Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tips Memilih Merpati (was : Merpati oh Merpati)

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • dian_76
    replied
    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    waduh alamat nya kurang paham saya (padahal masih saudara)...ke kantor nya aja CPM guntur di jakarta om....namanya Maryono dari desa ambal kab kebumen....bilang aja temen nya saya....(nama saya di panggil ama om saya itu DIDIT anak nya toko sumber waras) gt om ,kalau udah ketemu dia om sms saya biar saya call nanti...masalah hibah gak tau om hehehehe
    oke om coba nanti tak sambangi kantornya
    tks ya om

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    Originally posted by dian_76 View Post
    wah boleh tau alamat jelas yg di jakarta CPM Guntur Maryono ndak om ?
    kale ajah dapat hibahan [-0< [-0< [-0< .... mumpung mau maen merpati lage nich om
    waduh alamat nya kurang paham saya (padahal masih saudara)...ke kantor nya aja CPM guntur di jakarta om....namanya Maryono dari desa ambal kab kebumen....bilang aja temen nya saya....(nama saya di panggil ama om saya itu DIDIT anak nya toko sumber waras) gt om ,kalau udah ketemu dia om sms saya biar saya call nanti...masalah hibah gak tau om hehehehe

    Leave a comment:


  • dian_76
    replied
    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    doro ku di jakarta semua om...di rumah habis....di jakarta bisa cari CPM Guntur Maryono << burun saya disana....cari trah arjuna dan bima saya.....kalau gak salah sih udah pada bosen ngelawan nya...

    (gak ada di rumah,ya biasa maen merpat ujung2 nya berantem hehehehehe,bini ama babe yg ngemuk2 ke saya)
    wah boleh tau alamat jelas yg di jakarta CPM Guntur Maryono ndak om ?
    kale ajah dapat hibahan [-0< [-0< [-0< .... mumpung mau maen merpati lage nich om
    Last edited by dian_76; 24 September 2010, 10:03 PM.

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    Originally posted by tjondro75 View Post
    Wah kalo yang ini nguyahi segoro.......piye kabare lek aris
    jatah doroku koq rung teko2...
    doro ku di jakarta semua om...di rumah habis....di jakarta bisa cari CPM Guntur Maryono << burun saya disana....cari trah arjuna dan bima saya.....kalau gak salah sih udah pada bosen ngelawan nya...

    (gak ada di rumah,ya biasa maen merpat ujung2 nya berantem hehehehehe,bini ama babe yg ngemuk2 ke saya)

    Leave a comment:


  • tjondro75
    replied
    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    om kalau memilih merpati itu pandai atau enggak gimana om???
    Wah kalo yang ini nguyahi segoro.......piye kabare lek aris
    jatah doroku koq rung teko2...

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    Originally posted by tjondro75 View Post
    Pertanyaan bagus.....
    memang iya kadang2 indukanya bagus tapi anakanya ga seperti yg di harapkan...
    ini bisa saja terjadi mas apabila asupan gisi untuk indukanya kurang dan bisa jadi karena pola rawatan terlebih lagi salah dalam pelatihan jangankan burung bagus burung juara aja kalo latihanya salah akan berdampak pada kinerjanya.............
    Liat sejarahnya Leonard pindah berapa tangan sampai2 ada salah satu pembeli yang memboyong perawatnya juga karena kebiasaan latihanya.......


    maaf kalo salah maklum pemula..
    om kalau memilih merpati itu pandai atau enggak gimana om???

    Leave a comment:


  • tjondro75
    replied
    Originally posted by dian_76 View Post
    gimana om klao qt tau trahnya bagus tapi anakannya tdk sesuai dng kriteria di atas ..?
    maaf klao kurang berkenan ..





    salam mania andokan
    Pertanyaan bagus.....
    memang iya kadang2 indukanya bagus tapi anakanya ga seperti yg di harapkan...
    ini bisa saja terjadi mas apabila asupan gisi untuk indukanya kurang dan bisa jadi karena pola rawatan terlebih lagi salah dalam pelatihan jangankan burung bagus burung juara aja kalo latihanya salah akan berdampak pada kinerjanya.............
    Liat sejarahnya Leonard pindah berapa tangan sampai2 ada salah satu pembeli yang memboyong perawatnya juga karena kebiasaan latihanya.......


    maaf kalo salah maklum pemula..

    Leave a comment:


  • candravebro
    replied
    Saya suka merpati saat masih sekolah dasar..
    umur 22an saya mulai mengenal bah gentong (alm), seorang raja merpati (YK-Muntilan), pada masanya beliau sering diminta pendapat oleh pakar2 merpati yang baru beli momongan baru. Beliau mengajarkan kepada saya tentang bagaiman memilih merpati yang bagus. Beliau mengatakan "Pilihlah merpati yang saat dipegang, bulat penuh dibagian brutu yang dirasakan oleh ibu jari dan telunjuk kita." Beliau juga mengatakan "Belilah merpati pada orang yang iseng2 aja memelihara merpati di daerah/tempat merpati2 berkelas diadu" Bener juga om-om sekalian... kalo brutu (pantat merpati) penuh bulat...siapa yang gak suka..??? kalo beli ditempat ini pasti harga murah, dan ada kalanya si penjual pernah kedatangan burung bagus (bisa saja dia gak atu kalo itu burung bagus) dan sudah bosen atau anakan-anakannya yang belom dilatih/dilatih seadanya, pasti tidak terlihat istimewanya paling2 dia cuma bilang ini burung terbang kenceng/tinggi/turunya bagus..tapi tidak tau harga burung seperti itu bisa mencapai harga berapa..? betull...? Hehehe... Monggo dilanjut ... Sekarang saya pasif dalam merpati mungkin nanti bisa kambuh entah kapan.. Salam KM..

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    yang paling cepat tips nya adalah..bawa uang banyak...liat langsung di lap waktu uji coba.....dan bayar

    jamin dapat bagus...hehehehe

    Leave a comment:


  • LeoN0211
    replied
    yg pasti tuk cari anakan yg bagus,indukannya jg bagus baik jantan ato betinanya...

    Leave a comment:


  • mb@ceh
    replied
    coba jawab ya bro dian..
    trah bagus tapi anaknya tak sesuai kriteria?
    *klo menurut saya, ternak merpati perlu kejelian maksimal, kedua indukan dari galur trah bagus tapi terkadang hasilnya kurang dari apa yg diinginkan, hal ini ada beberapa penyebab :
    1. tidak cocoknya/bertolak belakang karakter kedua indukan : jantan=memiliki tulangan yg keras, pegangan keras dijodohkan dengan betina tulangan halus, pegangan ngapas akan menghasilkan anakan yg ngk sesuai kriteria (ngk keras/ngk halus (gaya turun ngk masksimal, stut lemah dsb) padahal kedua indukan bagus.
    2. jantan warna hitam X betina warna megan...dari segi warna juga berpengaruh..karena masing2 warna memiliki struktur tulangan yg berbeda..menghasilkan jika keluar hitam tapi pegangan terlalu keras..juga ngk bagus,,,jika menghasilkan megan..pegangan ngapas juga kurang ok

    dan masih banyak yg lain om..mungkin yg lain bisa menjelaskannya..
    salam bekur

    Leave a comment:


  • dian_76
    replied
    Originally posted by mb@ceh View Post
    salam km semua.,,
    aku cuma sedikit tau tentang merpati, dan kebetulan dulu pengila berat merpati hingga akhirnya beralih ke burung ocehan heheh maklum lahannya susah sekarang, ditambah masyarakat yg kuatir akan flu burung hingg edaran dari gubernur sampai rt turun tuk tidak memelihara merpati dilingkungan tinggal heheheh sedihhh dehhh...

    mungkin ini bisa digunakan para pemula sebagai acuan memilih burung yg baik

    ciri-ciri merpati tinggian :
    1.bulu pilih yg kering ditandai klo dipegang berbunyi kemerisik.ini penting hal pertama yg kita perhatikan.
    2. sayap bulu kering berbatang kokoh dan klo kita buka rapat dan kuwung agak melengkung
    3 bentuk kepala biasanya memiliki bentuk kepala agak jenong/seperti buah jambe bisanya burung turun atas kepala, klo runcing atau nyelurut...lebih cenderung lari/ mersot
    4. bentuk paruh merit, ramping jangan terlalu tebal.(biasanya memiliki sifat jelek ngk mau metil/mutus),kering
    5. bentuk hidung/kecil sedang jangan terlalu besar, kering jangan yg basah/merah dan lubang hidungg tipis segaris, biasanya nafasnya kuat.
    6. mata burung dara banyak ragamnya dari mata kuning, coklat, putih, liplah, reng-reng, perlu kejelian dalam memilihnya..cari yg pupil nya ngk putus ,,bisa dilihat di dekatkan lampu pupil akan terlihat membesar dan mengecil serata garis pupil ngk putus dengan lingkarang putihnya.jangan yg buyar/brantakan hitamnya.
    7. leher pilih yg sedang jangan terlalu panjang, pangkal leher kokoh dan besar.
    8. Bahu besar rapat klo kita masukan jari kita dia tertutup kencang, dada besar dan membusung.
    9. paha klo kita pegang terasa daging pahanya bergerak2 aktif dan burungg begitu mantappp gejolan2nya.
    10. supit urang pilih yg keras dan jangan teralu rapat dan lembek, maksimal ada celah 0,5 cm.
    11.kaki pilih yg keringg tandanya seperti busikan ehheheh dan jangan terlalu jangkung klo bisa yg pendek.
    12. kuku pilih yg sewarna
    13. ekor pilih yg kokoh dan tulang bulu tebal, rapat, dan klo dipegang posisi tunduk kebawah.

    klo ada tambahan atau kekurangan yg salahhhh dibetulkan ya
    gimana om klao qt tau trahnya bagus tapi anakannya tdk sesuai dng kriteria di atas ..?
    maaf klao kurang berkenan ..





    salam mania andokan

    Leave a comment:


  • kuy2marukuy
    replied
    klo pedoman saya milih merpati intinya di tulang supit urang, pilih yang tebal dan keras untuk jarakya kiri&kanan selebar jari telunjuk, untuk sayap yang penting rapat, mau ujungnya lancip/bulan sama saja burung masih mw terbang tinngi,, yang harus di perhatikan bulu sayap paling ujung klo tulang sayapnya lurus dan lebarnya kecil itu biasanya untuk merpati balap, klo untuk tinggian yang tulang sayapnya belengkung,,untuk menebak ketinggian terbang si burung biasanya saya raba tulang sayapnya ( klo di manusia sikutnya ) kan ada tonjolanya klo tonjolannya tidak begitu menonjol cenderung agak datar biasanya burung terbang tinggi....

    Leave a comment:


  • cobain
    replied
    hehehehee,,,,,,,,,,,,,para jagoan bersatu dan berkompetisi

    Leave a comment:


  • tjondro75
    replied
    wah ternyata pengalaman temen2 memilih merpati jago2 ya.......

    Leave a comment:

Working...
X