Announcement

Collapse
No announcement yet.

Membedakan jenis kelamin LB dari paruh versi Mabung (Ane)

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Membedakan jenis kelamin LB dari paruh versi Mabung (Ane)

    Akhirnya sy sempat juga menulis tentang membedakan jenis kelamin LB versi saya, aduh malunya sy sampai ditulis disini: http://kicaumania.org/forums/showthr...062#post439062
    Sy tidak sempat nulis hanya dikarenakan bingung bagi waktu kesibukan dan akhir2 ini sy sakit ( Sok sibuk banget ya om sy , padahal sy hanya seorang mahasiswa biasa )

    Bismillah,
    Banyak di kalangan penggemar burung LB yg merasa bingung dalam membedakan jenis kelamin burung LB biarpun sudah mempunyai pengalaman beternak selama 3th lebih.
    Maaf sebelumnya sy menulis ini bukannya menggurui atau apalah karena sy juga masih perlu banyak belajar lagi, yg sy sharekan disini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya dan om saya bukan kata si "A" dan kata si "B" tanpa sy membuktikannya sendiri.

    Awal saya beternak LB sampai skrg banyak yg memberikan masukan ke sy dalam membedakan jenis kelamin LB:
    1. Dari supit urang/udangnya
    2. Postur tubuhnya.
    3. Cara berdirinya.
    4. Lihat dari bentuk ekornya.
    5. Dari paruhnya.

    Dari ke-5 hal diatas sy paling banyak menghabiskan waktu belajar ya yg paling akhir ( Yang ke 5 ),
    Ok to the point saja yaw,
    Sy akan menuliskan kelemahan dari setiap point2 di atas, maaf ini mnrt sy ya om kalau berbeda sy mohon maaf yg sebesar2nya:
    1. Supit Urang/Udang.
    Baik LB cwek atau cwok kalau belum birahi maka akan sama2 menutup supit urang/udangnya, tapi kalau sudah birahi maka akan terbuka supit urang/udangnya baik cwek ataupun cwok

    2. Postur Tubuh.
    Selama pertumbuhannya akan berubah, dalam artian begini.
    Gak mungkinkan LB tidak tumbuh dengan bertambahnya umur, nah pertumbuhan ini ada yg bertambah gemuk dan adapula yg bertambah kurus.

    3. Cara Berdirinya.
    Mungkin kalau LBnya sudah berumur kurang lebih 2tahunan sudah kelihatan tapi kalau baru berumur 4-6bulan?
    Mungkin akan bingung,

    4. Lihat Dari Bentuk Ekornya.
    Ada yg bilang,
    meruncing = jantan
    agak kembang = betina
    Semua itu karena fisik dari ekor tsb, ada juga jantan yg ekornya mengembang dan ada juga cwek yg ekornya meruncing.

    5. Dari Paruhnya.
    Mungkin cara yang paling efektif dari semua cara diatas adalah melihat dari paruhnya, tapi ada kelemahannya yaitu membutuhkan jam terbang alias pengalaman yg lebih utk dapat menguasainya.
    [SPOILER=Ini contoh pictnya:]
    [/SPOILER]

    Yg cwok bentuk paruhnya mulai dari pangkal sampai ujungnya cenderung meruncing sedang yg cwek bentuk paruhnya mulai dari pangkal sampai ujung ekornya cenderung melebar ke samping.
    Biasanya usia 3-4 bulan ke atas sudah bisa dilihat.
    Demikian tulisan ini saya buat, apabila ada yg salah sy mohon maaf yg sebesar2nya dan sy tidak ada maksud menggurui atau apapun itu namanya...

    Makasi,
    Last edited by fauzan_zhd; 26 October 2010, 04:40 PM. Reason: spoiler

  • #2
    Bearti ditangan kiri yang cowok ya om.
    Makasih info nya (5 point)
    [SIGPIC]wahyudi

    Comment


    • #3
      Kl ada foto yg lebih jelas ?
      Jd ngelihatnya hrs tampak muka ?

      Comment


      • #4
        Pictnya kurang jelas om... Mohon utk di perjelas, yg mana yg Co? Yg mana yg Ce? Thx...

        Comment


        • #5
          Wah ternyata ada cara lain lagi untuk membedakan kelamin LB.
          Thanks atas infonya, oom.
          best regards,
          Darmawan

          Comment


          • #6
            kalo membandingkan 2 lb yang sudah jelas salah satunya jantan dan satunya lagi betina masih gampang dengan teori om anggi, tp klo cuma ada 1 LB dan kita ditanya tentang kelaminnya aku tetap mumet hehehe....

            nice sharing bro, ane jadi tambah pengetahuan neh
            tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

            Comment


            • #7
              dah di penuhin tu janjinya om mabung...

              Comment


              • #8
                trims Om atas pencerahannya tapi fotonya yg krg cerah/kabur dan kalo 1 LB aja,kayaknya jam terbang yg menentukan jg ya.

                Comment


                • #9
                  wah...hasil belajar lama pastinya Cak Mabung nih, terimakasih atas masukkannya ya Cak Mabung, mudah2an berguna kelak, tapi tentunya seperti Cak mabung bilang perlu jam terbang tinggi untuk membedakannya bukan begitu Cak?.
                  sigpicWassalam....
                  Yang terburuk dari semua tipuan, adalah menipu diri sendiri.

                  Comment


                  • #10
                    Originally posted by wahyudi View Post
                    Berarti ditangan kiri yang cowok ya om.
                    Makasih info nya (5 point)
                    Yup yg kiri yg cwok sedang yg kanan cwek...


                    Originally posted by Subianto View Post
                    Kl ada foto yg lebih jelas ?
                    Jd ngelihatnya hrs tampak muka ?
                    Maaf kamera yg sy punya hanya kamera digital om, mungkin klo sy punya DSLR beda cerita...
                    Ada rekan2 yg mau pinjamin sy kamera DSLR??



                    Originally posted by shadira View Post
                    Pictnya kurang jelas om... Mohon utk di perjelas, yg mana yg Co? Yg mana yg Ce? Thx...
                    Uda sy jelasin diatas...



                    Originally posted by darma View Post
                    Wah ternyata ada cara lain lagi untuk membedakan kelamin LB.
                    Thanks atas infonya, oom.
                    Berbeda2 tapi tetap satu jua...



                    Originally posted by firman haz View Post
                    kalo membandingkan 2 lb yang sudah jelas salah satunya jantan dan satunya lagi betina masih gampang dengan teori om anggi, tp klo cuma ada 1 LB dan kita ditanya tentang kelaminnya aku tetap mumet hehehe....

                    nice sharing bro, ane jadi tambah pengetahuan neh
                    Sama2 om, senang sy bisa berbagi dengan rekan2 yg lain.

                    Benar kata om FH, klo yg kita lihat hanya 1 LB pasti bakalan mumet ni kepala.


                    Originally posted by andhi_kapau View Post
                    dah di penuhin tu janjinya om mabung...
                    Alhmdlh...



                    Originally posted by monkeycoolest View Post
                    trims Om atas pencerahannya tapi fotonya yg krg cerah/kabur dan kalo 1 LB aja,kayaknya jam terbang yg menentukan jg ya.
                    Sama2 om senang bisa membantu, rencananya sy akan pinjam teman yg punya kamera DSLR biar rekan2 KM yg lainnya bisa lebih jelas.
                    Sy selama ini hanya foto pke kamera digital biasa saja, maaf.

                    Jam terbang jg menentukan,


                    Originally posted by aa_dede View Post
                    wah...hasil belajar lama pastinya Cak Mabung nih, terimakasih atas masukkannya ya Cak Mabung, mudah2an berguna kelak, tapi tentunya seperti Cak mabung bilang perlu jam terbang tinggi untuk membedakannya bukan begitu Cak?.
                    Heheheheheh, bisa aja nih om Ronie...
                    Pengalaman di dapat dari jam terbang kan om?

                    Sy ternak LB baru 5tahunan, klo beljar LBnya sih baru 7thn.


                    Senang sy bisa berbagi dengan rekan2 KM yg lain krn menurut sy ilmu tidak akan berguna apabila tidak dibagi ke sesama.

                    Comment


                    • #11
                      pagi Om Mabung,mungkin fotonya kabur karena pengambilan Om terlalu dekat dgn objek,coba lagi tapi dgn jarak min. 110 cm. kenapa? lho...objek diblkg kan jelas sekali. itu aja masalahnya, maaf Oot lagi tapi untuk perbaikan bersamakan? kebetulan sy hobi fotografi jg dikit2. trims ya kalo nampilin foto yg baru lg.

                      Comment


                      • #12
                        nice info, mas anggi.....
                        betul kata rekan2 yang lain... jika 1 mumet juga karena ga ada pembanding. jika mas anggi berkenan coba diambil photo sendiri2 ..trus lempar ke rekan2 untuk nebak co or ce... hehehehe ini sambil mengasah kejelian rekan2 km apalagi newbie LB seperti ane.. (Kl ga repot lho om...)

                        Comment


                        • #13
                          sampeyan memang baik hati dan tidak sombong, mau bagi2 ilmu buat kicaumania yang lain, amal solehmu takkan terlupa selamanya hebat hebat hebat

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by monkeycoolest View Post
                            pagi Om Mabung,mungkin fotonya kabur karena pengambilan Om terlalu dekat dgn objek,coba lagi tapi dgn jarak min. 110 cm. kenapa? lho...objek diblkg kan jelas sekali. itu aja masalahnya, maaf Oot lagi tapi untuk perbaikan bersamakan? kebetulan sy hobi fotografi jg dikit2. trims ya kalo nampilin foto yg baru lg.
                            Hehehheheh, iya maaf om wkt itu sy hanya berusaha fokus ke paruh wkt ambil pictnya ternyata malah blur...
                            Maaf...


                            Originally posted by nuski View Post
                            nice info, mas anggi.....
                            betul kata rekan2 yang lain... jika 1 mumet juga karena ga ada pembanding. jika mas anggi berkenan coba diambil photo sendiri2 ..trus lempar ke rekan2 untuk nebak co or ce... hehehehe ini sambil mengasah kejelian rekan2 km apalagi newbie LB seperti ane.. (Kl ga repot lho om...)
                            Ok2...
                            Insyllh ntar siang sy ambil pictnya trs sore atau mlmnya sy post disini ya om?


                            Originally posted by triyoga View Post
                            sampeyan memang baik hati dan tidak sombong, mau bagi2 ilmu buat kicaumania yang lain, amal solehmu takkan terlupa selamanya hebat hebat hebat
                            Jiahahahahahah, malunya diriku...


                            Namanya orang om, ada yg kita hanya ingin share pengalaman kita dibilangnya yg ingin cari mukalah, ingin dipandanglah, pokoknya yg gak2lah...
                            Heheheheheh....
                            Tp bener kok sy gak nyari itu semua,

                            Comment


                            • #15
                              memang mas anggi bener2 mooy dah.... ditunggu ya... mudah2an enteng jodoh, cepet dapet jodoh yang cantik, dan baik hati..eheheh..

                              Comment

                              Working...
                              X