat tubuh (kroto), sya coba resepnya OM. Makasih......

            Comment


            • #7
              CI sy saat ngga mau mandi dikeramba, dicb masuk keramba terus disemprot dikit2, semprot lg, lama2 nyebur jg tuh, cb aja pelan2, klo dah nyebur pasti ketagihan tuh , klo bulu halus sering rontok pny sy jg tuh, mau cb setingannya om marshall nih, tp klo ngga dikroto kerja di lap bs max ngga ya, mksh

              Comment


              • #8
                apel sama krotonya kalo untuk harian di ilangin dulu om, jemurnya naikin perlahan, per dua minggu, misal kalo sekarang bisa 1 jam, dua minggu lagi naikin jadi 3 jam. rata-rata penjemuran antara 3-5 jam tiap hari.
                Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

                Comment


                • #9
                  Nimbrung, ah..
                  Jadi CI kalau dikasih kroto, umumnya rontok, ya??
                  Soalnya saya juga pernah ngasih kroto 4 hari yang lalu ke CI, besoknya banyak bulu halus yang rontok. Sekarang sich rontoknya tinggal dikit-dikit, kroto ga dikasih lagi.
                  Maaf kalau ga berkenan.
                  SALAM
                  Just Another Birds Lover

                  Comment


                  • #10
                    baru tau nih, kalo kroto bisa buat rontok bulu pd CI ...
                    tp logikanya dimana ya??? padahal TSnya hanya kasih kroto seminggu 1x???

                    Comment


                    • #11
                      saya setuju dengan om Wiznu....CI termasuk burung yg rawan rontok bulunya....
                      cuaca yg terlalu panas bisa juga jadi penyebab, apalagi tetap di krodong....
                      sigpic
                      ......enjoy ajahhhhhh.....

                      Comment


                      • #12
                        Re: kok CI rontok bulunya lg sich! sebel!

                        kemaren kerena pengen tambah stamina ci saya gentor dengan kroto pagi sore.
                        setelah dua minggu ci saya langsung mbrodol semua bulunya.
                        60 rontok bulunya.

                        Comment


                        • #13
                          Re: kok CI rontok bulunya lg sich! sebel!

                          sepertinya ini terjadi pada CI saya.
                          saya mboyong CI hari sabtu hari seninnya saya kasih kroto sedikit selang satu hari bulu halus rontok 2/3, begitu setiap hari.
                          hari sabtu kemudian saya kasih madu yg dioles ke pisang, ternyata rontok tambah banyak.untuk penjemuran cuman setengah jam.
                          ternyata sama yang punya dulu cuma dikasih pisang sama jangkrik dan dicantolin di teras yg nggak terkena panas.
                          mungkin karena perubahan yg drastis bulu banyak rontok dan tadi ada bulu sayap 1 yang jatuh..jadi galau nih..

                          Comment


                          • #14
                            Re: kok CI rontok bulunya lg sich! sebel!

                            om rajendra, perubahan lingkungn bisa memicu CI mabung om. mungkin sama perawatan sebelumnya, perawatan CI kurang tept sehingga proses mabung jadi terhambat. kalo besok masih ada bulu besarnya yang jatuh berarti CI om udah mulai mabung. silahkan dilakukan perawatan mabung untuk CI, biasanya mabung kayak gini g berlangung lama. paling lama sekutar 2 minggu, karna mabungnya tidak normal
                            Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

                            Comment

                            Working...
                            X