Announcement

Collapse
No announcement yet.

tanya murai borneo

Collapse
This topic is closed.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #16
    Originally posted by ETTO View Post
    Ikutan om dan Mau tanya apakah semua mb yg dadanya gembung adalah mb borneo Om........??????????? soalnya didaerah saya (Pulau Belitung Propinsi Bangka Belitung) ada mb yg dadanya gembung tp suaranya dominan suara tajem. Jenis MB badanya kecil, ekor pendek om (kira2 13-15cm), kalo di trek gayanya lincah, MB daerah saya biasanya MB di hutan pegunungan, klo dulu di hutan kecil dekat perkampungan bnyak sekali MB yg liar klo skrg udah larinya kegunung om soalnya hutan nya udah pada jd kebun sawit he he he ............... trims
    Wah, ada MB jenis baru nih : MB BaBel, he he he , becanda Om.

    Ya sudah barang tentu, seyogyanya kita mengelompokkan suatu jenis satwa berdasarkan ilmu "taksonomi", kemudian taxon suatu spesies diuraikan habitat dan populasinya dimana aja dan seberapa besar.

    Tapi yang Saya ketahui hobiist burung berkicau mengelompokkannya berdasarkan wilayah atau daerah administratif (Aceh, Medan, Nias, Borneo dll.dsb.) dan bisa jadi pengelompokan nama secara wilayah/daerah itu berdasarkan jumlah/populasi terbanyak.

    Nah, mungkin karena MB dengan ciri khas menggembung & memegarkan bulu-bulu ini jumlah/populasi terbanyak adanya di Kalimantan maka dinamai MB Borneo.
    Mohon maaf, itu saja yang Saya ketahui.

    Eh, dah OOT banget nih,
    kasian tuh Om Xijampangs, dia masih bingung tuh MBnya mau diapain ....beri masukan dong...

    Comment


    • #17
      Originally posted by Mr_Pik View Post
      akan tetapi setau saya MB Borneo jg ada yg lebih kencang dr pd MB Sumatra,
      soalnya saya pernah liat MB Jambi (pernah jawara)yg ada di samarinda di tembakin ma MB Borneo anakan..........malah suaranya MB jambi tsb tertutupi oleh MB Borneo...
      nah kalo itu tergantung om.... kalau kualitas kita tidak bisa mendeskriditkan salah satunya om...

      namun yang terjadi adalah sebagian besar dari kita hanya menilai berdasarkan suara mayoritas, jadi yang dikatakan tidak mutlak kebenarannya 100% , namun seiring berjalannya informasi dari satu orang ke orang yang lain menjadikan yang mayoritas menjadi seluruhnya atau dengan kata lain hanya berdasarkan asumsi

      seperti contohnya:

      MB Medan berekor panjang........ nah itu hanya merupakan asumsi sebagian besar, bukan seluruh MB medan,..... namun seiring bergulirnya informasi maka yang bisa kita dengar akhirnya adalah bahwa "semua" Mb medan berekor panjang....

      itu merupakan salah satu contoh... masih banyak contoh yang lain....
      kecuali kita bener bener malakukan satu persatu observasi setiap MB berasal dari mana saja... dan itu menurut saya tidak akan mungkin untuk dilakukan....
      sigpic
      koleksi Burung saya www.amiexs.blogspot.com

      Comment


      • #18
        MB Borneo Bagus, MB Sumatera bagus ......... sama-sama SDA indonesia

        Comment


        • #19
          tidak semua mb borneo jelek dan tdk semua mb sumatra itu bagus. contoh mb sumatra saya salah satunya jelek banget. hehehe...
          P E A C Esigpic

          Comment


          • #20
            MB Borneo ????
            Seingat saya beberapa tahun yg lalu ada MB Borneo yg namanya "Mat Pelor" ,sering menang lomba juga.
            ,Oom Ir kenal sm pemiliknya .

            Comment


            • #21
              Di setiap tempat/daerah/negara or country pasti terdapat murai batu yang bagusssss....so di mana2 pun pasti akan ada MB yang hebat...
              sigpic

              Comment


              • #22
                Kembali lagi ke Om Jampang...
                Om Jampang orientasinya untuk apa?
                kalo untuk lomba ya diliat aja dibawa latberan, gantang pinggir dulu. Butuh proses om, tinggal kesabaran om sampe dimana.
                Kalo untuk didenger suaranya dirumah kaya saya, yang segitu cukuplah, yang penting rajin bunyinya.
                ngga' semua MB Borneo jelek kok om.
                MB Sumatera disini ngga' semuanya bagus kok
                sigpic
                Pecah Ndase............

                Comment

                Working...
                X