Announcement

Collapse
No announcement yet.

Pemilihan bahan burung cucak jenggot yang baik

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pemilihan bahan burung cucak jenggot yang baik

    Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Cucak Jenggot:

    * Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
    * Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
    * Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
    * Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
    * Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
    * Rajin bunyi, ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang cerah.
    * Warna bulu tegas dan kering, diyakini memiliki irama lagu yang sangat panjang.
    * Memiliki Jambul dan Jenggot yang lebih besar. Burung akan mempunyai wibawa yang besar apabila berhadapan dengan burung Cucak Jenggot lain.

  • #2
    Alangkah baiknya kalo om memperkenalkan diri dulu di forum perkenalan om, ntar di semprit Momod lho... TQ...

    Comment


    • #3
      Originally posted by shadira View Post
      Alangkah baiknya kalo om memperkenalkan diri dulu di forum perkenalan om, ntar di semprit Momod lho... TQ...
      tul kata cak shadira
      sigpic

      uzi Km

      Comment


      • #4
        thank's om ekan79

        Comment


        • #5
          Tips nya sudah bagus hanya kurangnya blm berkenalan...
          kicaumaniabandung@groups.facebook.com

          Comment


          • #6
            Originally posted by ekan79 View Post
            Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Cucak Jenggot:

            * Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
            * Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
            * Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
            * Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
            * Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
            * Rajin bunyi, ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang cerah.
            * Warna bulu tegas dan kering, diyakini memiliki irama lagu yang sangat panjang.
            * Memiliki Jambul dan Jenggot yang lebih besar. Burung akan mempunyai wibawa yang besar apabila berhadapan dengan burung Cucak Jenggot lain.
            Secara katuranggan apa yang disebutkan Om Ekan79 udah sangat komplit, Top Markotop

            Sekarang, ada yang tahu nggak yaa daerah penyebarannya serta kateristiknya, misalkan CJ dari Cilacap-Nusakambangan, Temanggung - Wonosobo (Daerahnya Om Bledek)...bahkan saya pernah mendapatkan anakan CJ dari Pupuan Bali RING Wahid (sayang mati)l.

            Ayo share nich....ttg bakalan CJ

            Comment


            • #7
              top markotop om ekan79, thanks atas informasi katuranggan CJ......nanti mau liat CJ yg di rumah akh.......termasuk kriteria katuranggan gak yach?

              Comment


              • #8
                temen2 semua..mau nanya nih ..saya punya CJ bawa dr temen di Yogya..masih anakan jadi jinak ...dr piyik di master CD CJ and suara prenjak sawah jadi sekarang suaranya itu aja..so gimana caranya dibikin agak giras....
                thx
                sigpicCatch Me If U Can !!!!!!!!

                Comment


                • #9
                  Originally posted by Mac View Post
                  Secara katuranggan apa yang disebutkan Om Ekan79 udah sangat komplit, Top Markotop

                  Sekarang, ada yang tahu nggak yaa daerah penyebarannya serta kateristiknya, misalkan CJ dari Cilacap-Nusakambangan, Temanggung - Wonosobo (Daerahnya Om Bledek)...bahkan saya pernah mendapatkan anakan CJ dari Pupuan Bali RING Wahid (sayang mati)l.

                  Ayo share nich....ttg bakalan CJ
                  ini menarik .... kok blm ada yg share ya.... apa ada ciri2 khusus setiap daerah asal diatas om??

                  Comment


                  • #10
                    makasih nih infonya gua baru ngangkat nih bro...

                    Comment


                    • #11
                      thank info om
                      Belajar dari Kesalahan Kemarin
                      http://opi.yahoo.com/online?u=ardi_c...g&t=11[%5d

                      Comment


                      • #12
                        thanks info nya om, ane hr kamis br angkat nich burung

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by Mac View Post
                          Secara katuranggan apa yang disebutkan Om Ekan79 udah sangat komplit, Top Markotop

                          Sekarang, ada yang tahu nggak yaa daerah penyebarannya serta kateristiknya, misalkan CJ dari Cilacap-Nusakambangan, Temanggung - Wonosobo (Daerahnya Om Bledek)...bahkan saya pernah mendapatkan anakan CJ dari Pupuan Bali RING Wahid (sayang mati)l.

                          Ayo share nich....ttg bakalan CJ
                          Ikut Donk Om Pantau...Blh Tu Om MAC Infonya..Makasih

                          Comment


                          • #14
                            mantap

                            om kalo secara katuranggan sesuai banget sama kata om mac,....sudah sepahamlah paparannya om Ekan79,tp bisa gak ya kita tahu type suaranya,....apakah bakalan full ngesrekk,apa nantinya akan keluar pikpik panjang,atau kombinasi keduanya???maaf banyak tanya,....heheheh maklum pemula omm,....
                            Last edited by Wiznu Le-Crooth; 19 July 2010, 03:07 PM. Reason: kurang
                            [BLINK]sssssttttt,,,,jangan berisik,,,juri mau nancepin koncer,,,,[/BLINK]

                            Comment


                            • #15
                              Originally posted by Wiznu Le-Crooth View Post
                              om kalo secara katuranggan sesuai banget sama kata om mac,....sudah sepahamlah paparannya om Ekan79,tp bisa gak ya kita tahu type suaranya,....apakah bakalan full ngesrekk,apa nantinya akan keluar pikpik panjang,atau kombinasi keduanya???maaf banyak tanya,....heheheh maklum pemula omm,....
                              Buasanya untuk cj cewek bisa full ngesrek, Kalau ada suaranya pik pik atau kombinasi dengan srek srek adalah cj cowok.

                              Comment

                              Working...
                              X