Announcement

Collapse
No announcement yet.

Burung Nuri/perkici/lori

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • kucica_denis
    started a topic Burung Nuri/perkici/lori

    Burung Nuri/perkici/lori

    Salam Kicaumania,

    berikut ini saya mencoba menyajikan secara sederhana mengenai burung nuri atau perici dalam bahasa inggrisnya lory atau lorikeet, thread ini saya sadur dari web tetangga sebelah .
    bila ada kesalahan mohon maaf dan koreksinya

    Nuri/Perici/lory/lorikeet

    Klasifikasi Ilmiah

    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordota
    Class : Aves
    Ordo/Suku : Psittaciformes
    Family/Keluarga : Psittacidae
    Sub Family : Loriinae
    Genus : - Chalcopsitta
    - Eos
    - Pseudeos
    - Trichoglossus
    - Lorius
    - Phigys
    - Vini
    - Glossopsitta
    - Charmosyna
    - Oreopsittacus
    - Neosittacus
    - Psitteuteles


    Nuri merupakan bagian dari keluarga psittacidae atau bayan sejati/parrot dalam ordo psittaciformes. selain itu juga ada family yang lain yg terkenal yaitu cacatuidae/kakatua yg dikelompokan pada bayan tdk sejati.
    dari keluarga bayan sejati/psittacidae terdapat sub family yaitu loriinae (nuri/perkici) dan psittacinae (betet biasa dan sejenisnya).

    Ukuran Nuri lebih kecil atau sedang dibandingkan keluarga parrot lainnya mereka tersebar terbatas dibandingakan dengan keluarga parrot lainnya meliputi seluruh benua australia,asia tenggara, papua nugini dan negara-negara polynesia di lautan pacifik.
    nuri umumnya pemakan nekhtar yg dominan dibandingkan dengan jenis bayan lainnya ini didukung dengan lidahnya yang pada ujungnya terdapat bulu - bulu
    yg berfungsi sebagai pengumpul nekhtar dan pollen. kurang lebih 5.000- jenis bunga dari berbagai tanaman.nuri diindonesia sebagian besar berada diindonesia bagian timur.

    (bersambung)

  • ndoro agung
    replied
    Re: Burung Nuri/perkici/lori

    Superrrrrrrrrrrrrrrr Sekali

    Leave a comment:


  • adimroke
    replied
    Re: Burung Nuri/perkici/lori

    ikut nyumbang nuri langsung dari papua piaraan temen saya
    Spoiler: 


    http://i901.photobucket.com/albums/a...531_094319.jpg

    Leave a comment:


  • Donatello
    replied
    Re: Burung Nuri/perkici/lori

    ada yg tau sexing eos bornea g?
    bagi ilmu ny sedikit donk suhu"
    matur nuwun

    Leave a comment:


  • MikDaR
    replied
    Re: Burung Nuri/perkici/lori

    [QUOTE=kucica_denis;218082](sambungan)

    [SPOILER=dari genus pseudeos
    nuri kelam/dusky lory/psedudeos fuscata
    asal indonesia n png]
    [/SPOILER]

    punya yang kek gini om 4 ekor..... tp bingung nentuin jenis kelamin.... ada yang bisa bantu ga om ???

    Leave a comment:


  • si_kliwon
    replied
    wuihhhh...indah euy...

    jd pngen miara nuri....

    tp bli dmn yha???

    ada yg bs share info gag???ane d palangkaraya neh....

    Leave a comment:


  • Daeng_BG
    replied
    Originally posted by ratu View Post
    [SPOILER=perkici pelangi/raibow lorikeet/T haematodus
    asal indonesia australia kep salomon kep kaledonia kep vanatu PNG]



    [/SPOILER]

    saya punya nuri seperti ini baru dua hari soal umur sy tdk tau, tapi sy bingung keadaan burung sy rada kurang sehat, lemas, dan tdk semangat, untuk kotorannya cair rada2 kecoklat2an gitu.... makanan sy kasih susu kental manis dan apel, pepaya (untuk buah kayanya ga pernah disentuh)... terus yg sy mo tanyakan adalah agar burung sy tdk lemas, sehat, dan bergairah lg makanannya dikasih apa yach?... kalo sakit seperti itu diberi obat apa yg bagus?...... tolong sharenya dong .... maaf kalo keluar jalur soalnya emergency

    Bump: mana ya para pecinta nuri,....... koq sepi buangeeet
    untuk kotoran memang cair kl dikasi susu, kl dia gak mau makan buah gak usah di kasi. saran sy cb kasi bubur bayi yg beras merah (seduh dgn air panas dan buat agak encer). biar nurinya sehat lg tahap awal cb kasi vitamin burung (dicampur dalam makanannya) diberikan setiap hari selama masa pemulihan (biasanya dlm 3 hr sdh ada perkembangan)

    burung nurinya dari daerah timur y, kl gak salah jenis ini di daerah NTT jg endemik CMIIW

    Leave a comment:


  • siulin
    replied
    Originally posted by ratu View Post
    [SPOILER=perkici pelangi/raibow lorikeet/T haematodus
    asal indonesia australia kep salomon kep kaledonia kep vanatu PNG]



    [/SPOILER]

    saya punya nuri seperti ini baru dua hari soal umur sy tdk tau, tapi sy bingung keadaan burung sy rada kurang sehat, lemas, dan tdk semangat, untuk kotorannya cair rada2 kecoklat2an gitu.... makanan sy kasih susu kental manis dan apel, pepaya (untuk buah kayanya ga pernah disentuh)... terus yg sy mo tanyakan adalah agar burung sy tdk lemas, sehat, dan bergairah lg makanannya dikasih apa yach?... kalo sakit seperti itu diberi obat apa yg bagus?...... tolong sharenya dong .... maaf kalo keluar jalur soalnya emergency

    Bump: mana ya para pecinta nuri,....... koq sepi buangeeet
    wah senior2 kenapa ga ada yg jawab ya..!! tapi dl burung ane jg pernah gt pak bos.. ane kasih minumnya teh manis sm kasih makan pisang kepok trus alhamdulillah sehat lagi tuh.. buandel ga bisa die. mohon donk untuk senior pecinta nuri memberikan pencerahannya lagi..

    Leave a comment:


  • siulin
    replied
    chattering lourius itu nuri ambon bukan sih om..? soalnya nuri ane mirip baget dan kata kaka ane jenis nuri ambon..

    Leave a comment:


  • Zein21
    replied
    bos kira" nuri kpala hitam di kawinin ama nuri yg ga sejenis apa tetap bisa menghasilkan yg kepala hitam ga ?

    Bump: sepi amat nih.. para pecinta nuri mana nh

    Leave a comment:


  • ratu
    replied
    [SPOILER=perkici pelangi/raibow lorikeet/T haematodus
    asal indonesia australia kep salomon kep kaledonia kep vanatu PNG]



    [/SPOILER]

    saya punya nuri seperti ini baru dua hari soal umur sy tdk tau, tapi sy bingung keadaan burung sy rada kurang sehat, lemas, dan tdk semangat, untuk kotorannya cair rada2 kecoklat2an gitu.... makanan sy kasih susu kental manis dan apel, pepaya (untuk buah kayanya ga pernah disentuh)... terus yg sy mo tanyakan adalah agar burung sy tdk lemas, sehat, dan bergairah lg makanannya dikasih apa yach?... kalo sakit seperti itu diberi obat apa yg bagus?...... tolong sharenya dong .... maaf kalo keluar jalur soalnya emergency

    Bump: mana ya para pecinta nuri,....... koq sepi buangeeet
    Last edited by fauzan_zhd; 13 January 2011, 09:38 PM. Reason: spoiler

    Leave a comment:


  • apan81
    replied
    om harga nuri kpla htam brpa ya...
    blinya dmna ya????
    jd pengen nie...
    mksi....

    Leave a comment:


  • sapto.s
    replied
    bagaimana tentang perbedaan nuri irian kepala hitam. jantan dan betina nya..??

    Leave a comment:


  • sn4pp3r
    replied
    Originally posted by rudy cimot View Post
    ane mo tanya neh,gimana cara bedain jantan -betina nuri kepala hitam?soalnya dirumah ane ada 2ekor.ga tau jantan-betinanya..mohon pencerahannya.
    paling akurat sih test dna

    Leave a comment:


  • rudy cimot
    replied
    ane mo tanya neh,gimana cara bedain jantan -betina nuri kepala hitam?soalnya dirumah ane ada 2ekor.ga tau jantan-betinanya..mohon pencerahannya.

    Leave a comment:

Working...
X