Announcement

Collapse
No announcement yet.

[ask] cara bedain GW jantan & betina

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • [ask] cara bedain GW jantan & betina

    Mohon bantuan nya para Suhu KM'ers gimana sih bedakan antara jantan/betina & anakan/dewasa???
    -saya pny GW baru beli pasar burung ciri2ny.. bulu hitam dikepala sudah mengkilap, dan melingkar dileher. Untuk bulu dada hitam cmn smp di perut.

  • #2
    Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

    Originally posted by retroo_id View Post
    Mohon bantuan nya para Suhu KM'ers gimana sih bedakan antara jantan/betina & anakan/dewasa???
    -saya pny GW baru beli pasar burung ciri2ny.. bulu hitam dikepala sudah mengkilap, dan melingkar dileher. Untuk bulu dada hitam cmn smp di perut.
    kalau bedain co/ce nya, kalau co garis hitam di dadanya atau yang biasa saya sebut dasinya memanjang sampai dubur dan warna hitamnya terang & kalau cew garis hitam di dada tidak sampai dubur dan warna hitamnya agak pudar.. untuk melihat muda/tua nya bisa dilihat dari sisik kakinya semakin kering itu sisik kaki semakin tua itu burung dan bisa juga dilihat dari dasinya, semakin tebal dasinya semakin tua itu GW..

    kalau menurut kriteria yang disebutin om retroo.. GW punyanya om retroo berjenis kelamin betina dan sudah berumur/tua..

    Comment


    • #3
      Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

      Originally posted by agung bakumpai View Post
      kalau bedain co/ce nya, kalau co garis hitam di dadanya atau yang biasa saya sebut dasinya memanjang sampai dubur dan warna hitamnya terang & kalau cew garis hitam di dada tidak sampai dubur dan warna hitamnya agak pudar.. untuk melihat muda/tua nya bisa dilihat dari sisik kakinya semakin kering itu sisik kaki semakin tua itu burung dan bisa juga dilihat dari dasinya, semakin tebal dasinya semakin tua itu GW..

      kalau menurut kriteria yang disebutin om retroo.. GW punyanya om retroo berjenis kelamin betina dan sudah berumur/tua..
      pencerahan yg maknyuzzzz dr momod baru................
      sigpic sing penting duwe manuk

      Comment


      • #4
        Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

        Originally posted by marmoz hape View Post
        pencerahan yg maknyuzzzz dr momod baru................
        hehehe... terimakasih om marmoz hape atas pujiannya..

        Comment


        • #5
          Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

          Ouu gt ya.. sy kira itu dasi nya klo uda terhubung dgn wrn hitam dibwh ekor itu GW tua.. Ok laah thanks atas ilmunya om agung..

          Comment


          • #6
            Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

            Originally posted by retroo_id View Post
            Ouu gt ya.. sy kira itu dasi nya klo uda terhubung dgn wrn hitam dibwh ekor itu GW tua.. Ok laah thanks atas ilmunya om agung..
            Cewean juga bisa bunyi tapi Variasinya dikit, pasaran GW disana berapa om...
            sigpic
            PRIMUS INTER PARES

            Comment


            • #7
              Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

              bener sih GW betina jga bisa bunyi tapi ya gitu suaranya pelan banget dan bunyinya kebanyakan mengeluarkan bunyi "ceerrr ceerrr" tidak ada suara genjotannya tapi GW betina bagus juga untuk memancing GW jantan supaya rajin bunyi..

              Comment


              • #8
                Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                Originally posted by agung bakumpai View Post
                bener sih GW betina jga bisa bunyi tapi ya gitu suaranya pelan banget dan bunyinya kebanyakan mengeluarkan bunyi "ceerrr ceerrr" tidak ada suara genjotannya tapi GW betina bagus juga untuk memancing GW jantan supaya rajin bunyi..
                bozzzz agung nanya dikit...........klo sering bunyi ceer..ceer..ceer apa mesti betina yak....?coz punya ane sering gitu tp koq dasinya nyambung mpe pantat yak.............? dadi bingun neh..........
                sigpic sing penting duwe manuk

                Comment


                • #9
                  Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                  Originally posted by agung bakumpai View Post
                  bener sih GW betina jga bisa bunyi tapi ya gitu suaranya pelan banget dan bunyinya kebanyakan mengeluarkan bunyi "ceerrr ceerrr" tidak ada suara genjotannya tapi GW betina bagus juga untuk memancing GW jantan supaya rajin bunyi..
                  Punya saya cewe ada genjotannya (max 6) trus ada variasinya tapi dikit (saat itu belum tau kelamin cewe karena belum buka-buka forum GW, biasa... terpesona sama bunyinya yang rajin), dapat beli dari kios burung, saat lihat itu burung sudah bunyi sambil lompat-lompat, dari pada di ambil orang katanya, akhirnya saya ambil sesuai penjual minta (100).


                  nb : Suara kenceng dan enak didengar (rajin), sahut-sahutan dengan pleci/ciblek/kenari/kolibri dan bisa buat mancing bunyi burung-burung dirumah.
                  Last edited by Щڸĩ ęڷάţ; 21 November 2012, 03:46 PM.
                  sigpic
                  PRIMUS INTER PARES

                  Comment


                  • #10
                    Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                    Originally posted by marmoz hape View Post
                    bozzzz agung nanya dikit...........klo sering bunyi ceer..ceer..ceer apa mesti betina yak....?coz punya ane sering gitu tp koq dasinya nyambung mpe pantat yak.............? dadi bingun neh..........
                    yang saya maksud bunyi 'cerr.. cer.." itu bukan suara kreeeeeekkkk.. krekekkkk keras dan panjang kyk suara burung gereja....
                    tapi bunyi cerr.. ceerr.. pelan mirip prenjak merah betina..

                    ---------- Post added at 05:29 PM ---------- Previous post was at 05:20 PM ----------

                    Originally posted by Щίנї şęנάţί View Post
                    Punya saya cewe ada genjotannya (max 6) trus ada variasinya tapi dikit
                    wah bagus kalau gitu om.. cz GW betina saya suaranya ga bisa cuiitt gujik.. gujikk.. gujikk... cumann cuuuuitt. cuuitt.. cerrr.cerr.. pelan

                    Comment


                    • #11
                      Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                      Originally posted by agung bakumpai View Post
                      yang saya maksud bunyi 'cerr.. cer.." itu bukan suara kreeeeeekkkk.. krekekkkk keras dan panjang kyk suara burung gereja....
                      tapi bunyi cerr.. ceerr.. pelan mirip prenjak merah betina..
                      suara "kreeeeeekkkk.. krekekkkk keras dan panjang kyk suara burung gereja...." ini justru ada di GW saya, aneh....
                      sigpic
                      PRIMUS INTER PARES

                      Comment


                      • #12
                        Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                        Originally posted by Щίנї şęנάţί View Post


                        suara "kreeeeeekkkk.. krekekkkk keras dan panjang kyk suara burung gereja...." ini justru ada di GW saya, aneh....
                        aneh juga ya om... heheehe..

                        Comment


                        • #13
                          Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                          Originally posted by agung bakumpai View Post
                          aneh juga ya om... heheehe..
                          Sebelum mancing, sengaja mampir ke penjual burung di pinggir jalan cipondoh untuk membeli umpan, dan lihat ada GW di gantung, kemudian saya (S) tanya ke penjualnya (P) ..
                          S : "Itu glatik harga berapa mas ?", karena saya lihat ada 2 glatik dalam 1 kandang.
                          P : "80 ribu".
                          S : "Loh... itukan cewe mas".
                          P : "Itu laki".
                          S : "Bukannya kalau cewe garis hitam hanya sampai dada ", karena saya lihat garis hitamnya sampai dada.
                          P : "Itu laki, mabung berapa kali lagi hitamnya nanti tambah panjang".
                          S : "Ooooowh.... gitu ya....".

                          Kesimpulannya, berarti GW dirumah kemungkinan cowo, karena warna hitamnya belum pekat (hitam abu), walaupun garis hitam sampai didada dan membutuhkan beberapa kali mabung lagi nanti akan terlihat jelas panjangnya.

                          Ditungu tanggapannya yang lain.....
                          sigpic
                          PRIMUS INTER PARES

                          Comment


                          • #14
                            Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                            Originally posted by Щίנї ęנάţί View Post
                            Sebelum mancing, sengaja mampir ke penjual burung di pinggir jalan cipondoh untuk membeli umpan, dan lihat ada GW di gantung, kemudian saya (S) tanya ke penjualnya (P) ..
                            S : "Itu glatik harga berapa mas ?", karena saya lihat ada 2 glatik dalam 1 kandang.
                            P : "80 ribu".
                            S : "Loh... itukan cewe mas".
                            P : "Itu laki".
                            S : "Bukannya kalau cewe garis hitam hanya sampai dada ", karena saya lihat garis hitamnya sampai dada.
                            P : "Itu laki, mabung berapa kali lagi hitamnya nanti tambah panjang".
                            S : "Ooooowh.... gitu ya....".

                            Kesimpulannya, berarti GW dirumah kemungkinan cowo, karena warna hitamnya belum pekat (hitam abu), walaupun garis hitam sampai didada dan membutuhkan beberapa kali mabung lagi nanti akan terlihat jelas panjangnya.

                            Ditungu tanggapannya yang lain.....
                            sepengetahuan saya GW jantan walaupun masih muda dasi hitamnya udah memanjang sampai dubur hanya saja warna hitamnya tidak setebal yang udah tua..

                            Comment


                            • #15
                              Re: [ask] cara bedain GW jantan & betina

                              Originally posted by agung bakumpai View Post
                              sepengetahuan saya GW jantan walaupun masih muda dasi hitamnya udah memanjang sampai dubur hanya saja warna hitamnya tidak setebal yang udah tua..
                              kira-kira..ada hal lain yang beda juga gak om//misal dari ventnya..terus kalo gak ada bunyi kerrk atau cerrknya kaya gereja..itu jantan apa betina ya om..kebetulan saya baru beli kemaren..n dasinya itu masih tipis abu-abu..gak item..bingung

                              Comment

                              Working...
                              X