Announcement

Collapse
No announcement yet.

Berbagai jenis merpati lokal....

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Berbagai jenis merpati lokal....

    Saya pernah baca mengenai beberapa jenis merpati lokal di KM tapi setelah saya cari saya gagal membukanya (kalau tidak salah yang membahas om aris dan om Tjondro).
    Saya ingin informasi lebih mendetil mengenai merpati srungut dan merpati kentongan (maaf kalau nulisnya salah)
    Informasi yang ingin saya dapatkan antara lain:
    - Warna bulu, mata, paruh, ciri khas lainnya
    - Keunggulan dan kelemahan dari kedua jenis merpati ini
    Untuk para pencinta merpati saya mohon pencerahannya, terima kasih....
    sigpicHanya Fatamorgana

  • #2
    Originally posted by Bah Erwin View Post
    Saya pernah baca mengenai beberapa jenis merpati lokal di KM tapi setelah saya cari saya gagal membukanya (kalau tidak salah yang membahas om aris dan om Tjondro).
    Saya ingin informasi lebih mendetil mengenai merpati srungut dan merpati kentongan (maaf kalau nulisnya salah)
    Informasi yang ingin saya dapatkan antara lain:
    - Warna bulu, mata, paruh, ciri khas lainnya
    - Keunggulan dan kelemahan dari kedua jenis merpati ini
    Untuk para pencinta merpati saya mohon pencerahannya, terima kasih....
    Wah lama ndak jumpa niiihh...bah erwin..
    coba bantu jawab lagi ya bah..

    Merpati Sungut / jawa sungut:
    - Ada 2 jenis
    1. Sungut kucing di sebut begitu karena bulu halus diatas hidung tumbuh ke samping belah tengah hidung kayak kumis, jenis ini sangat langka ( sampai saat ini sangat susah menjumpai jenis ini apalagi di pasaran ).

    2. Sungut polos sungut ini masih banyak kita jumpai di pasar2 yg membedakan sungut jenis ini sama sungut kucing hanya bulu halus diatas hidung kalo yg jenis ini bulu halusnya sedikit jegrak ( istilahnya ? )
    ciri2 sungut pada umumnya

    Badan : besar
    Mata : hitam
    Bulu : hitam
    Paruh : hitam pendek

    untuk keseluruhanya merpati jawa sungut serba hitam biarpun ada jenis merpati jawa sungut warna putih tetapi warna mata, paruh, kuku tetap berwarna hitam sedangkan warna kaki hampir sama...dan sungut yg ini badanya lebih kecil dan pendek.....sering kita jumpai merpati sungut blorok merpati ini hasil penyilangan sungut hitam sama sungut putih.

    Membicarakan kelebihan terbangnya tinggi diatas rata2 merpati silangan istilah jawanya nglamuk/melik2, kecepatanya terbangnya di bawah rata2 merpati silangan, kejujuran hampir sama merpati pos...zaman dulu sering di manfaatkan untuk mengirim informasi apa saja .... ...... dan oleh orang2 kreatif merpati ini di silangkan dengan jenis merpati ras Gresik yg mempunyai kecepatan terbang n mentalnya yg bagus....

    Merpati Kentongan : Sebenarnya bukan jenis merpati tetapi jenis permainan orang2 zaman dahulu yang mengadu merpati dengan sistem kentongan jadi merpati dilepas di suatu tempat yg jauh dari rumah merpati bisa 3 ato 4 lepasan dan merpati mana yg nyampe rumah lebih dahulu jika merpati A nyampe dulu di pukulah kentongan yg ada dirumah merpati A dan sebaliknya...untuk sekarang ini merpati banyak di mainkan model kolongan, lapak ato yg lainya.....

    monggo smentara itu dulu bah ...mungkin yg lainya mau berbagi informasi ato ada yg salah monggo di koreksi....salam..
    Seng Penting Nduwe Manuk...

    Comment


    • #3
      Makasih infonya om tjondro, untuk merpati yang jenis kedua yang saya maksud yang terbangnya seperti kupu2 ke atas. Yang pernah saya lihat bulu putih ekor hitam.(ketika saya nanya ke pemiliknya beliau menjawab merpati kentongan, ternyata bukan jenis merpati ya kentongan itu)
      sigpicHanya Fatamorgana

      Comment


      • #4
        Originally posted by Bah Erwin View Post
        Makasih infonya om tjondro, untuk merpati yang jenis kedua yang saya maksud yang terbangnya seperti kupu2 ke atas. Yang pernah saya lihat bulu putih ekor hitam.(ketika saya nanya ke pemiliknya beliau menjawab merpati kentongan, ternyata bukan jenis merpati ya kentongan itu)
        Merpati putih ekor hitam kalo di tempat saya namanya merpati / doro ceto ( buka citho = orang temanggung memberi sebutan untuk merpati jambul ).....merpati ceto memang punya kelebihan dia suka terbang sendiri sampai tinggi dengan gandenganya ataupun bersama anak2nya setelah mencapai ketinggian tertentu dia kayak berdiam sambil membentangkan sayap diangkasa...mungkin daerah teman bah erwin menyebut merpati jenis ini merpati kentongan...kalo merpati kentongan di daerah magelang itu jenis permainanya bukan untuk jenis merpatinya........

        mungkin ada rekan2 yg lebih spesifik untuk menjelaskan ke forum ini monggo....kalo ada salah kata mohon maaf n silahkan kritikanya demi forum kita tercinta ini...................................


        salam,
        Seng Penting Nduwe Manuk...

        Comment


        • #5
          Originally posted by Bah Erwin View Post
          Makasih infonya om tjondro, untuk merpati yang jenis kedua yang saya maksud yang terbangnya seperti kupu2 ke atas. Yang pernah saya lihat bulu putih ekor hitam.(ketika saya nanya ke pemiliknya beliau menjawab merpati kentongan, ternyata bukan jenis merpati ya kentongan itu)

          Merpati ini sering dipunggungnya dipasang "sulingan".jadi waktu "carung" (buka sayap dan meluncur mengikuti arah angin) akan berbunyilah sulingan tersebut dengan kerasnya.Untuk orang2 tertentu, ada yang begitu teliti memperhatikan bunyi sulingan tsb, sehingga untuk burung yang punya perilaku sama, pada saat terbang bersama-sama akan menghasilkan suara mirip "mini orchestra".
          secara fisik, bentuk dan ukuran badan lebih besar dibandingkan dengan merpati-merpati yang sering dijumpai.
          Sepertinya memang benar OOm, Bukan merpati kentongan.....
          Kalo tidak salah, merpati kentongan banyak disukai silangan antara merpati pos dengan merpati lokal (badannya kecil, sering dijumpai di pasar2)


          Mohon maaf, kalo salah oom........................

          Comment


          • #6
            Nanya lagi om apakah benar untuk jenis merpati sungut kalau telurnya di ambil atau mendapat gangguan dari kucing atau tikus maka merpati ini akan kabur?
            sigpicHanya Fatamorgana

            Comment


            • #7
              Originally posted by Bah Erwin View Post
              Nanya lagi om apakah benar untuk jenis merpati sungut kalau telurnya di ambil atau mendapat gangguan dari kucing atau tikus maka merpati ini akan kabur?

              Om Erwin biasanya kalo sarang burung merpati sungut di ganggu binatang kucing pastinya dia akan kabur dong tapi kan ga pergi jauh......kalo di ganggu manusia tinggal seberapa parahnya menggangunya kalo di oprak2 ya jelas terusik dong om.....

              om Erwin untuk nambahin pertanyaan om erwin di atas mungkin yang di maksud om adalah burung merpati yg terbangnya vertikal ke atas ya om mirip kupu2 kalo iya itu emang namanya memang merpati kupu2 kapan2 saya posting deh gambarnya.......

              salam,
              Seng Penting Nduwe Manuk...

              Comment


              • #8
                Originally posted by tjondro75 View Post
                Om Erwin biasanya kalo sarang burung merpati sungut di ganggu binatang kucing pastinya dia akan kabur dong tapi kan ga pergi jauh......kalo di ganggu manusia tinggal seberapa parahnya menggangunya kalo di oprak2 ya jelas terusik dong om.....

                om Erwin untuk nambahin pertanyaan om erwin di atas mungkin yang di maksud om adalah burung merpati yg terbangnya vertikal ke atas ya om mirip kupu2 kalo iya itu emang namanya memang merpati kupu2 kapan2 saya posting deh gambarnya.......

                salam,
                Iya om saya tunggu gambarnya soalnya saya ingin koleksi jenis2 merpati yang khas. Kalau bisa tolong carikan sekalian om di paketkan ke Lampung tengah bisa gak yah?
                sigpicHanya Fatamorgana

                Comment


                • #9
                  Originally posted by Bah Erwin View Post
                  Iya om saya tunggu gambarnya soalnya saya ingin koleksi jenis2 merpati yang khas. Kalau bisa tolong carikan sekalian om di paketkan ke Lampung tengah bisa gak yah?
                  ok deh nanti saya usahakan secepatnya.......
                  Seng Penting Nduwe Manuk...

                  Comment


                  • #10
                    Originally posted by tjondro75 View Post
                    ok deh nanti saya usahakan secepatnya.......
                    sy jg psn y,type jujur turunnya 90 derajat(12 pas)...warna blorok...piss
                    nti acr HUT KM,tlg d bw..y...

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by LeoN0211 View Post
                      sy jg psn y,type jujur turunnya 90 derajat(12 pas)...warna blorok...piss
                      nti acr HUT KM,tlg d bw..y...
                      Wekkk....ngemeng2 koq kriterianya kayak blorok ane....jangan..jangan.......
                      Seng Penting Nduwe Manuk...

                      Comment


                      • #12
                        Originally posted by tjondro75 View Post
                        Wekkk....ngemeng2 koq kriterianya kayak blorok ane....jangan..jangan.......
                        bw..bw...bw...y...he9x...

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by LeoN0211 View Post
                          bw..bw...bw...y...he9x...
                          wkwkwkwkkkk......ok deh gampang cuma yg pasti berangkat kang ketua jateng Ikhsan......coba nanti saya koordinasikan ma beliau mau ga di titipin.
                          Seng Penting Nduwe Manuk...

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by tjondro75 View Post
                            wkwkwkwkkkk......ok deh gampang cuma yg pasti berangkat kang ketua jateng ikhsan......coba nanti saya koordinasikan ma beliau mau ga di titipin.
                            [-o<[-o<[-o<

                            Comment

                            Working...
                            X