Announcement

Collapse
No announcement yet.

Kakatua Mabung Abadi

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Kakatua Mabung Abadi

    Mau tanya nie..
    Kakatua jambul kuning bokap gw ini udah lama di pelihara kuranglebih 10 tahunan dan sangat sangat Jinak.

    Akan tetapi beberapa hari ini gw mulai prihatin
    Karena si Kakatua ini kayanya Mabung Abadi deh
    Dari bertahun2 yg lalu bulu badan nya brantakan n gak tumbuh-tumbuh

    Kira2 gmana cara tumbuhin nya yah?
    Skrg saya mandiin tiap hari pake Air Beras (katanya berkhasiat) apa ada cara lain?

    Trus saya baca2 bisa dikasi Biji matahari dan Minyak ikan.
    Yg saya bingung. Gmana cara kasi minyak ikan nya?

    Oh ya, masi bisa diajari ngomong ga?
    Rencana mau pake MP3 buat ngajarin doi

    Tolong dikasi masukan yah. Trims

  • #2
    Mungkin berkutu, kasih obat kutu dulu aja,
    Btw, untuk tambahan gizi, kasih oatmel deh,..mudah-mudahan doyan.
    Wassalam,
    4ndriecht, Kemanggisan, Jakarta Barat

    Comment


    • #3
      gak ada kutu kayanya Om... saya baru cek tadi pagi...

      saya sudah cek.. ada ide gmana cara kasi minyak ikan nya ke Kakatua? olesin ke jagung?

      Comment


      • #4
        bisa jadi stress, atau over birahi
        Taufikurrahman Nasution/fiknas@yahoo.com

        Comment


        • #5
          Belum pernah kasih minyak ikan,..
          Minyak ikan buat apa ya?
          Wassalam,
          4ndriecht, Kemanggisan, Jakarta Barat

          Comment


          • #6
            Originally posted by fiknas View Post
            bisa jadi stress, atau over birahi
            saya setuju ma om fiknas...sepertinya memang OB....
            sigpic
            ......enjoy ajahhhhhh.....

            Comment


            • #7
              Waduh,, kalo stress ama OB bgtu.. Gmana cara ngatasi nya om?

              Setau saya minyak ikan untuk vitamin E.. Memperindah bulu

              Comment


              • #8
                Kakatua, sama seperti jenis burung lainnya mengalami fase mabung/molting/ganti bulu.
                sangat sedikit sekali terjadi proses kakatua yg mabung ambrol total om... biasanya nyulam helai perhelai.
                kalau sampai terjadi kakatua bugil... biasanya karena :
                1. Feather plucking/Feather picking/Cabut bulu.
                Penyebab utamanya adalah stress.
                Kakatua adalah burung pintar yg sangat aktif bergerak. Dialam liar, energinya dipakai untuk terbang dan menjelah naik/turun pohon. sementara kebanyakan pola pemeliharaan kakatua di indonesia adalah dengan cara kaki dirantai disatu tempat/tangkringan yg tidak memungkinkan dia bergerak bebas.
                Gejala awal dari stress ini biasanya adalah teriakan non-stop...
                Cara penanganan: beri perhatian lebih pada kakatua.. ajak dia berinteraksi dan bermain... berikan mainan/kayu untuk gigit2an..
                2. Kekurangan Nutrisi
                Biasanya dialami oleh burung yg sudah dipelihara lama, tetapi menu makanannya adalah jagung setiap hari setiap saat.
                Bayangkan kalau manusia tiap hari dikasih makan nasi doang tiap hari... hehehe.. mungkin cepat gundul jg ya..
                Gejala awal: bulu kusam/kusut, bulu halus rontok
                penanganan: diversifikasi makanan. berikan makanan yg bervariatif, berikan makanan seperti jagung, kwaci, kacang , buah (apel/pepaya/pisang/dll), sayur(tomat/timun/wortel/dll). bergantian.
                bagi kakatua yg sudah terbiasa makanan monoton biasanya agak susah menerima jenis makanan baru. 1-2 hari biasanya makanan td ga disentuh.. tetap berikan aja.. lama2 jg biasanya dimakan kok.
                3. Penyakit
                Bisa jadi burungnya kutuan. Dimandiin pake obat anti kutu..

                Pada intinya.. IMHO, Kakatua dan jenis burung paruh bengkok agak berbeda dengan burung kicau lainnya
                Parrot/Cockatoo is not a pet but it's a llifetime partner.
                berikan perhatian lebih.. jangan hanya dirantai dan dipajang didepan rumah saja.
                Jangan sampai kita mendholimi mereka. amin.

                Mohon maaf jika ada salah kata. Just my 2 cents.

                Comment


                • #9
                  Originally posted by kucrit View Post
                  Kakatua, sama seperti jenis burung lainnya mengalami fase mabung/molting/ganti bulu.
                  sangat sedikit sekali terjadi proses kakatua yg mabung ambrol total om... biasanya nyulam helai perhelai.
                  kalau sampai terjadi kakatua bugil... biasanya karena :
                  1. Feather plucking/Feather picking/Cabut bulu.
                  Penyebab utamanya adalah stress.
                  Kakatua adalah burung pintar yg sangat aktif bergerak. Dialam liar, energinya dipakai untuk terbang dan menjelah naik/turun pohon. sementara kebanyakan pola pemeliharaan kakatua di indonesia adalah dengan cara kaki dirantai disatu tempat/tangkringan yg tidak memungkinkan dia bergerak bebas.
                  Gejala awal dari stress ini biasanya adalah teriakan non-stop...
                  Cara penanganan: beri perhatian lebih pada kakatua.. ajak dia berinteraksi dan bermain... berikan mainan/kayu untuk gigit2an..
                  2. Kekurangan Nutrisi
                  Biasanya dialami oleh burung yg sudah dipelihara lama, tetapi menu makanannya adalah jagung setiap hari setiap saat.
                  Bayangkan kalau manusia tiap hari dikasih makan nasi doang tiap hari... hehehe.. mungkin cepat gundul jg ya..
                  Gejala awal: bulu kusam/kusut, bulu halus rontok
                  penanganan: diversifikasi makanan. berikan makanan yg bervariatif, berikan makanan seperti jagung, kwaci, kacang , buah (apel/pepaya/pisang/dll), sayur(tomat/timun/wortel/dll). bergantian.
                  bagi kakatua yg sudah terbiasa makanan monoton biasanya agak susah menerima jenis makanan baru. 1-2 hari biasanya makanan td ga disentuh.. tetap berikan aja.. lama2 jg biasanya dimakan kok.
                  3. Penyakit
                  Bisa jadi burungnya kutuan. Dimandiin pake obat anti kutu..

                  Pada intinya.. IMHO, Kakatua dan jenis burung paruh bengkok agak berbeda dengan burung kicau lainnya
                  Parrot/Cockatoo is not a pet but it's a llifetime partner.
                  berikan perhatian lebih.. jangan hanya dirantai dan dipajang didepan rumah saja.
                  Jangan sampai kita mendholimi mereka. amin.

                  Mohon maaf jika ada salah kata. Just my 2 cents.

                  trims Kucrit...

                  Saran dan masukan yg sangat bagus sekali...

                  kemungkinan bisa jadi dia stress... krn jujur... perawatan nya kurang di perhatikan bokap sejak bokap agak mulai bosan
                  semua nya diserahkan ke tukang kebun...

                  makanya saya mulai mengambil alih perhatian krn bokap org nya sibuk.. tiap pagi cuman kasi makan doank..
                  ama berinteraksi dipagi itu doank

                  kalo saya evaluasi...
                  - kayanya gak mungkin pengaruh nutrisi..makanan nya sangat bervariasi.. dari jaging pisang sayur dan kacang atopun nasi juga terkadang disuguhkan
                  - mandi.. slalu dimandiin tukang kebun... (walau seminggu mungkin max 2x)

                  mostlikely krn Stress... krn saya baca2 di thread2 lain dan forum2 lain.. kakatua kalo stress cabutin bulu
                  kayanya ini penyebab nya... krn dia nyabutin bulu nya... akhirnya bulu badan nya gak teratur..

                  kalo boleh tau.. kira2 Toys nya... selain Kayu dpt diberikan apa? Ranting pohon bisa?


                  kondisi Kakatua saya mirip seperti foto dibawah ini.. hanya saja.. kakatua saya botak nya dibagian Dada dan sedikit di punggung

                  Comment


                  • #10
                    untuk mainannya ga usah yang mahal2 om... karena mainannya memang untuk dihancurkan/digigit2..
                    semakin alami semakin baik kok.. bisa ranting, kayu, tali atu yg lainnya.
                    hindari yg mengandung cat.. krn biasanya masih ada kandungan beracunnya.
                    atau kalau mau ada yg berbentuk mainan, bisa diy contoh dr sini: www.cheepparrottoysntips.com

                    Kalo kasusnya cabut bulu... biasanya sembuhnya lama... siapin aja sabar yg banyak om...

                    Comment


                    • #11
                      Sip... Tadi pagi saya kasi ranting + botol bekas r

                      Comment


                      • #12
                        Om Kucrit....apakah Feather plucking/Feather picking/Cabut bulu yg penyebab utamanya adalah stress juga bisa terjadi pada jenis nuri?? kebetulan saya mau ambil nuri (yg katanya sedang ngurak) kondisi bulu dada sampai pangkal paha ambrol semua jadi persis seperti foto kakatua yg diposting om Vrey.
                        "Hidup Adalah Pilihan"

                        [BLINK]08123027992[/BLINK]

                        Comment


                        • #13
                          Re: Kakatua Mabung Abadi

                          kakatua jambul kuning punya sy malah ikut2an makan jangrik ky burung kicauan yg ada di rumah,gimana itu bolehkah atau ???

                          Comment


                          • #14
                            Re: Kakatua Mabung Abadi

                            bulunya rontok atau digigitin?
                            dikasih susu setiap hari kah?
                            hobi motret + hobi burung = MOTRET BURUNG
                            http://stevesabaru.blogspot.com
                            Steve - 081339004100

                            Comment

                            Working...
                            X