Announcement

Collapse
No announcement yet.

Dari mana kita belajar....

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Dari mana kita belajar....

    Mas2 coba kita tengok pengalaman sendiri yok " dari mana kita belajar mengenai merpati "

    Dari saya dulu deh....
    sekitar taon 87 an sering liat orang adu merpati tinggian.... lama2 kelamaan jadi kepengen dan akhirnya dibelikan ma ortu 2 pasang merpati kelas lamongan...ga papa yg penting happy banget biarpun terbangnya lemot yg penting masih bisa bermain.....ya tadi karena kelas lamongan sampai2 kalo mau nggaburpun burung saya tersia2kan kadang nglepasnya ga di lempar tapi di taruh dimana aja suka2 yg nglepasin nanti burungnya di "gusah" bahasa jawanya trus terbang pulang sendiri...saya kaget setelah burung kelas lamongan saya beranak pinak justru anakanya itu jadi buruan pemain merpati ( ga nyangka aja keturunanya jadi bagus2 ) waktu itu juga masih awam masalah harga kalo ada orang beli senengnya minta ampun dengan harga waktu itu 4000 rupiah sepasang...its ok yg penting bisa buat beli jagung.....lama2 kelamaan bisa nabung juga dan akhirnya mulai dari sinilah saya meningkat dari merpati kelas lamongan jadi merpati kelas pasar... beli n milih2 di pasar jadi rutinitas tiap hari minggu kegiatan tukar tambah merpati hampir berjalan cukup lama ( waktu itu smg yg rame masih pasar sendowo semarang )...lambat laun jadi terbiasa memahami katuranggan merpati dari yg burung lamongan tapi kerjanya kelas burung trah sampai burung pasar yg bisa memberikan perlawanan burung2 kelas mall............nah dari perjalanan itulah saya sadar ternyata dengan proses selama itu saya telah menuai hasilnya dapat menilai n menebak kerja burung merpati dari katurangganya ( kata orang )........n saya pernah beradu ma temen yg sama2 penggemar merpati.....suatu ketika di pasar pon ambarawa saya ajak temen memilih merpati yg bagus nanti kita latih trus kita adu merpati pilihan siapa yg paling bagus taruhanya yg kalah merpatinya di potong.......wkakakakakaaaa....kasian ya merpatinya...

    nah itulah perjalanan saya belajar menilai seekor merpati dari katuranggan...
    kalo sekarang ma asal ada duit tinggal meluncur ke peternak2 andal bisa bawa pulang burung dambaan.....

    monggo silahkan kalo ada yg berminat menceritakan perjalanan belajar tentang merpati...mungkin pengalaman kita bisa bermanfaat buat orang lain.......

    salam,
    Last edited by tjondro75; 10 April 2010, 09:43 PM.
    Seng Penting Nduwe Manuk...

  • #2
    Salam kenal y om...

    Kl saya memelihara burung merpati wkt tahun 1988, kelas 1 smp...

    Wkt itu saya beli cuma 2 pasang aja dgn hrg yg murah bgt, jk tidak salah sktr 3rb per pasang.
    Trs saya potong sayapnya supaya gk terbang kemana dan bisa jadi jinak...
    Gk bgt lama, setelah saya biasakan makan dari tangan saya, merpati itu jadi jinak dan baru saya lepaskan.
    Saya buat kandang yg lumayan tinggi, mungkn ada sktr bbrp kandang...
    Gk begitu lama, merpati saya kawin dan bertelur...
    Wkt itu senengnya minta ampun... Tiap hr lht kalender kapan menetasnya (21 hari). Stlh 21 hr, saya akan cek, apakah sudah menetas pa blm atau ada mslh dgn telur tsb.
    Dalam memelihara, saya sll biasakan untuk makan dari tangan saya spy jadi jinak dan terbiasa...

    Dalam wkt kurang lbh 2thn, merpati saya da semakin bnyk dan mungkn ada sktr 50pasang...
    Dirumah rame bgt, eeknya dimana2, ortu ngomel trs krn bau dan kotor, tp krn hobby, saya biarin aja, dan anggap sbg angin lalu aj (bkn anak durhaka loh y, hehehe).

    Disamping itu, ada tetangga yg rumahnya berjarak sktr 50m ada memelihara merpati juga tp dalam jumlah yg sedikit. Krn merpati jantan saya kece bgt, sampai2 betina merpati tetangga terpikat dan berpindah tempat ke rumah saya dc, hehehe...
    Sampai2 tetangga marah2 dan ngomel2 sambil cari kermh saya...

    Tp krn terll banyknya jumlah burung dirumah, juga mengundang musuh bebuyutannya yaitu si kucing...
    Tiap hari, pasti ada burung yg hilang, jika tdk, bisa ditemukan bangkai2 burung, sampai2 burung kesayangan saya (burung bayan) yg ekornya da panjang dan mantap, juga dilahap. Pagi2 cuma tgl potongan kaki dirantai aja, wuih... keselnya minta ampun...

    Krn gk tega burungnya dimakan dan dibunuh kucing, akhirnya saya jual burung2 merpati tsb ke toko burung dan sebagian lg saya berikan ke teman2 saya...

    Demikianlah pengenalan saya mengenai burung merpati...

    Salam...

    Comment


    • #3
      klao pengalaman ane pelihara merpati waktu tetangga ane pelihara jadi dech ane ikutan klao ga salah waktu ane kelas 4 sd om ... waktu itu saya beli sekitar 3000/psg ... saya maen merpati sampai lulus smp truz berhenti maen2 lagi sekitar taon 2000 yg lalu klao gak salah ane pakum sekitar 9 taon om ... itu pun di ajak ma temen eh gak taunya malah temen yg ajak maen ane malah gak maen lagi uhhh .... sekarang mungkin tinggal indukan tuk di ternak ma temen saya om .... itulah sepenggal pengalaman saya bermula maen merpati om ....
      maaf klao ada kata2 saya yg kurang berkenan




      salam
      salam KMers

      Comment


      • #4
        saya piara merpati sejak SD, sekedar hobi di kampung, sampai sekarang masih belajar sama pemilik Tanah Putih BF
        tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

        Comment


        • #5
          Originally posted by firman haz View Post
          saya piara merpati sejak SD, sekedar hobi di kampung, sampai sekarang masih belajar sama pemilik Tanah Putih BF
          ngrayu mode on....wakakakakakaaa........
          Seng Penting Nduwe Manuk...

          Comment


          • #6
            Originally posted by tjondro75 View Post
            ngrayu mode on....wakakakakakaaa........
            ditunggu lho ya... tp gk pake tuker ma sirtu
            tHe rHapsody oF anGel refUsed tO danCe aloNe

            Comment


            • #7
              Originally posted by firman haz View Post
              saya piara merpati sejak SD, sekedar hobi di kampung, sampai sekarang masih belajar sama pemilik Tanah Putih BF
              Idem... saya jg lg menimba ilmu sama pemilik Tanah Putih BF.
              Manuk NDESO Rejeki KOTA

              Comment


              • #8
                ane maen pertama kali SMP kls 1 waktu beli dikios dan di taro dsna..tp imbalan sy bantu2 kios tsb...walaupundpt katuragan ga bgs tp keahlian terbang & mental tdk diragukan...tuk keahlian terbangnya diatas rata2 tinggi tuk mental mantap saat turun tabrak2an ma lawannya,lawannya mental tp burung ane tepat turun di betinanya...he9x..
                negatifnya,waktunya sekolah jd lupa..sampe2 gandmother samper ane ke kios tsb,hiks9x..(i luv u my grandmother)..

                Comment


                • #9
                  Originally posted by LeoN0211 View Post
                  ane maen pertama kali SMP kls 1 waktu beli dikios dan di taro dsna..tp imbalan sy bantu2 kios tsb...walaupundpt katuragan ga bgs tp keahlian terbang & mental tdk diragukan...tuk keahlian terbangnya diatas rata2 tinggi tuk mental mantap saat turun tabrak2an ma lawannya,lawannya mental tp burung ane tepat turun di betinanya...he9x..
                  negatifnya,waktunya sekolah jd lupa..sampe2 gandmother samper ane ke kios tsb,hiks9x..(i luv u my grandmother)..


                  berarti kita sama2 belajar merpati dari pasar ya mas leon...
                  Seng Penting Nduwe Manuk...

                  Comment


                  • #10
                    Originally posted by tjondro75 View Post
                    berarti kita sama2 belajar merpati dari pasar ya mas leon...
                    yups,mas tjondro....dari yg ga tau...lama2 jd tau..jd faktor terjun kelapangan n pengalaman faktor penting...

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by LeoN0211 View Post
                      yups,mas tjondro....dari yg ga tau...lama2 jd tau..jd faktor terjun kelapangan n pengalaman faktor penting...
                      emang pasar yg paling mantap buat kita2 belajar.......kalo gitu kapan nih bisa ngraba2 bareng ke pasar....
                      Seng Penting Nduwe Manuk...

                      Comment


                      • #12
                        Originally posted by tjondro75 View Post
                        emang pasar yg paling mantap buat kita2 belajar.......kalo gitu kapan nih bisa ngraba2 bareng ke pasar....
                        gmn klo h-1 hut KM ke III..kita sowan k pramuka/jatinegara...he9x..

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by LeoN0211 View Post
                          gmn klo h-1 hut KM ke III..kita sowan k pramuka/jatinegara...he9x..
                          Sayang kang leon....ane ga bisa berangkat tapi pak ketu jateng pasti dateng tiketnya dah siap koq.......
                          Seng Penting Nduwe Manuk...

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by tjondro75 View Post
                            Sayang kang leon....ane ga bisa berangkat tapi pak ketu jateng pasti dateng tiketnya dah siap koq.......
                            waduh...kirain ane bs datang,biar bs bareng2 ke ps pramuka dll ngubek2 merpati bagus...he9x..

                            Comment


                            • #15
                              Originally posted by LeoN0211 View Post
                              waduh...kirain ane bs datang,biar bs bareng2 ke ps pramuka dll ngubek2 merpati bagus...he9x..
                              soalnya mepet banget kang leon ma kegiatan di sawah jadinya ga bisa kalo ninggalin garapan mau ambil cuti udah di closed ma yg punya sawah di jakarta....kasian deh........
                              Seng Penting Nduwe Manuk...

                              Comment

                              Working...
                              X