Announcement

Collapse
No announcement yet.

Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • cepo
    started a topic Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    Chloropsis venusta atau sering juga kita sebut Cucak Ranti Mas/Biru (Blue-masked Leafbird) merupakan salah satu kerabat dalam suku Chloropsis (Chloropsidae) berukuran paling kecil dari kerabatnya yang lain.
    Habitat asli tersebar di kepulauan sumatera dari Aceh, Bukit barisan hingga Lampung.
    Seperti saudaranya yang lain burung ini juga pintar berkicau, perbedaan dalam hal suara yang sangat jelas adalah suaranya yang tidak terlalu tembus dibanding Chloropsis yang lain . Tapi kalo urusan variasi suara si kecil mini inilah jagonya mulai dari rapalan tembakan yang beranekaragam, siulan panjang pendek, hingga suara ngebrannya CJ yang dimodivikasi jadi tembakan panjang.
    Lainnya yang unik adalah suara nada tinggi (bahkan sangat halus seperti lentingan besi) dirapal dalam bentuk tembakan. Yang nggak kalah menariknya setiap rapalan panjang selalu memiliki ending yang bervariasi.
    Dalam interval 10 menit tidak akan pernah ada suara yang sama dikeluarkan/diulang-ulang. Tak salah jika si Kecil ini kita beri julukan burung 1001 suara.


    Namun sayang beribu sayang kawan, Si Mini yang imut ini sedang terancam punah di habitat aslinya lantaran luas hutan yang semakin berkurang, pengalihan fungsi lahan hutan (yang beraneka ragam dirubah menjadi satu jenis) seperti palma, karet, dan sebagainya tentang kebijakan pemerintah setempat untuk kepentingan perut masyarakatnya.
    Akibat sempitnya lahan tentulah burung ini akan berhadapan dengan masalah utamanya yaitu Perebutan makanan dan wilayah membuat Si Imut ini semakin tergencet di dasar danah.
    sumber: http://orientalbirdimages.org

    sumber: http://orientalbirdimages.org

    Berikut sedikit uraian mengenai keluarga Chloropsis (Chloropsidae)
    1. Chloropsis sonnerati, Cucak Daun Besar, Cucak Ijo Kepala Polos
    2. Chloropsis aurifrons, Cucak Ijo Kepala Kuning, Cucak Ijo Medan
    3. Chloropsis cochinchinensis, Cucak Ranti Kuning, Ranti Bunga
    4. Chloropsis cyanopogon, Cucak Ranti Hijau Polos, Ranti Gandum, CI Mini
    5. Chloropsis Venusta, Cucak Ranti Emas/Biru
    Lima diatas merupakan jenis yang ada di negara Kita Indonesia, sementara masih ada tiga lagi keluarga Chloropsis (Chloropsidae) yaitu Chloropsis palawanensis, Chloropsis flavipennis, dan Chloropsis hardwickii yang tidak terdapat di negara kita.
    Last edited by rifqie; 15 February 2012, 02:17 AM. Reason: merge ... dopost

  • alimaskun
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    pernah punya...sayang waktu itu ga sekalian sama cewenya...khan bisa coba breeding...sekarang sdh pindah tangan...kalo keluar crecetan burger, burgernya saja kalah panjang...jadi kangen pengen punya lagi...hehehe

    Leave a comment:


  • cepo
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    tul om vinow asal rajin mandiinya

    Leave a comment:


  • vinow
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    warnanya bikin seger mata neh......

    Leave a comment:


  • cepo
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    matur thangkyu om bojongkulur, dah dilirik treat ane

    Leave a comment:


  • oyeb abdillah
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    Nice info Om, tambah lagi wawasan ane

    Leave a comment:


  • sofyantamimi
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    kalo di sumatera ini disebut burung Kinoy atau Cucak Kinoy.
    Lain tempat lain nama gak tau Sumatra mana yg menyebut "Cucak Kinoy" di tempat lain mungkin disebut "Cucak Unyil" tapi kalo di Lampung ni burung yg mungil nan catik disebut "CEKCOR"

    Leave a comment:


  • cepo
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    waduh...telat balasnya saya om Tusem, harusnya buka satu thred lagi, ini jenis CI (cucak Ijo kepala polos) tapi ada juga kemungkinan Cucak Ijo kepala Kuning. Nanti saya akan bahas om, biar g OOT. Sementara yang C. Venusta ini saja duluan, nanti masih ada 4 jenis suku Choroseidae yg terdapt di Indonesia yang akan saya jabarkan,

    Leave a comment:


  • Tusem Oziel
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    Originally posted by cepo View Post
    kalo dari anakkan nggak ada om, CImemiliki siklus pertumbuhan dari kecil hingga dewasa, baik betina ataupun jantan dari keil ke dewasa ada perobahan pada warna bulu
    gtu y om...q punya ci,tpi g'tau umur brp...dia sudah keluar trotol hitamnya om..meskipun cuma 1-2 tpi jelas banget kalau bWarna hitam om.ni potonya om..
    mohon pencerahannya om cepo..mkasih sebelumnya.

    Leave a comment:


  • cepo
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    Originally posted by Tusem Oziel View Post
    om,apa bener klo cucak hijau mw kluar trotol hitam harus warna kuning dulu?klo langsung trotol hitam gtu ada nggak?mohon pencerahannya...
    kalo dari anakkan nggak ada om, CImemiliki siklus pertumbuhan dari kecil hingga dewasa, baik betina ataupun jantan dari keil ke dewasa ada perobahan pada warna bulu

    Leave a comment:


  • Tusem Oziel
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    om,apa bener klo cucak hijau mw kluar trotol hitam harus warna kuning dulu?klo langsung trotol hitam gtu ada nggak?mohon pencerahannya...

    Leave a comment:


  • opaaaan
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    cucak ranti..

    Leave a comment:


  • cepo
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    Originally posted by febrian eduard View Post
    apa bisa ya fight dan jabrik..????
    semua family Chloroseidae bisa tarung om, sama kayak cucak ijo, burung ini gaya tempurnya lebih agresif dibanding cucak ijo

    ---------- Post added at 10:45 AM ---------- Previous post was at 10:38 AM ----------

    om mod, gimana kalo Threads ini kita masukan Sticky Threads om, mudah2an teman2 yang lain bisa ikut andil menjabarkan lebih mendalam lagi tentang Family Chloroseidae(chloropsis)... gimana pendapat om-om yang lain?

    Leave a comment:


  • febrian eduard
    replied
    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    apa bisa ya fight dan jabrik..????

    Leave a comment:


  • jauhar
    replied
    nice bird...

    Leave a comment:

Working...
X