Announcement

Collapse
No announcement yet.

Cara Melatih Merpati....

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Misterius-BumenBC
    started a topic Cara Melatih Merpati....

    Cara Melatih Merpati....

    Bagi penggemar merpati tinggian....boleh saya bertanya gimana cara melatih merpati nya...karena menurut saya cara melatih merpati adalah yg terberat dari bermain merpti itu sendiri....ibarat nya di kasih merpati bagus kalau cara melatih nya salah juga rusak.
    Nah mungkin2 rekan2 ada pengalaman...saya sendiri pengalaman nya cuman untuk tomprang (kentongan) atau yg untuk taruhan...kalau lomba kolongan enggak tau sama sekali...mohon petunjuk....

    karena saya punya pengalaman....jd cerita dech...:

    Gini..beberapa tahun lalu saya membeli merpati jadi atas kepala dengan harga yg lumayan di sebuah lapak merpati.....(saya melihat merpati tsb selama 3 bulan belum pernah gagal 1 x pun tinggi nya sampai nitik paku,turun nya juga mantap)...yg jadi saya heran...pindah tempat sampai 3x merpati tsb gagal,seperti asli nya di tempat tsb....begitu di kembalikan di tempat asli nya jadi lagi....nah itu sampai sekarang saya belum tau jawaban nya kenapa tsb.....memang tuukang geber nya beda...tapi sama2 master geber semua...bingung saya kenapa itu bisa terjadi...kejadian ini terjadi beberapa kali pada saya....mohon petunjuk kalau yg begini.....(merpati nya udah almarhum...gara2 saya titipin untuk di ternak malah minum oli)


    MOHON SHARE NYA....

  • LeoN0211
    replied
    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    ente udah ngelatih bos...ane lagi jodoin kagak jodoh2...padahal betina nya...waduh udah semlehoi banget...minta cepet2 di kawin....pejantan nya cuek bebek aja......apesss apesss apesss
    klo ud ad calonnya yg bgs tp g jodoh..dipisahin aj bro..cb 3h4-6hr..nti ketemuin lg satu kandang,sebelumnya dimandiin dulu 22nya lalu satuin di dondang sambil dijemur....

    to bro djondro :
    tlg jlsin maksud tulisan njenengan mslh LAR tsb..mgkn para newbie merpati msh bingung..seperti ane..please...tq b4

    Leave a comment:


  • tjondro75
    replied
    [QUOTE=LeoN0211;688449]istilah tersev=but artinya ap..??
    maklum newbie merpati

    maap kang LeoN istilah yang mana nih.......maap saya juga pemula...??
    kan saya juga masih belajar dari njenengan................

    kalo yg di maksud njenengan Lar masak njenengan malah balik bertanya sama saya......kan om Leon pakarnya merpati ( ane berani jamin )....

    oh ya maap saya juga kurang kasih inpo nih...............inpo di atas saya copas dari web sebelah..........ijin pak smod / admin terlambat kasih inpo.................
    Last edited by tjondro75; 16 October 2010, 09:21 AM.

    Leave a comment:


  • fauzan_zhd
    replied
    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    waduh ane sekarang malah keracunan merpati lagi .....mulai ngelatih2 lagi merpati...kemaren baru ambil 3 pasang anakan2 saya.....2 pasang babar blas belum mau jodoh...1 udah mendingan......
    wesss maen tinggian lagi....

    di tempat para suhu sekalian lagi rame merpati atau enggak...kalau rame ...merpati jenis apa?? tinggi atau balap?
    Di sini ramenya merpati kolong om

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    Originally posted by peter View Post
    udah kawinin sendiri aja broooo kalau pantatnya semloheeeeeeeeee wkwkkwkwkkwkwkwkwk bisa juga tuh burung suka nya ama SPG yg aduhai kayak bos nya>>>>>>>
    wess tukang ngaco mulai posting...totoreeee.....bali bae koeee...ngesuk des kan koe sing kawin nang cirebon...wakakakakakakakakakakkaa...jeneng ceng bok dadi peter...wakakakakaka

    Leave a comment:


  • peter
    replied
    udah kawinin sendiri aja broooo kalau pantatnya semloheeeeeeeeee wkwkkwkwkkwkwkwkwk bisa juga tuh burung suka nya ama SPG yg aduhai kayak bos nya>>>>>>>

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    Originally posted by LeoN0211 View Post
    istilah tersev=but artinya ap..??
    maklum newbie merpati

    Bump:
    idem..bro...ane main merpati tinggi..
    ane jg ud sbln lbh nich fokus di merpati..tuk kicauan jd rmhan aj...
    ud ngelatih 1km..nti klo ud ngelatih mpe 3km baru berasa..bgs ato ngga..klo ngga lgsg tukar cari yg prospek...maklum main merpatinya cm sabtu-minggu aj..klo senin-jum'at rawatan ky kicauan(keluarin,mandiin klo cuaca mendukung,jemur sambil ksh mkn-minum,lalu masukin kndng lg),klo sabtu-minggu bw ke lapak merpati..tuk dmainin/dilatih..
    ente udah ngelatih bos...ane lagi jodoin kagak jodoh2...padahal betina nya...waduh udah semlehoi banget...minta cepet2 di kawin....pejantan nya cuek bebek aja......apesss apesss apesss

    Leave a comment:


  • LeoN0211
    replied
    Originally posted by tjondro75 View Post
    Ikutan sharing ya mas.....

    Kalo masalah nglatih merpati saya kira untuk penggemar merpati pasti sama kalopun ada perbedaaan gak terlalu signifikan banget......kalo mau di kata melatih merpati kuncinya adalah disiplin n sabar.......bener kata mas aries burung bagus kalo nglatihnya asal2an burung ga bisa menyuguhkan kemampuanya yg maksimal bis2 malah jadi rusak nah kalo sudah rusak untuk mengembalikanya seperti kinerja semula sangat susah n butuh waktu lama ( u/ merpati jadi )..................kalo melatih merpati ala pemain2 kolongan / lapak biasanya melatih melihat kondisi bulunya dan saya juga mencoba menerabkanya pada merpati piyikan sendiri;


    yok sharing bareng2....................
    kita harus atur jadwal latihnya supaya ketika bulu full (habis jawat), burung sudah dalam keadaan fit, sudah mentok, mapan dan siap diadu.

    Bila diasumsikan :
    Mencapai lepasan mentok butuh waktu : 3-4 bulan.
    Ganti bulu sayap per helai : 1 bulan.

    Maka burung paling tidak harus mulai dilatih sejak sisa lar 3.

    Dgn pola latih spt ini, Kalau dibuat grafik kinerja, nanti akan terlihat bahwa burung mencapai puncak masa kerja ketika lar full (habis jawat) sampai dgn sisa lar 9.
    Sisa lar 8 grafik kinerja sudah mulai turun.
    Sisa lar 7 merupakan akhir masa kerja.
    Sisa lar 6 sudah menjelang istirahat.
    Sisa lar 5 sebaiknya burung diistirahatkan (cabut ekor).
    Nanti sisa lar 3, kembali dilatih lagi.


    Kalau mau diloloh dulu, sebaiknya dilakukan ketika sisa lar 7 atau 6 menjelang rampas ke dua.

    Sy kira, banyak terjadi kesalahan bahwa burung mulai dilatih setelah jawat (bulu sayap full). Yg akan terjadi, burung mentok dan fit ketika kondisi bulu sayap sudah tinggal 7. Maka kinerja tidak bisa optimal.

    Burung mencapai kondisi lar penuh pada sekitar bulan yg sama tiap tahunnya. Kalau tahun ini lar full pada bulan Juli, maka tahun depan juga akan jatuh sekitar Juni-Juli. Ini artinya, puncak masa kerja burung akan jatuh pada bulan yg sama juga tiap tahunnya.
    Jadi, kalau mau cari jagoan utk turnament 17 agustus, perhatikan jumlah lar sayapnya. Cari yg sekiranya akan full pada bulan tsb.

    ps : Ini adlh perkiraan dgn asumsi kondisi burung sehat dan normal serta bulu sayap jatuhnya normal. Ada beberapa kasus, bulu sayap sulit copot (alot) atau mudah lepas. Tentu harus disesuaikan lagi berdasar keadaan di lapangan.


    mohon koreksinya apabila ada yang salah.....
    istilah tersev=but artinya ap..??
    maklum newbie merpati

    Bump:
    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    waduh ane sekarang malah keracunan merpati lagi .....mulai ngelatih2 lagi merpati...kemaren baru ambil 3 pasang anakan2 saya.....2 pasang babar blas belum mau jodoh...1 udah mendingan......
    wesss maen tinggian lagi....

    di tempat para suhu sekalian lagi rame merpati atau enggak...kalau rame ...merpati jenis apa?? tinggi atau balap?
    idem..bro...ane main merpati tinggi..
    ane jg ud sbln lbh nich fokus di merpati..tuk kicauan jd rmhan aj...
    ud ngelatih 1km..nti klo ud ngelatih mpe 3km baru berasa..bgs ato ngga..klo ngga lgsg tukar cari yg prospek...maklum main merpatinya cm sabtu-minggu aj..klo senin-jum'at rawatan ky kicauan(keluarin,mandiin klo cuaca mendukung,jemur sambil ksh mkn-minum,lalu masukin kndng lg),klo sabtu-minggu bw ke lapak merpati..tuk dmainin/dilatih..

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    Originally posted by yulian View Post
    nah itu,, cari jantan,yg berani,rada susah om,ada juga udah mahal heheheh
    berani itu dalam arti yg gimana om?? spesifikasi mahal sampai berapa seh om?

    Leave a comment:


  • Sandy Palembang
    replied
    nah itu,, cari jantan,yg berani,rada susah om,ada juga udah mahal heheheh

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    waduh ane sekarang malah keracunan merpati lagi .....mulai ngelatih2 lagi merpati...kemaren baru ambil 3 pasang anakan2 saya.....2 pasang babar blas belum mau jodoh...1 udah mendingan......
    wesss maen tinggian lagi....

    di tempat para suhu sekalian lagi rame merpati atau enggak...kalau rame ...merpati jenis apa?? tinggi atau balap?

    Leave a comment:


  • tjondro75
    replied
    Originally posted by dian_76 View Post
    coba om sendirikan di kandang trus kasih liat betina yg warnanya mirip ngeloloh dia om ....
    kalo baru pertama di kasih liat biasanya si piyik akan galak om tapi nti juga dia akan mbekur sambil nyari si betina itu om ...
    saya juga punya merpati kayak punya mas aries................ burung sampe sekarang juga masih..........karena bosen lama2 ga giring2 akhirnya saya kasih kebebasan milih cewek yg bener2 dia sukai.......alhamdulillah dengan cara seperti itu sudah 3 hari mengeram..........moga2 nanti habis dilolohin giringnya tambah kenceng....

    Leave a comment:


  • dian_76
    replied
    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    o ya...cara bikin piyikan brajak ( birahi dengan mbekur2) itu gimana ??

    soal nya ane ada 4 lar udah giring keket,ada yg 3 lar babar blas susah mbekur.....apa suruh liat video parno dulu ya.....
    coba om sendirikan di kandang trus kasih liat betina yg warnanya mirip ngeloloh dia om ....
    kalo baru pertama di kasih liat biasanya si piyik akan galak om tapi nti juga dia akan mbekur sambil nyari si betina itu om ...

    Leave a comment:


  • Misterius-BumenBC
    replied
    o ya...cara bikin piyikan brajak ( birahi dengan mbekur2) itu gimana ??

    soal nya ane ada 4 lar udah giring keket,ada yg 3 lar babar blas susah mbekur.....apa suruh liat video parno dulu ya.....

    Leave a comment:


  • tjondro75
    replied
    Ikutan sharing ya mas.....

    Kalo masalah nglatih merpati saya kira untuk penggemar merpati pasti sama kalopun ada perbedaaan gak terlalu signifikan banget......kalo mau di kata melatih merpati kuncinya adalah disiplin n sabar.......bener kata mas aries burung bagus kalo nglatihnya asal2an burung ga bisa menyuguhkan kemampuanya yg maksimal bis2 malah jadi rusak nah kalo sudah rusak untuk mengembalikanya seperti kinerja semula sangat susah n butuh waktu lama ( u/ merpati jadi )..................kalo melatih merpati ala pemain2 kolongan / lapak biasanya melatih melihat kondisi bulunya dan saya juga mencoba menerabkanya pada merpati piyikan sendiri;


    yok sharing bareng2....................
    kita harus atur jadwal latihnya supaya ketika bulu full (habis jawat), burung sudah dalam keadaan fit, sudah mentok, mapan dan siap diadu.

    Bila diasumsikan :
    Mencapai lepasan mentok butuh waktu : 3-4 bulan.
    Ganti bulu sayap per helai : 1 bulan.

    Maka burung paling tidak harus mulai dilatih sejak sisa lar 3.

    Dgn pola latih spt ini, Kalau dibuat grafik kinerja, nanti akan terlihat bahwa burung mencapai puncak masa kerja ketika lar full (habis jawat) sampai dgn sisa lar 9.
    Sisa lar 8 grafik kinerja sudah mulai turun.
    Sisa lar 7 merupakan akhir masa kerja.
    Sisa lar 6 sudah menjelang istirahat.
    Sisa lar 5 sebaiknya burung diistirahatkan (cabut ekor).
    Nanti sisa lar 3, kembali dilatih lagi.

    Kalau mau diloloh dulu, sebaiknya dilakukan ketika sisa lar 7 atau 6 menjelang rampas ke dua.

    Sy kira, banyak terjadi kesalahan bahwa burung mulai dilatih setelah jawat (bulu sayap full). Yg akan terjadi, burung mentok dan fit ketika kondisi bulu sayap sudah tinggal 7. Maka kinerja tidak bisa optimal.

    Burung mencapai kondisi lar penuh pada sekitar bulan yg sama tiap tahunnya. Kalau tahun ini lar full pada bulan Juli, maka tahun depan juga akan jatuh sekitar Juni-Juli. Ini artinya, puncak masa kerja burung akan jatuh pada bulan yg sama juga tiap tahunnya.
    Jadi, kalau mau cari jagoan utk turnament 17 agustus, perhatikan jumlah lar sayapnya. Cari yg sekiranya akan full pada bulan tsb.

    ps : Ini adlh perkiraan dgn asumsi kondisi burung sehat dan normal serta bulu sayap jatuhnya normal. Ada beberapa kasus, bulu sayap sulit copot (alot) atau mudah lepas. Tentu harus disesuaikan lagi berdasar keadaan di lapangan.


    mohon koreksinya apabila ada yang salah.....

    Leave a comment:

Working...
X