Announcement

Collapse
No announcement yet.

Perubahan warna kepala jalak suren malaysia

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Perubahan warna kepala jalak suren malaysia

    Salam KM'ers
    Minta pencerahannya kepada rekans dan masters, saya baru nambah momongan JSM, warna bulu di kepalanya berwarna hitam seperti JS Jawa, paruh gading kecuali bagian pangkalnya berwarna oranye, kata yang jual asalnya dari kalimantan. Jadi bingung, nih, apakah benar JSM waktu masih muda warna bulu di kepalanya full hitam? (soalnya pernah baca satu postingan di KM yang menyatakan demikian), umur berapa kepalanya mulai berwarna putih? Thanx b4.
    Salam.
    Just Another Birds Lover

  • #2
    Re: Perubahan warna kepala jalak suren malaysia

    Jalak Suren memang ada beberapa jenis, ada perbedaan dibagian bulu dan warna paruh, juga kepala. Pedagang juga belum tentu mengerti dan paham asal tangkapan burung tersebut. Dikasih label Malaysia, Cina, Borneo dsb, biar dagangannya laku.
    Jika sudah dimiliki yg penting dirawat dengan kasih sayang dan konsisten, saya kurang paham bagi orang-orang yg ngotot ingin tahu asal tangkapan burungnya, perbedaan bulu dan kicaunya memang ada. Tapi toh burung sudah dibeli dan sebaiknya tetap komitmen merawatnya, kecuali kita benar-benar mempelajari dan mengerti asal dari burung-burung tersebut, hingga tidak terkecoh dalam menentukan pilihan.

    Mengenai JS mas Ibbe kemungkinan masih sedikit bulu putih dekat pangkal paruhnya, namun jika bulu sudah berganti bulu dewasa dan berwarna hitam pekat kemungkinan bulu putihnya disemir.
    Berikut contoh foto Gracupica contra floweri muda, sudah kelihatan warna putihnya meski samar-samar
    [spoiler="Gracupica contra floweri"][/spoiler]

    Yang ini foto dari india, dengan sedikit semburat putih dipangkal paruh, dan pangkal paruh berwarna jingga kemerahan
    [spoiler="JS di India"][/spoiler]

    Yg beredar di PB Jawa/Jakarta juga belum tentu dari Kalimantan. Karena JS di Bali mempunyai kesamaan dengan warna putih di kepala dan pangkal paruh jingga kemerahan, mungkin gak ada yg percaya kalau yg biasa disebut JS Kalimantan/Malaysia itu asalnya dari Bali ya.
    Apalagi kalau saya ngotot kasih nama JS Bali, orang berfikir saya ngawur

    Padahal pernah lihat sendiri JS liar di alam Bali daerah tabanan, juga para penjual disini juga banyak JS dengan kepala putih tapi gak pernah bilang kalo itu JS malaysia/kalimantan karena memang ditangkap di daerahnya sendiri :p

    Comment


    • #3
      Re: Perubahan warna kepala jalak suren malaysia

      Makasih atas info-nya Oom Mataputeh, burung jalak suren saya ini sepertinya punya bulu belum full bulu dewasa (warna hitamnya masih nge-dop). Berarti memang semua jalak suren waktu mudanya memiliki bulu di atas kepala dengan warna dominan hitam, ya? masih bingung, nih.
      Salam Kicau Mania.
      Just Another Birds Lover

      Comment

      Working...
      X