Announcement

Collapse
No announcement yet.

penyebaran MB di Sumatra

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • penyebaran MB di Sumatra

    berhubung dengan banyak pertanyaan baik melalui thread atau pun pm, dari rekan2 KM tentang asal MB di Sumatra.....maka ane coba gambarkan secara garis besar jenis jenis MB dan penyebarannya di Sumatra.....berhubung ane ngak bisa edit gambarnya terlalu detail...maka terpaksa ane tampilkan dengan kondisi se adanya...minimal rekan2 bisa mendapatkan gambaran secara garis besarnya.....salam KM



    no.1.....dikenal dgn MB Nias....ciri2 ekor panjang 15-20 cm...warna ekor hitam semua

    no.2.....dikenal dgn nama MB Pulau.....ukuran badan besar.......ciri2 ekor panjang 20-30cm...warna ekor putihnya belang2 hitam...biasanya lebih banyak pasangan hitamnya .......ini yg disebut sekarang MB Medan di pasaran

    no.3....MB NAD....ukuran badan menengah.....ekor 20-25 cm...warna ekor biasa...ada bulu hitam dan putih

    no.4...MB Medan..............badan besar, ekor 25-30cm, ekor biasa hitam dan putih, ....8 putih-4hitam...agak melengkung......sekarang mungkin sudah hampir punah

    no.5.....MB Sumbar.........badan menengah ekor 20-30cm, ekor biasa hitam dan putih, ....8 putih-4hitam....disini ada perbedaan kaki hitam dan kaki putih....tergantung masing2 hutan, seperti solok, pasaman, payakumbuh, dll

    no.6....MB Jambi......badan kecil....ekor 15-20cm,....ekor biasa hitam dan putih

    no.7....MB Lampung.....badan kecil.....ekor 15-20cm...ekor biasa hitam dan putih

    tolong kalo ada yg kurang....bisa nambahin....karena walau bagaimana pun...orang asli daerah tsb...lebih mengetahui karateristik MB di daerahnya sendiri...

    ( NB:....MB Borneo....nah ini mungkin rekan2 di sana lebih mengetahui...

    [spoiler=MB nya ane...[/spoiler]
    Last edited by marmoz; 11 March 2014, 04:16 PM.

  • #2
    mantaff infonya om Kajak..

    cendol ijo meluncur weeeerrrrrr......
    sigpic
    Wong Kito Galo

    Comment


    • #3
      wah..mantaf om sharenya...

      sedikit ane tambahkan ya om..

      Ada juga MB yg tersebar di wilayah riau ke arah bagan batu, nama daerahnya Tanah Putih..dikenal dengan MB nya yg berbody besar, ekor biasa panjang 20-30 cm...kadang2 MB dari daerah ini yg di cap sebagai MB Pasaman..karena daris sedi fisik hampir mirip......

      sebetulnya di daerah riau yg lain masih banyak seperti daerah Kuntu, Pasir, dll..cuma karena ane juga perantauan..jadi kurang tau info pastinya...

      yg ane tau sedikit hanya MB Kuntu, ciri2 fisiknya MB body kecil, ekor sedang (15-20 cm).. warna hitam putih seperti biasa..dan banyak dicari pemain MB...

      mudah2an ada yg bisa kasih info lebih lengkap lagi.

      salam

      Comment


      • #4
        wah tambah lg nih ilmunya..TOP!!

        Comment


        • #5
          Ane cuman bisa bedain nyang Nias doang selebihnya serupa tapi tak sama, nice info Om Kajak

          Comment


          • #6
            Originally posted by DC View Post
            wah..mantaf om sharenya...

            sedikit ane tambahkan ya om..

            Ada juga MB yg tersebar di wilayah riau ke arah bagan batu, nama daerahnya Tanah Putih..dikenal dengan MB nya yg berbody besar, ekor biasa panjang 20-30 cm...kadang2 MB dari daerah ini yg di cap sebagai MB Pasaman..karena daris sedi fisik hampir mirip......

            sebetulnya di daerah riau yg lain masih banyak seperti daerah Kuntu, Pasir, dll..cuma karena ane juga perantauan..jadi kurang tau info pastinya...

            yg ane tau sedikit hanya MB Kuntu, ciri2 fisiknya MB body kecil, ekor sedang (15-20 cm).. warna hitam putih seperti biasa..dan banyak dicari pemain MB...

            mudah2an ada yg bisa kasih info lebih lengkap lagi.

            salam
            bener om...kalo kita bicara MB berdasarkan wilayah yg lebih kecil lagi...bisa ada puluhan jenis MB Sumatra....yg di klaim oleh daerah tsb bahwa ini burung asli daerahnya...........
            kalo daerah bagan batu...MB yg besar besar itu menurut ane masuk kategori MB Pulau, sama dgn MB Natal, Sibolga, Padang sdiempuan dsk nya,....coba om DC perhatikan MB yg daerah disana....bagaimana kombinasi ekor putih dan hitamnya ??? apa kobinasi 6-6 ? atau malah putihnya belang-belang hitam ?
            kalo daerah pasir pangaraian....masih nyambung hutannya dgn pangkalan 50 kota disebutnya masih MB Payakumbuh, menurut ane ini bukan MB pasaman om.....yg dimaksud dgn MB Pasaman adalah daerah Lubuk Sikaping turun ke bawah arah Bukittinggi
            coba ane up mapnya...mudah2an bisa di zoom


            Comment


            • #7
              thank info om kajak
              Belajar dari Kesalahan Kemarin
              http://opi.yahoo.com/online?u=ardi_c...g&t=11[%5d

              Comment


              • #8
                Kalau Muray sekarang ini (seperti Om Dery sebutin yg beda cuma MB Nias) ... untuk penyebaran ane rasa udah merata ... badan besar kecil, ekor panjang pendek (relatif) dan sangat sulit dibedakan ... sebagai patokan dasar sah-sah saja ... namun saat membeli jangan lagi mau dikibuli cukup dengan suka atau tidak suka ... nice info ... cendol ane bagi ...
                sigpic Salam KM Om ... From Batam Island ...

                Comment


                • #9
                  Originally posted by herdi View Post
                  Kalau Muray sekarang ini (seperti Om Dery sebutin yg beda cuma MB Nias) ... untuk penyebaran ane rasa udah merata ... badan besar kecil, ekor panjang pendek (relatif) dan sangat sulit dibedakan ... sebagai patokan dasar sah-sah saja ... namun saat membeli jangan lagi mau dikibuli cukup dengan suka atau tidak suka ... nice info ... cendol ane bagi ...
                  ane setuju om......apalagi sekarang ini....yg namanya pedagang burung.....kalo liat MB Nias pasti disikat....trus ekornya dicabut....alasannya mabung.....trus dibilang MB Medan....

                  Comment


                  • #10
                    Wah analisanya mantap Om....
                    sigpic
                    Salam dan Sukses Selalu Untuk Kita Semua

                    Comment


                    • #11
                      Mantap Om, terima kasih atas informasinya...
                      Salam Kicau Mania

                      Comment


                      • #12
                        Originally posted by dody_jb View Post
                        mantaff infonya om Kajak..

                        cendol ijo meluncur weeeerrrrrr......
                        Originally posted by rezki View Post
                        thank info om kajak
                        Originally posted by Ari SN View Post
                        Wah analisanya mantap Om....
                        Originally posted by Abah Jawir View Post
                        Mantap Om, terima kasih atas informasinya...
                        ah...cuman ilmu modal nanya nanya aja......
                        ane menampilkan peta nya ini.....sesuai ada tukang pikat burung nya di daerah-daerah tsb.....jadi kalo ada rekan2 lain, tahu secara pasti ada pemikat MB di daerah lainnya...mohon ditambahin...biar tambah lengkap

                        Comment


                        • #13
                          klo g slh ekor belang it mb bagian telok..6bln terkhir sy hbs dr sana,tepat ny d daerah bonjol..mb sdh tdk d temukan lg d daerah lb.sikaping-bkt tinggi..pemikat berjalan dr bonjol(koto tangah) selama 3 hr,it pun terkadang g membuah kan hasil..kbr ny mb pasaman msh ad(wlw tdk bgtu byk) d gunung pasaman..namun krn gunung ini sgt angker,maka pemikat agk enggan masuk k daerah ini..

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by mayon View Post
                            klo g slh ekor belang it mb bagian telok..6bln terkhir sy hbs dr sana,tepat ny d daerah bonjol..mb sdh tdk d temukan lg d daerah lb.sikaping-bkt tinggi..pemikat berjalan dr bonjol(koto tangah) selama 3 hr,it pun terkadang g membuah kan hasil..kbr ny mb pasaman msh ad(wlw tdk bgtu byk) d gunung pasaman..namun krn gunung ini sgt angker,maka pemikat agk enggan masuk k daerah ini..
                            thanks infonya om mayon......mungkin lebih lengkapnya bila kita menyebutnya PULAU TELOK.....karena emang pulau kan om ???

                            Comment


                            • #15
                              suetuju,om kajak.hehe

                              Comment

                              Working...
                              X