Announcement

Collapse
No announcement yet.

penyakit mata dan pengobatan nya semoga bermanfaat

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • penyakit mata dan pengobatan nya semoga bermanfaat

    Sakit mata pada Lovebird


    Penyakit yang sangat menular dan mematikan ini gejala awalnya ditandai dengan timbulnya sedikit bercak merah pada kelopak mata (lihat gbr 1) dan mata manuk seperti berair. Disini saya pribadi mengistilahkannya dengan sebutan stadium 1.

    Setelah beberapa hari, bercak merah tersebut akan semakin membesar dan jelas terlihat bahwa ternyata telah terjadi pembengkakan (gbr 2). Hingga tahap ini (stadium 2), baru disadari bahwa penyakit tersebut juga menyerang system pernapasan manuk.

    Lanjut beberapa hari kemudian, penyakit tersebut telah memasuki stadium 3. Pada fase ini nafsu makan manuk sudah mulai berkurang. Mata sudah tidak bisa dibuka dan setiap pagi keluar “kotoran” seperti belekan (gbr 3).

    Sekitar 4 – 6 minggu dari gejala awal, manuk bisa dipastikan tewas jika tidak mendapat pengobatan yang tepat (gbr 4).



    Penyebab penyakit tersebut tidak diketahui secara pasti. Namun dari beberapa literature yang saya baca, penyakit tersebut diduga disebabkan oleh bakteri dan atau jamur.

    Solusi yang tepat untuk mengobati penyakit tersebut hingga kini belum diketahui. Kalaupun ada pengobatan yang bisa menyembuhkan, saya lebih suka mengatakan bahwa itu semua masih tahap trial dan error. Artinya masih untung2an. Ini terbukti dari tidak seragamnya cara pengobatan dari rekan2 yang LB nya sudah pernah terjangkit penyakit mata ini.

    Yang pasti, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Tetaplah menjaga kebersihan kandang dan sekitarnya dan bila perlu gunakan disinfektan minimal 2 kali dalam 1 tahun. Jaga agar sirkulasi udara tetap baik serta tambahkan vitamin dimasa pancaroba. Berikan makanan yang terjamin kesegarannya dang anti air minum setiap hari.

    Beberapa testimony dari rekan2 di group Komunitas Lovebird Indonesia (Facebook) saya copas disini supaya bisa menjadi referensi buat kita karena semakin banyak informasi yang bisa dikumpulkan akan semakin baik juga buat kita.

    Denny Jagur Lovebird Mania
    LB ku kmaren2 kena sakit mata juga, kaya belek warna merah,tiap pagi ak kasih salep mata buwat org, chlorampenicol beli di apotek 3000 perak, trus ku karantina ga kena angin dan ga di jemur, alhamdulillah seminggu sembuh,,


    Lawrence Oei
    Kasih Xendo Citrol aja om, di-tetes setiap 3 jam sekali, pasti sembuh. Jangan kena angin atau dijemur waktu ini.


    Budiyanto Kris
    maaf nibrung dan salam kenal sebelumnya, kalo menurut saya jgn pakai cendo citrol deh (maaf jika salah), sebab AM merah saya malah parah gara2 kena obat tetes tsb. obat ini terlalu keras jika untuk manuk, pengalaman seorang pencita kucng pun demikian, mata kucingnya mletek (pecah) karena dosis terlalu tinggi. boleh dikasihkan tp saran saya sekali saja....mending dikasih pakai obat tetes mata biasa insto atau yg sejenisnya. sekali maaf jika salah......


    Ben Mmp
    Saya pernah kehilangan 20 ekor LB lebih gara2 penyakit ini. Untuk menyembuhkan penyakit ini, pengalaman setiap oarng berbeda. Ada teman saya pernah pakai Xendo dan berhasil. Tapi ada juga yang gak sembuh (salah satunya pengalaman saya sendiri). Begitu juga dengan Insto atau obat tetes mata lainnya.

    Dalam kasus saya, penggunaan Xendo malah sayakombinasikan dengan antibiotiok (namanya lupa) tapi tetap saja tidak berhasil.

    Setelah dicoba2, akhirnya malah bodrex yang berhasil. Caranya, hancurkan 1/2 tablet bodex lalu campurkan ke airminumnya. Ganti setiap pagi. Biasanya setalah 1 minggu manuk akan sembuh total. Tapi pengobatan saya teruskan hingga 2 minggu. Selama pengobatan, manuk tidak perlu dijemur. Makanan tetap diberikan seperti biasa. Kebersihan kandang lebih dijaga. Dan ini ayng paling penting, segera karantina LB nya karena penyakit ini sangat menular dan sangat mematikan.

    Tingkat keberhasilan pengobatan tidak sama. Tergantung dari tingkat pen yakitnya. Jika sudah memasuki stadium berat maka kemungkinan berhasil semakin kecil. Selain itu, manuk dewasa juga lebih tinggi tingkat keberhasilannya dibanding manuk yang masih muda.

    Tidak ada salahnya mencoba apa yang sudah diinformasikan oleh rekan2, karena seperti saya katakan, pengalaman setiap orang berbeda.



    Rahmat Sucipto
    numpng gbung nich
    untk obt mta. bs dktkan bner semua bhkn slh semua. brgntung dr hsil proses pngobtn. obt yg d pke dpt d ktkan manjur jika yg mke brngny smbuh n sbliknya obt dpt d ktkn g mumpan bhkn bs tmb parah jk g ad hsilnya ato mungkin mati....
    jd ujung2nya klo emang brung qt msh rejki qt pasti hdup n jg sblikny...
    dr semua obt yg om2 pke semua d atas sy sdh coba semua. tp klo g rejki pasti mti
    sy khlangan 3lutino. 1 olive. 2 pstel ijo...

    n sy dpt menggolongkn ad 3 pnyikit mata
    1, bengkak
    2, berair
    3, keluar kayak kotoran ato daging

    n smua solusi om2 smua d ats bner smua
    n pnyikt mta bs mnular dlm tnda kutip pd brung yg dy thn tubuhny lemah
    tmbhan tips ni buat skit mata. ushkan d krntina n d pkein krudung sngkrny n d jauhkn dr snar mthri / lmpu
    alhmdulillh hy 1albino sy msh hdup

    salam lovebird mania
    Gerobak Racing

  • #2
    Info penting nich , Tks Om.

    Comment


    • #3
      Nice Info..Om Izin Copas , Yach

      Comment


      • #4
        Mantap threadnya Bro Indra, cendol meluncur deh.
        sigpicWassalam....
        Yang terburuk dari semua tipuan, adalah menipu diri sendiri.

        Comment


        • #5
          Mantab Om infonya,,,

          Comment


          • #6
            info yg bermanfaat, thanks om

            Comment


            • #7
              jos gandos
              sigpic

              Comment


              • #8
                cakep om artikelnya, siplah & trims
                sigpic

                Comment


                • #9
                  Nice Share....
                  "Hasil yang baik selalu diawali dengan niat yang baik pula"

                  Comment


                  • #10
                    Info yang bermanfaar bro ..
                    ane numpang copas yaaa...

                    cendol segera meluncur ...

                    Comment


                    • #11

                      Comment


                      • #12
                        waaaa... penyakit memang ngerii.... harus ati2 nih, gimana kalo seminggu sekali mandi pake air sirih .. itu kan antibiotik ... hehehehe

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by Ronie View Post
                          Mantap threadnya Bro Indra, cendol meluncur deh.
                          saya mah mau nya amplop aja wkwkwkw
                          Originally posted by Iyop View Post
                          Nice Info..Om Izin Copas , Yach
                          silahkan om
                          Originally posted by phay View Post
                          Info yang bermanfaar bro ..
                          ane numpang copas yaaa...

                          cendol segera meluncur ...
                          jgn cendol lah om uang chas aja wkwkwkwkwk
                          Gerobak Racing

                          Comment


                          • #14
                            Mantaf sharingnya bro.... ijin copas ya ndra... txs... es cendol ane simpen di kulkas tuh ndra, lumayan siang2 gini bikin seger.... hehehehe....

                            Comment


                            • #15


                              Thx Bro...
                              sigpic
                              My FB : http://www.facebook.com/GoesKM?ref=tn_tnmn

                              Comment

                              Working...
                              X