Announcement

Collapse
No announcement yet.

ajarin nuri biar pintar

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • ajarin nuri biar pintar

    mohon sharing donk para pakar2 kicau mania ane baru aja angkat nuri rainbow roliket butrung sih udah jinak ditangan,yang ane mw tanya gimana ya cara ajarin nuri biar bisa ngomong ? soalnya ane lihat di youtube ada nuri yang udah pintar bicara.... hanya berapa kata... kalo tidak keberatan mohon sharingnya para sesepuh maupun momod kicaumania
    trim's sebelumnya
    sallam

  • #2
    saya bukan sesepuh, bukan juga momod...:-)
    sekedar mampir berbagi, sepengetahuan saya ngajarin nuri ngomong sama dengan ngajarin paruh bengkok lainnya, sudah banyak dibahas di thread2 sebelumnya.
    sering diucapin berulang2 ke doi, dimulai dari kata2 yang pendek aja dulu dan kontinyu.

    Tapi tidak ada jaminan bahwa semua paruh bengkok bisa ngomong, tergantung juga kecerdasan si doi. Pengalaman saya, ngajarin nuri irian ngomong "PAGI PAK..." beberapa bulan baru doi bisa ngucapin. Tapi saya ngajarin kakatua triton "HALLO KIKO" gak nyantol2 juga, cuma nadanya sedikit nyantol tapi bunyinya bukan "hallo kiko", tapi "kikuuk.."

    Comment


    • #3
      Originally posted by La Seta View Post
      saya bukan sesepuh, bukan juga momod...:-)
      sekedar mampir berbagi, sepengetahuan saya ngajarin nuri ngomong sama dengan ngajarin paruh bengkok lainnya, sudah banyak dibahas di thread2 sebelumnya.
      sering diucapin berulang2 ke doi, dimulai dari kata2 yang pendek aja dulu dan kontinyu.

      Tapi tidak ada jaminan bahwa semua paruh bengkok bisa ngomong, tergantung juga kecerdasan si doi. Pengalaman saya, ngajarin nuri irian ngomong "PAGI PAK..." beberapa bulan baru doi bisa ngucapin. Tapi saya ngajarin kakatua triton "HALLO KIKO" gak nyantol2 juga, cuma nadanya sedikit nyantol tapi bunyinya bukan "hallo kiko", tapi "kikuuk.."
      setuju um... semuanya balik lagi ke kecerdasan burung dan seberapa rajin dan tepat waktunya kita ngajarin...maaf sy hanya ngomongin pengalaman ngajarin momongan sy dulu, nuri kepala hitam.

      para sesepuh ditunggu sharenya..
      be a better one

      Comment


      • #4
        bantu dikit om, jadi inget dulu pas msh main paruh bengkok (kaka tua medium), kl saya sih dulu biasa ngajarinnya pagi2 selesai di mandiin trs jemur sampe kering tapi jangan di kasih makanan dulu, pas udh kering bulunya baru deh diajarin kata per kata, tapi satu kata dulu misal PAGI, ya selama 2 minggu diajarinnya kata itu terus, selama ngajarin nada atau intonasi kata yang kita mau ajarin harus jelas, dan setelah kita mengucapkan beberapakali kata tsb di dekat burung kasih dia sedikit reward berupa makanan yang dia suka sedikit, terus kita ulang lagi kata tsb setelah itu beri lagi makanan, saya biasa melakukannya berulang hingga 2 jam per hari, alhamdulillah seminggu udh bisa ngomong jelas, o iya tergantung juga sama jenis parrotnya om kl dari jenis lokal dari kaka tua, kaka tua lesser lebih pinter dan cepet menirukan suara menurut saya, kalo dari nuri lokal, ya nuri irian kepala hitam papua juga jago, kl rainbow saya baru ngajarin sampe trick2 doang

        ---------- Post added at 02:01 PM ---------- Previous post was at 02:00 PM ----------

        bantu dikit om, jadi inget dulu pas msh main paruh bengkok, kl saya sih dulu biasa ngajarinnya pagi2 selesai di mandiin trs jemur sampe kering tapi jangan di kasih makanan dulu, pas udh kering bulunya baru deh diajarin kata per kata, tapi satu kata dulu misal PAGI, ya selama 2 minggu diajarinnya kata itu terus, selama ngajarin nada atau intonasi kata yang kita mau ajarin harus jelas, dan setelah kita mengucapkan beberapakali kata tsb di dekat burung kasih dia sedikit reward berupa makanan yang dia suka sedikit, terus kita ulang lagi kata tsb setelah itu beri lagi makanan, saya biasa melakukannya berulang hingga 2 jam per hari, alhamdulillah seminggu udh bisa ngomong jelas, o iya tergantung juga sama jenis parrotnya om kl dari jenis lokal dari kaka tua, kaka tua lesser lebih pinter dan cepet menirukan suara menurut saya, kalo dari nuri lokal, ya nuri irian kepala hitam papua juga jago, kl rainbow saya baru ngajarin sampe trick2 doang

        Comment

        Working...
        X