Announcement

Collapse
No announcement yet.

Tips Memilih Merpati (was : Merpati oh Merpati)

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • mahardikabf
    replied
    Bagaimana dgn tipe body bila di pengang dan di lihat dr depan,,,
    1. Tipe bulat penuh spt botol.
    2. Tipe elips (ceper)
    3. Tipe agak segitiga (glantong) ????
    Masing. masing punya kelebihan dan kekurangan........salam andokan

    Leave a comment:


  • LeoN0211
    replied
    Ciri khas Fisik (Katuranggan) merpati balap Tinggian yang baik :

    1. Paruh, pilih yang ukurannya kecil atau yang sedang dan tidak terlalu panjang , mudahnya seperti paruh puter tetapi lebih pendek.

    2. Hidung, pilih yang puil hidungnya sedangl, lubang sedang dan bersih , ini diyakni terbangnya tinggi dan nafasnya panjang.

    3. Kepala ukurannya sedang sampai agak dan jenong ,tidak aerodinamis , ini diayakini punya sifat akrobatik yang handal dan turun dengan cepat

    4. Mata, pilih mata yang tajam dan kecil serta pilih mata pupil bulat kecil hitam legam dan tidak pecah, warna mata diluar pupil harus bersih dan terang, warna kuning atau kuning campur merah atau minimal 3 warna yang ini diyakini punya idra yangan tajam & mental petarung yang handal, sangat tidak dianjurkan memilih warna hitam. Dan juga pupil mata hitam harus bisa ZOOM mebesar dan mengecil/ kedap-kedip untuk melihat jauh dan dekat, pupil mata yang kecil penglihatnnya lebih tajam bila dbandingkan dengan pupil mata yang besar. Contoh gampangnya lihat piyikan matanya belum terang dan pupil matanya masih besar , piyikan seperti ini matanya belum tajam.

    5. Leher, pilih leher yang sedang dan saat dipegang terasa kencang /kuat , ini shootingnya kencang, jangan pilih yang panjang karena biasanya terbangnya tengok kanan tengok kiri alias kurang fokus.

    6. Dada, membusung tegap dan gagah (njantung ) dengan tulang keras tetapi otot/daging –nya tebal & kenyal tapi lembut warna coklat kemerah-merahan dan kulitnya tipis bersih dan saat berdiri kelihatan gagah.

    7. Bulu sayap tebal,terasa halus saat dipegang, dibuka rajin , rapat dan panjang serta lentur dengan ujung sayap agak meruncing, tulang bulu keras , bulu kering tetapi seperti ada lapisan lilin dan tidak rusak. Daging/otot lengan sayap agak tebal dan lentur / kenyal.

    8. Badan, Ukuran sedang, bulat berisi dipegang enak terasa lentur seperti bola karet, dengan daging otot memenuhi badan dari dada sampai belakang, daging empuk tapi kenyal & gemuk hingga daging menonjol, dengan berat sedang tidak terlalu ringan seperti kapas tapi badan sehat dan tidak kurus atau sakit. Biasanya merpati yang sudah terlatih bila dipegang bulunya terasa halus mimpes (kempes) seperti kapas.

    9. Tulang dada, pilih tulang dada yang sedang hingga mendekati anus, merpati yang memiliki tulang dada pendek rata-rata terbangnya tinggi, jarak antara tulang dada bagian belakang dan tulang supit udang harus pendek

    10. Tulang Supit udang diatas dubur, harus yang keras & kokoh, tebal dan agak renggang kurang lebig 1/2 cm. Jangan yang tipis dan lentur atau yang rapat, yang seperti ini tembakannya kencang.

    11. Kaki, pilih warna kaki yang merah merona dengan sisik yang kering dan bersih, kuku sedang dan bersih.

    12. Brutu (tempat tumbuh bulu ekor), harus besar rapat dan kokoh, merpati yang memiliki brutu seperti ini sprintnya sangat kencang.

    13. Ekor, bulu ekor harus tebal dan rapat serta kokoh tetapi lentur, ukuran panjang sedang porposional dan saat dipegang ekornya turun kebawah, ekor kebawah ini menandakan burung merpati biasa terbang naik keatas untuk mencapai ketinggian yang ideak.

    14. Perut ( antara tulang Supit udang dan tulang dada bagian belakang) pilih yang jaraknya lebih rapat kurang dari 2 jari , diraba berisi & lentur, jangan yang tidak berisi alias tepos.Perhatikan foto Piyik lar 5 diatas secara katuranggan mendekati Sempurna ( bisa untuk tinggian atau balapan rendah) dan tentu jika melatihnya tepat pasti jadinya akan istimewa.

    Demikian tip dari Merpati Balap Tinggian kali ini semoga bermanfaat.

    Secara Umum merpati balap yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    1. Bagian Kepala dan Leher:
    Paruh yang Pendek,lurus, kuat, dan ujungnya sedikit melengkung menandakan keket atau giringnya bagus.
    Mata jernih dengan biji mata bulat penuh (tidak terlihat pecah) dan kecil menandakan kemampuannya cukup baik untuk melihat dengan jelas dari kejauhan.
    Kepala yang proposional dan cukup besar menandakan isi otaknya besar (cerdas).
    Lehernya yang cukup dan tidak terlalu panjang dan besar, tetapi tetap proposional dapat menjaga posisi terbang terhadap udara agar tetap streamline.
    2. Bagian Badan, Kaki dan ekor:
    Pundak tegap dan kokoh sebagai tempat menempelnya sayap
    Otot sayap yang cukup tebal menandakan kekuatannya mengepakkan sayapnya maksimal sehingga diperoleh jangkauan yang jauh dalam sekali kepak. Bulu-bulu sayap rapi, tebal, panjang, lebar, dan rapat menandakan bahwa merpati dapat mencapai jarak jauh dalam sekali kepakan karena sedikit udara yang lepas. Bulu sayap primer biasanya terdiri dari 10 bulu, tetapi kadang ditemukan merpati dengan bulu sayap primer 11 bulu pada salah satu atau kedua sayapnya. Keadaan ini dapat menambah kerapatan bulu sayap.
    Kaki proposional dengan jari yang kecil dan panjang untuk mengarahkan angin kebelakang setelah melewati dada pada saat terbang
    Tumpukan bulu pada bokong tebal dan tulang pubis cukup keras sehingga kekompakan otot untuk mencapai kecepatan akhir yang maksimal dapat terjamin.
    3. Ciri-ciri lain:
    Bulu halus, kering, dan berlapis lilin untuk mengurangi hamabatan dan mencegah tersimpannya air dari udara yang dapat mengurangi kecepatan burung karena bertambahnya berat badan.
    Tulang dada sedikit melengkung untuk mengurangi hamabatan angin.



    ciri fisik merpati balap yang bagus, kami coba jawab melalui artikel berikut:

    Kita mulai dari paruh merpati balap yang baik tentunya ada beberapa model, ada yang berbentuk seperti burung pipit (finch), ada yang berbentuk seperti elang tipis dan tajam pada dasarnya harus serasi dan seimbang dengan besar kepalanya sehingga mengurangi friksi saat terbang. Kemudian bentuk kepala ada yang berbentuk pinang dibelah (nyigar jambe), ada yang mengerucut menuju paruh sehingga sangat aerodinamis tergantung selera si pemilik merpati balap tetapi kalau terlalu jenong seperti ikan louhan tentunya sangat menambah gesekan dan mengurangi kecepatan.
    Kemudian mata idealnya bening dan tajam seperti mata elang, warna mata beragam ada yang kuning, putih sebaiknya yang ber lis merah, kuning kemerahan tergantung selera pemilik.
    Leher seekor merpati balap harus proporsional artinya tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang sehingga tidak menambah gesekan diudara.kemudian dada idealnya segitiga,njantung seperti atlet. Sayap tebal, menutup rapat dikanan kiri badan sehingga diharapkan kepakan penuh dan menutupnya sangat rapat hingga sekali kepak sudah jauh. Selanjutnya bagian bulu jawat/ lar 10 harus kering dan berlidi tebal, sehingga kuat untuk mengepak sementara bulu di badan halus dan nyutra(selembut sutra) warna bulu ada yang coklat(gambir), hitam, tritis , kelabu, kombinasi selap, tetapi pada umumnya kelabu lebih disukai sekali lagi selera masing2 pemilik. Kemudian daging sebaiknya lentur/ empuk, dan bagian supit/wangkong tajam dan keras keduanya berjarak se-jari kelingking, ekor tebal dan tidak terlalu panjang.kemudian bagian kaki idealnya kekar,kering dan tidak terlalu panjang tentunya hal hal tsb hanya sebagai patokan yang lebih penting kondisi dilapangan.
    Sekian semoga bermanfaat bagi para penggemar merpati balap sekalian, salam…..


    NB: dari web tetangga
    Last edited by LeoN0211; 5 February 2010, 12:26 PM.

    Leave a comment:


  • mb@ceh
    replied
    permainan yg sangat bikin ketergantungan...ya salah satunya burung dara ini, dan klo lomba kita bisa dag..dig dug jantunggg mengharapkan jagoan menang hehheheh...

    ada beberapa kriteria sifat burung dara yg kadang ngk sesuai dengan rabaan :
    1. burung selap...klo kita menemukan burung selap ..baik selap disayap, ekor dan bagian tertentuu diusakan cari yg seimbang atau istilahnya tembus..misalnya selap sayap sebelah kiri..usahakan yg kanan ada selapnya juga, atau ada bulu terselip beda di kepala..usahakan ada bulu yg terselip disekitar punggung atau bagian yg lainn....biasanya burung yg mempunya selap tidak seimbang memiliki sifat yg angin2an ngk bisa diandalkan, kadang menang dan kadang kalah.
    2. mata rengreng.....separuhh beda warna...inipun mempunyai sifat yang sama angin2an...tapi memiliki kecerdasan yg tinggi
    3. warna kuku yg berbeda....cari burung yg memiliki kuku sama...putihhh semua atau hitam semua...jika ada salah satu yg beda biasanya memiliki sifat angin2an.
    4. bentuk kepala yg terlalu ceper...bagian atas kepala dengan mata tipis...burung susah diandalkan
    5. mata sumberan...atau keluar air/busa saat siang hari....burung terbatas aja walau banter tapi susah diandalkan ngk kuat panas.
    6. alis basah/merah basahh.....burung ngk bisa metil/ mutus...klo gandengan renggang baru dia bisa.

    memang sihh ada juga burung kriteria diatas yg jadi jawara..ini hanya sekedar pengamatan saja...

    yg jelas klo mau cari burung baik dan prestasi.....lihat indukannya....80% ngk melesett dehhh kecuali indukan wanitanya selingkuhhh ma burung babuan..wakakkakaka

    Leave a comment:


  • d3ndy
    replied
    Thx infonya om...

    Leave a comment:


  • Rezki
    replied
    info yg bermanfaat om,,, terima kasih

    Leave a comment:


  • mb@ceh
    replied
    memilih merpati

    salam km semua.,,
    aku cuma sedikit tau tentang merpati, dan kebetulan dulu pengila berat merpati hingga akhirnya beralih ke burung ocehan heheh maklum lahannya susah sekarang, ditambah masyarakat yg kuatir akan flu burung hingg edaran dari gubernur sampai rt turun tuk tidak memelihara merpati dilingkungan tinggal heheheh sedihhh dehhh...

    mungkin ini bisa digunakan para pemula sebagai acuan memilih burung yg baik

    ciri-ciri merpati tinggian :
    1.bulu pilih yg kering ditandai klo dipegang berbunyi kemerisik.ini penting hal pertama yg kita perhatikan.
    2. sayap bulu kering berbatang kokoh dan klo kita buka rapat dan kuwung agak melengkung
    3 bentuk kepala biasanya memiliki bentuk kepala agak jenong/seperti buah jambe bisanya burung turun atas kepala, klo runcing atau nyelurut...lebih cenderung lari/ mersot
    4. bentuk paruh merit, ramping jangan terlalu tebal.(biasanya memiliki sifat jelek ngk mau metil/mutus),kering
    5. bentuk hidung/kecil sedang jangan terlalu besar, kering jangan yg basah/merah dan lubang hidungg tipis segaris, biasanya nafasnya kuat.
    6. mata burung dara banyak ragamnya dari mata kuning, coklat, putih, liplah, reng-reng, perlu kejelian dalam memilihnya..cari yg pupil nya ngk putus ,,bisa dilihat di dekatkan lampu pupil akan terlihat membesar dan mengecil serata garis pupil ngk putus dengan lingkarang putihnya.jangan yg buyar/brantakan hitamnya.
    7. leher pilih yg sedang jangan terlalu panjang, pangkal leher kokoh dan besar.
    8. Bahu besar rapat klo kita masukan jari kita dia tertutup kencang, dada besar dan membusung.
    9. paha klo kita pegang terasa daging pahanya bergerak2 aktif dan burungg begitu mantappp gejolan2nya.
    10. supit urang pilih yg keras dan jangan teralu rapat dan lembek, maksimal ada celah 0,5 cm.
    11.kaki pilih yg keringg tandanya seperti busikan ehheheh dan jangan terlalu jangkung klo bisa yg pendek.
    12. kuku pilih yg sewarna
    13. ekor pilih yg kokoh dan tulang bulu tebal, rapat, dan klo dipegang posisi tunduk kebawah.

    klo ada tambahan atau kekurangan yg salahhhh dibetulkan ya

    Leave a comment:


  • LeoN0211
    replied
    TIPS MEMILIH MERPATI TINGGI & MITOSNYA
    Saya sebagai salah satu penggemar merpati khusus nya tinggian akan mencoba mengurai tentang cara2 memilih merpati tinggi yg mungkin dapat di jadikan sebuah patokan...dan mungkin apabila meleset mohon maaf,karena tips ini didasarkan dari menggerayang burung tersebut,dan di luar kemungkinan geranyangan tersebut meleset....kalau ingin pasti nya harus mencoba dan melihat sendiri kerja merpati tinggi tersebut.

    cara memilih :
    1. lihat katuranggan burung sebelum memegang karena kalau di lihat sudah gak karu2 an bentuk nya mending jangan karena biasanya burung tersebut tidak seperti harapan.
    untuk bulu:
    1 harus kering
    2.harus tebal
    3.ujung bulu di usahakan jangan yg lancip2 agak bulat..karena kalau lancip biasanya tidak terbang tinggi
    4.unjung bulu pada sayap di usahakan panjang nya sampai ke ujung ekor,kalau selisih jauh dari ekor biasanya tidak mau tinggi dan cenderung lari.
    untuk mata:
    1.usahakan yg bening dan bersih
    2.jangan cari mata yg melotot keluar dari plupukan mata
    3.jangan cari mata yg plupukannya merah membara
    4. kalau matanya seperti mlobor/memudar harus di imbangi dengan warna burung yg mblobor pula
    5.cari yg hitam2 pada mata merespon sinar nya cepat (besar kecil)
    untuk bodi:
    1.usahakan untuk merpati tinggi jangan terlalu besar (seperti kapal)
    2.rata2 untuk merpati tinggi yg mau turun atas kepala bentuk nya seperti jantung..dada besar rapet burung tidak panjang.
    3. untuk pegangan body harus rata sampai kebelakang (penuh)
    4.pegangan jangan cari yg empuk ngaret atau empuk seperti kapas.
    untuk paruh:
    1.cari yg tipis
    2.cari yg kering
    3. cari yg jangan terlalu panjang
    4.cari yg se warna
    untuk supit:
    1. cari jangan yg terlalu rapat dan terlalu renggang
    2. jangan yg putus atau patah

    itu pedoman saya untuk merpati tinggian..alangkah kah bagus nya apabila kita bermain merpati mendapat kan merpati jenis rambon tiga (rambon malang),yaitu silangan antara merpati jawa tulen,merpati balap,dan merpati pos..wah kalau pas ngecross nya hebat itu...
    tenaga di ambil dari pos
    tinggi dan jujur nya di ambil dari merpati jawa
    kecepatan di ambil dari merpati balap.


    Untuk mitos2 merpati tinggi ada beberapa hal:

    1. Merpati warna hitam dengan paruh putih..
    - menurut mitos ini merpati tidak bakal bisa jadi....dan dari kakek saya.papah saya,paman saya dan saya sendiri..ini merpati tidak bakal jadi untuk tinggian karena mentak dan sifat nya jelek sekali

    2. Merpati Gendong mayit ( ada warna putih di punggung tapi tidak tembus ke ekor atau kepala )
    - banyak yg bilang juga tdak jadi...tapi kalau yg ini saya tidak percaya 100% karena saya mencoba beberapa gendong mayit ada yg jadi.

    3. Merpati mempunyai ekor panjing (cabang)
    - banyak yg bilang merpati jenis ini suka mendapat bandangan (merpati datang sendiri)..saya membuktikan memang iya..apalagi anakan sendiri..

    4. Merpati dengan garis mata merah membara ( jawa timuran )
    - banyak yg bilang kurang cerdas,sering lihat keperan betina turun ...survey saya membuktikan memang iya...kalau pelihara jenis ini siap2 aja uang banyak untuk nebus

    5. Merpati sabet ( bulu sayap beda warna di ujung..dan cuman satu kanan saja atau kiri saya)
    - banyak yg bilang ini burung untuk tinggian tidak bakal jadi...menurut saya tidak begitu karena saya punya sabet yg istimewa...tetapi bisanya kalau sabet,merpati nya mau jadi ya jadi sekalian kalau tidak ya jadi sampah.

    6. Merpati selap ganjil ( bulu sayap di tengah2 berwarna lain,di kiri saja atau di kanan saja)
    - banyak yg bilang ini burung susah di latih dan suka clap clup ..hinggap seenak nya....menurut saya tidak semuanya begitu

    7. Merpati mata cilau air,cilau mawar (merpati bermata putih)
    -banyak yg bilang tidak kuat kalau di lepas siang2 di terik matahari,menurut saya memang begitu ,dia hebat nya kalau suasana agak gelap malah matanya awas sekali

    NB:dari web sebelah...

    Leave a comment:


  • LeoN0211
    replied
    Secara Umum merpati balap yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
    1. Bagian Kepala dan Leher:
    Paruh yang Pendek,lurus, kuat, dan ujungnya sedikit melengkung menandakan keket atau giringnya bagus.
    Mata jernih dengan biji mata bulat penuh (tidak terlihat pecah) dan kecil menandakan kemampuannya cukup baik untuk melihat dengan jelas dari kejauhan.
    Kepala yang proposional dan cukup besar menandakan isi otaknya besar (cerdas).
    Lehernya yang cukup dan tidak terlalu panjang dan besar, tetapi tetap proposional dapat menjaga posisi terbang terhadap udara agar tetap streamline.
    2. Bagian Badan, Kaki dan ekor:
    Pundak tegap dan kokoh sebagai tempat menempelnya sayap
    Otot sayap yang cukup tebal menandakan kekuatannya mengepakkan sayapnya maksimal sehingga diperoleh jangkauan yang jauh dalam sekali kepak. Bulu-bulu sayap rapi, tebal, panjang, lebar, dan rapat menandakan bahwa merpati dapat mencapai jarak jauh dalam sekali kepakan karena sedikit udara yang lepas. Bulu sayap primer biasanya terdiri dari 10 bulu, tetapi kadang ditemukan merpati dengan bulu sayap primer 11 bulu pada salah satu atau kedua sayapnya. Keadaan ini dapat menambah kerapatan bulu sayap.
    Kaki proposional dengan jari yang kecil dan panjang untuk mengarahkan angin kebelakang setelah melewati dada pada saat terbang
    Tumpukan bulu pada bokong tebal dan tulang pubis cukup keras sehingga kekompakan otot untuk mencapai kecepatan akhir yang maksimal dapat terjamin.
    3. Ciri-ciri lain:
    Bulu halus, kering, dan berlapis lilin untuk mengurangi hamabatan dan mencegah tersimpannya air dari udara yang dapat mengurangi kecepatan burung karena bertambahnya berat badan.
    Tulang dada sedikit melengkung untuk mengurangi hamabatan angin.

    NB:dari web sebelah
    Last edited by LeoN0211; 2 February 2010, 12:37 PM.

    Leave a comment:


  • fauzan_zhd
    replied
    Originally posted by Abil View Post
    >>mata haruslah bening,hitamnya tidak pecah,tapi bukan berarti yang hitamnya pecah akan rabun,tetap ada juga yang matanya jelek tapi burung tetap bagus>>KETURUNAN
    >>sayap seimbang akan lebih ke kejujuran burung/tidak nakal,ora njepatan/mentalnya bagus
    bahu tebal/ketiak tebal
    sayap>>
    sayap yang panjang>dari yg saya tahu akan cenderung turun dengan mengepakan sayap/lari
    sayap yang pas/sedang>akan cenderung turun dengan mengapitkan sayap dan sesekali mengepakan sayap
    Yup setuju, untuk yang awam susah bedain mana yang pecah karena keturunan sama yang pecah memang rabun, saya juga pernah punya yang matanya pecah karena memang keturunan dan burungnya tetep bagus.

    Leave a comment:


  • LeoN0211
    replied
    dari kriteria tsb tuk warna ane lebih prefer warna kelabu(macam2),blorok n coklat..pasti mantap terbang tinggi...turun nancep..(pengalaman)
    NB:ane skr ad 4 pasang (3 psg kelabu) + 1 psg coklat,blorok blm ktmu yg bgs
    Last edited by LeoN0211; 2 February 2010, 12:42 PM.

    Leave a comment:


  • Abil
    replied
    1. untuk mata cari jangan yang pecah bulatan hitamnya. recomended mata pilo api, mata jagung terakhir mata jawa. Usahain jangan mata pilo air
    >>mata haruslah bening,hitamnya tidak pecah,tapi bukan berarti yang hitamnya pecah akan rabun,tetap ada juga yang matanya jelek tapi burung tetap bagus>>KETURUNAN
    2. untuk yang warna sayapnya selap sebaiknya harus di perhatiin (seimbang nggak kedua sisinya) misalnya sayap kanannya ada lima warna selapnya sayap kirinya juga mesti dihitung ada berapa.
    >>sayap seimbang akan lebih ke kejujuran burung/tidak nakal,ora njepatan/mentalnya bagus
    bahu tebal/ketiak tebal
    sayap>>
    sayap yang panjang>dari yg saya tahu akan cenderung turun dengan mengepakan sayap/lari
    sayap yang pas/sedang>akan cenderung turun dengan mengapitkan sayap dan sesekali mengepakan sayap

    Leave a comment:


  • fauzan_zhd
    replied
    Originally posted by dany murbat View Post
    Tambahan om, pangkal sayag (ketiak) tebal... dipercaya kepak sayap waktu terbang satu persatu atw tidak sering mengepakan sayap waktu terbang. Dan lagi sayap dg ciri tsb, sangat cepat terbangnya dan tinggi waktu terbang.
    Yup betul om, ini bisa dari faktor latihan juga sebenernya, ibarat kita sering olahraga berarti tuh merpati sering terbang. wakakakakak

    Leave a comment:


  • dany murbat
    replied
    Tambahan om, pangkal sayag (ketiak) tebal... dipercaya kepak sayap waktu terbang satu persatu atw tidak sering mengepakan sayap waktu terbang. Dan lagi sayap dg ciri tsb, sangat cepat terbangnya dan tinggi waktu terbang.

    Leave a comment:


  • Mustika Areffa
    replied
    kayaknya ini tips utk memilih merpati tinggi yo om.

    Leave a comment:


  • fauzan_zhd
    replied
    Mantap, saya tambahin ya om, versi saya.
    1. untuk mata cari jangan yang pecah bulatan hitamnya. recomended mata pilo api, mata jagung terakhir mata jawa. Usahain jangan mata pilo air
    2. untuk yang warna sayapnya selap sebaiknya harus di perhatiin (seimbang nggak kedua sisinya) misalnya sayap kanannya ada lima warna selapnya sayap kirinya juga mesti dihitung ada berapa.
    3. Warna yang bagus yang pernah saya punya, Hitam, Coklat, Coklat batik, Tritis, Blorok Mansen, Megan (cuman rata2 playboy)
    4. Jenis yang bagus Merpati Sungut, asli keren, terbangnya nitik di langit, burung pulangan, setia sama pasangan.

    Yang saya selalu perhatikan patokan pertama kali ketika memilih merpati dari mata sama pegangan, persis yang seperti om Abil tulis di poin 9, kalau di pegangnya enak di tangan, berasa ringkes (berasa enak aja kalau di genggam di tangan), enteng (bukan berarti kurus) langsung saya beli.

    Om Abil saya ganti judulnya ya, jadi Tips memilih merpati
    Last edited by fauzan_zhd; 8 October 2010, 01:13 AM.

    Leave a comment:

Working...
X