Announcement

Collapse
No announcement yet.

Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

    Chloropsis venusta atau sering juga kita sebut Cucak Ranti Mas/Biru (Blue-masked Leafbird) merupakan salah satu kerabat dalam suku Chloropsis (Chloropsidae) berukuran paling kecil dari kerabatnya yang lain.
    Habitat asli tersebar di kepulauan sumatera dari Aceh, Bukit barisan hingga Lampung.
    Seperti saudaranya yang lain burung ini juga pintar berkicau, perbedaan dalam hal suara yang sangat jelas adalah suaranya yang tidak terlalu tembus dibanding Chloropsis yang lain . Tapi kalo urusan variasi suara si kecil mini inilah jagonya mulai dari rapalan tembakan yang beranekaragam, siulan panjang pendek, hingga suara ngebrannya CJ yang dimodivikasi jadi tembakan panjang.
    Lainnya yang unik adalah suara nada tinggi (bahkan sangat halus seperti lentingan besi) dirapal dalam bentuk tembakan. Yang nggak kalah menariknya setiap rapalan panjang selalu memiliki ending yang bervariasi.
    Dalam interval 10 menit tidak akan pernah ada suara yang sama dikeluarkan/diulang-ulang. Tak salah jika si Kecil ini kita beri julukan burung 1001 suara.


    Namun sayang beribu sayang kawan, Si Mini yang imut ini sedang terancam punah di habitat aslinya lantaran luas hutan yang semakin berkurang, pengalihan fungsi lahan hutan (yang beraneka ragam dirubah menjadi satu jenis) seperti palma, karet, dan sebagainya tentang kebijakan pemerintah setempat untuk kepentingan perut masyarakatnya.
    Akibat sempitnya lahan tentulah burung ini akan berhadapan dengan masalah utamanya yaitu Perebutan makanan dan wilayah membuat Si Imut ini semakin tergencet di dasar danah.
    sumber: http://orientalbirdimages.org

    sumber: http://orientalbirdimages.org

    Berikut sedikit uraian mengenai keluarga Chloropsis (Chloropsidae)
    1. Chloropsis sonnerati, Cucak Daun Besar, Cucak Ijo Kepala Polos
    2. Chloropsis aurifrons, Cucak Ijo Kepala Kuning, Cucak Ijo Medan
    3. Chloropsis cochinchinensis, Cucak Ranti Kuning, Ranti Bunga
    4. Chloropsis cyanopogon, Cucak Ranti Hijau Polos, Ranti Gandum, CI Mini
    5. Chloropsis Venusta, Cucak Ranti Emas/Biru
    Lima diatas merupakan jenis yang ada di negara Kita Indonesia, sementara masih ada tiga lagi keluarga Chloropsis (Chloropsidae) yaitu Chloropsis palawanensis, Chloropsis flavipennis, dan Chloropsis hardwickii yang tidak terdapat di negara kita.
    Last edited by rifqie; 15 February 2012, 02:17 AM. Reason: merge ... dopost
    Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

  • #2
    muantabs nih ....tp kok saya baru pertama kali ngelihat yah ....heheheh..kalau ditempat saya ga ada om burung kaya ginio

    Comment


    • #3
      manteb inponya...cantik nian burungnya....

      kira2 besarnya sama KN lokal gede mana om?
      sigpic
      ......enjoy ajahhhhhh.....

      Comment


      • #4
        Originally posted by chandramurai View Post
        muantabs nih ....tp kok saya baru pertama kali ngelihat yah ....heheheh..kalau ditempat saya ga ada om burung kaya ginio
        kalo di PB daerah pulau jawa ada om, cuma masuknya g setiap saat. Sekali masuk dalam jumlah banyak. Biasanya udah ada yg booking jauh2 hari

        ---------- Post added at 04:57 PM ---------- Previous post was at 04:44 PM ----------

        Originally posted by kindef_united View Post
        manteb inponya...cantik nian burungnya....

        kira2 besarnya sama KN lokal gede mana om?
        masih besar kenari om, besar burung ini kira2 sebasar burung pipit biasa
        Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

        Comment


        • #5
          nice info kang tetep semangat untuk update infonya biar rekan semua tau yah............
          Malangkuewara

          Comment


          • #6
            Originally posted by OzHanz View Post
            nice info kang tetep semangat untuk update infonya biar rekan semua tau yah............
            hehheh...harus itu om, tetap semangat skalipun musim hujan...
            Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

            Comment


            • #7
              kalo di sumatera ini disebut burung Kinoy atau Cucak Kinoy..kalo cucak ranti mas/cucak rante/burung meranti yg seperti di thread berikut :

              http://www.kicaumania.org/forums/sho...ak-Rante/page2

              BTW, nice info om..


              salam

              Comment


              • #8
                Originally posted by DC View Post
                kalo di sumatera ini disebut burung Kinoy atau Cucak Kinoy..kalo cucak ranti mas/cucak rante/burung meranti yg seperti di thread berikut :

                http://www.kicaumania.org/forums/sho...ak-Rante/page2

                BTW, nice info om..


                salam
                burung kinoy... tambah 1 nama baru lagi dalam daftar saya, makasih om atas infonya,,,hehehe memang bermacam-macam namanya, bisa jadi tiap-tiap kota beda-beda nama.
                untuk Cucak Rante yang ada di gambar tread, itu Chloropsis Chochinensis endemik Sumatera, kalo nama lokalnya saya nggak banyak tau,
                Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

                Comment


                • #9
                  nice bird...

                  Comment


                  • #10
                    Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

                    apa bisa ya fight dan jabrik..????

                    Comment


                    • #11
                      Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

                      Originally posted by febrian eduard View Post
                      apa bisa ya fight dan jabrik..????
                      semua family Chloroseidae bisa tarung om, sama kayak cucak ijo, burung ini gaya tempurnya lebih agresif dibanding cucak ijo

                      ---------- Post added at 10:45 AM ---------- Previous post was at 10:38 AM ----------

                      om mod, gimana kalo Threads ini kita masukan Sticky Threads om, mudah2an teman2 yang lain bisa ikut andil menjabarkan lebih mendalam lagi tentang Family Chloroseidae(chloropsis)... gimana pendapat om-om yang lain?
                      Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

                      Comment


                      • #12
                        Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

                        cucak ranti..
                        Correct Me If I'm Wrong

                        Comment


                        • #13
                          Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

                          om,apa bener klo cucak hijau mw kluar trotol hitam harus warna kuning dulu?klo langsung trotol hitam gtu ada nggak?mohon pencerahannya...

                          Comment


                          • #14
                            Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

                            Originally posted by Tusem Oziel View Post
                            om,apa bener klo cucak hijau mw kluar trotol hitam harus warna kuning dulu?klo langsung trotol hitam gtu ada nggak?mohon pencerahannya...
                            kalo dari anakkan nggak ada om, CImemiliki siklus pertumbuhan dari kecil hingga dewasa, baik betina ataupun jantan dari keil ke dewasa ada perobahan pada warna bulu
                            Gunjingkanlah yang baik-baik tentang setiap orang

                            Comment


                            • #15
                              Re: Perkenalkan Keluarga Paling Kecil CI Si Chloropsis Venusta

                              Originally posted by cepo View Post
                              kalo dari anakkan nggak ada om, CImemiliki siklus pertumbuhan dari kecil hingga dewasa, baik betina ataupun jantan dari keil ke dewasa ada perobahan pada warna bulu
                              gtu y om...q punya ci,tpi g'tau umur brp...dia sudah keluar trotol hitamnya om..meskipun cuma 1-2 tpi jelas banget kalau bWarna hitam om.ni potonya om..
                              mohon pencerahannya om cepo..mkasih sebelumnya.

                              Comment

                              Working...
                              X