Announcement

Collapse
No announcement yet.

Anda Bertanya Saya Menjawab.....

Collapse
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Anda Bertanya Saya Menjawab.....

    Mungkin disini kebanyakan penggemar burung ocehan...tapi ada sub forum merpati...
    nah khusus untuk tinggi/kolongan...silakan anda bertanya saya akan menjawab sebisa saya dengan ilmu yg masih cetek..karena saya masih newbie..biar kita sama2 bisa sharing....

    monggo di lanjut

    salam

    Misterius Bumen-Bc
    sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

  • #2
    Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

    Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
    Mungkin disini kebanyakan penggemar burung ocehan...tapi ada sub forum merpati...
    nah khusus untuk tinggi/kolongan...silakan anda bertanya saya akan menjawab sebisa saya dengan ilmu yg masih cetek..karena saya masih newbie..biar kita sama2 bisa sharing....

    monggo di lanjut

    salam

    Misterius Bumen-Bc
    ya elahh pake ilmu padi nech ... hehhhhh
    salam KMers

    Comment


    • #3
      Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

      Om saya dikirim sepasang merpati kolongan dari Bandung oleh kakak, di Bandung sudah pernah juara. Ditempat saya sekarang suka turun duluan jadi gak masuk kolongan, bagaimana supaya bisa ngolong seperti di Bandung?
      sigpicHanya Fatamorgana

      Comment


      • #4
        Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

        Originally posted by Bah Erwin View Post
        Om saya dikirim sepasang merpati kolongan dari Bandung oleh kakak, di Bandung sudah pernah juara. Ditempat saya sekarang suka turun duluan jadi gak masuk kolongan, bagaimana supaya bisa ngolong seperti di Bandung?
        banyak kendala merpati jadi ngadat....
        1.beda cara mengurus nya
        2.beda kaos team nya
        3.beda joki (jadi gak tau slah burung mau gimana)
        4.faktor cara melatih di tempat kakak anda ama di anda mungkin
        5.pengaruh angin (besar kecil nya angin...arah angin nya)
        6.kondisi burung (sehat,mau mabung,capek dsb)
        7.emang burung tidak stabil

        banyak om...orang beli burung juara ee ama dia sama sekali masuk kolong juga enggak.....burung bagus spt itu banyak...cuman burung yg stabil itu yg susah di cari.....

        inti dari burung kolong adalah tingkat ke stabilan dia terbang maupun turun....+ mental juara nya ada
        sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

        Comment


        • #5
          Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

          Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
          banyak kendala merpati jadi ngadat....
          1.beda cara mengurus nya
          2.beda kaos team nya
          3.beda joki (jadi gak tau slah burung mau gimana)
          4.faktor cara melatih di tempat kakak anda ama di anda mungkin
          5.pengaruh angin (besar kecil nya angin...arah angin nya)
          6.kondisi burung (sehat,mau mabung,capek dsb)
          7.emang burung tidak stabil

          banyak om...orang beli burung juara ee ama dia sama sekali masuk kolong juga enggak.....burung bagus spt itu banyak...cuman burung yg stabil itu yg susah di cari.....

          inti dari burung kolong adalah tingkat ke stabilan dia terbang maupun turun....+ mental juara nya ada
          therapi yg baek gmn kalo burung baru datang ke qta om ?
          berapa teluran/giringan yg pas untuk pengenalan tempat yg baru ?
          maklom dari dolok saya ga pernah beli burung juara krna saya lebih seneng cetak burung stabil dari piyikan ...hehhhh
          salam KMers

          Comment


          • #6
            Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

            Originally posted by dian_76 View Post
            therapi yg baek gmn kalo burung baru datang ke qta om ?
            berapa teluran/giringan yg pas untuk pengenalan tempat yg baru ?
            maklom dari dolok saya ga pernah beli burung juara krna saya lebih seneng cetak burung stabil dari piyikan ...hehhhh
            yang penting perawatan teratur...makan ..mandi...jamu
            untuk merpati jaman sekarang 1x giringan aja udah bisa lepas sampai 2km an....(karena di lomba kolongan sekarang begitu,,mulai latihan rabu...sabtu udah tanding)..kenapa begitu karena sekarang merpati udah banyak yg kawin2 silang....dan yg untuk kolongan ras gresikan nya udah lumayan kuat...jadi dia mau turun di tempat yg baru (itu juga awal nya dari tahihan yg baik,cara pelepasan yg baik)

            coba kalau merpati jaman dulu..dimana ras jawa nya masih kuat....hadehhh 1 bulan aja belum tentu om...lepas depan rumah aja bisa bablas.....
            sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

            Comment


            • #7
              Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

              Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
              yang penting perawatan teratur...makan ..mandi...jamu
              untuk merpati jaman sekarang 1x giringan aja udah bisa lepas sampai 2km an....(karena di lomba kolongan sekarang begitu,,mulai latihan rabu...sabtu udah tanding)..kenapa begitu karena sekarang merpati udah banyak yg kawin2 silang....dan yg untuk kolongan ras gresikan nya udah lumayan kuat...jadi dia mau turun di tempat yg baru (itu juga awal nya dari tahihan yg baik,cara pelepasan yg baik)

              coba kalau merpati jaman dulu..dimana ras jawa nya masih kuat....hadehhh 1 bulan aja belum tentu om...lepas depan rumah aja bisa bablas.....
              trah gresikan itu kalo ga salah warna coklat pupur tah om ? krna dari dolok saya taunya cman itu ..hehhh
              tapi ras jawa kalok saudah mapan pasti stabil itu yg paling saya suka dari merpati ras jawa
              apa krna dolok wkt saya msh maen merpati belom ada kalangan kolongan yakz krna msh sistem lapak getu krna merpati makan tidur di tempat yg sama tdk pernah di bawa2
              salam KMers

              Comment


              • #8
                Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                Originally posted by dian_76 View Post
                trah gresikan itu kalo ga salah warna coklat pupur tah om ? krna dari dolok saya taunya cman itu ..hehhh
                tapi ras jawa kalok saudah mapan pasti stabil itu yg paling saya suka dari merpati ras jawa
                apa krna dolok wkt saya msh maen merpati belom ada kalangan kolongan yakz krna msh sistem lapak getu krna merpati makan tidur di tempat yg sama tdk pernah di bawa2
                warna tdk pengaruh om...tekstur kepala om biasanya yg keliatan banget...kadang mata...ya dulu sistem lapak...kalau merpati jawa masih kuat ras nya ...yg benar2 bisa di banggakan adalah terbang tinggi nya ama daya ingat nya lebih bagus dan jujur...
                kelemahan nya pelan,susah pindah tempat,
                gresik ..lebih cepat,mudah pindah tempat
                kelemahan...gak bisa benar2 tinggi terbangnya,gampang hilang
                sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

                Comment


                • #9
                  Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                  Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
                  warna tdk pengaruh om...tekstur kepala om biasanya yg keliatan banget...kadang mata...ya dulu sistem lapak...kalau merpati jawa masih kuat ras nya ...yg benar2 bisa di banggakan adalah terbang tinggi nya ama daya ingat nya lebih bagus dan jujur...
                  kelemahan nya pelan,susah pindah tempat,
                  gresik ..lebih cepat,mudah pindah tempat
                  kelemahan...gak bisa benar2 tinggi terbangnya,gampang hilang
                  nach itu die yg saya suka dari ras jawa kalo sdh terbang tinggi sampai2 masuk awan ( menurut penglihatan saya loh om ) karena tdk mudah membuat merpati bisa terbang setinggi itu apalage kalo qta klepek langsung turun woowww suatu nilai seni yg tak terhingga ..... kalo sekarang yg penting bisa masuk kolong itu yg bagus masalah bisa terbang tinggi maksimal ato tdk ga jadi masalah
                  apa karena perubahan jaman yakzz ..hehh karena dari taon 2005 saya sdh off maen merpati terakhir saya jokiin merpati trah piyikan sendiri skitar taon 2007 dan jadi juara ..
                  salam KMers

                  Comment


                  • #10
                    Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                    Originally posted by dian_76 View Post
                    nach itu die yg saya suka dari ras jawa kalo sdh terbang tinggi sampai2 masuk awan ( menurut penglihatan saya loh om ) karena tdk mudah membuat merpati bisa terbang setinggi itu apalage kalo qta klepek langsung turun woowww suatu nilai seni yg tak terhingga ..... kalo sekarang yg penting bisa masuk kolong itu yg bagus masalah bisa terbang tinggi maksimal ato tdk ga jadi masalah
                    apa karena perubahan jaman yakzz ..hehh karena dari taon 2005 saya sdh off maen merpati terakhir saya jokiin merpati trah piyikan sendiri skitar taon 2007 dan jadi juara ..
                    iya om bener...maka nya itu ras jawa asli mengalami kepunahan....BENER2 MAU PUNAH!!!!

                    kenapa begitu :

                    1.kalau ada orang beli ras ini...benter2 hilang (balik lagi ama yg jual nya) jadi kurang laku (sistem ekonomi)
                    2.terbang pelan
                    3.bentuk serem2
                    4.badan gede2 gemuk,jauh di banding merpati yg lain ( ini untuk di potong, merpati goreng...gak laku di pasaran untuk bermain..akhir nya di jual untuk pedaging)
                    5.jarang di ternak karena purna jual nya kurang bagus...

                    nah dari situ semua..maka bisa di katakan HAMPIR PUNAH.....gimana kalau KM mempelopori supaya ras MERPATI JAWA ASLI TIDAK PUNAH???? APAKAH KICAUMANIA JUGA PEDULI pada jenis burung yang satu ini????

                    saya mencari burung ini sejak saya SMP sampai sekarang anak udah mau SMU....BENAR2 BELUM PERNAH NEMU YG 100% ASLI....


                    gimana hayoooo.....

                    ---------- Post added at 09:01 AM ---------- Previous post was at 08:59 AM ----------

                    kalau ada yg nemu merpati jawa asli....saya dengan senang hati menawarkan konservasi untuk khusus jenis ini.....
                    sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

                    Comment


                    • #11
                      Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                      Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
                      banyak kendala merpati jadi ngadat....
                      1.beda cara mengurus nya
                      2.beda kaos team nya
                      3.beda joki (jadi gak tau slah burung mau gimana)
                      4.faktor cara melatih di tempat kakak anda ama di anda mungkin
                      5.pengaruh angin (besar kecil nya angin...arah angin nya)
                      6.kondisi burung (sehat,mau mabung,capek dsb)
                      7.emang burung tidak stabil

                      banyak om...orang beli burung juara ee ama dia sama sekali masuk kolong juga enggak.....burung bagus spt itu banyak...cuman burung yg stabil itu yg susah di cari.....

                      inti dari burung kolong adalah tingkat ke stabilan dia terbang maupun turun....+ mental juara nya ada
                      Waduh om kecuali yang ngelepek harus baju merah lainnya saya gak ngerti, minggu kemarin burungnya nelor. Seandainya saya jadikan burung pulangan (dilepas pulang ke rumah) bisa gak ya? takutnya dikelepek orang malah turun karena biasa turun di lapang
                      sigpicHanya Fatamorgana

                      Comment


                      • #12
                        Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                        Originally posted by Bah Erwin View Post
                        Waduh om kecuali yang ngelepek harus baju merah lainnya saya gak ngerti, minggu kemarin burungnya nelor. Seandainya saya jadikan burung pulangan (dilepas pulang ke rumah) bisa gak ya? takutnya dikelepek orang malah turun karena biasa turun di lapang
                        di coba pelan2 om liat karakter burung nya...cara lepas nya bertahap dan pelan2...jangan tergesa2 itu inti nya
                        sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

                        Comment


                        • #13
                          Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                          Om bagaimana cara perlakuan burung yang kegemukan. Sekitar sebulan yang lalu saya beli sepasang, tapi tdk mau giring jadi saya kurung di kandang ukuran 1x1m tinggi 2.2m, kemarin giring tapi belum saya bawa ke kolongan, tadi saya coba ternyata susah terbang karena kegemukan. Bisa kah burung kembali normal?
                          sigpicHanya Fatamorgana

                          Comment


                          • #14
                            Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                            Originally posted by Bah Erwin View Post
                            Om bagaimana cara perlakuan burung yang kegemukan. Sekitar sebulan yang lalu saya beli sepasang, tapi tdk mau giring jadi saya kurung di kandang ukuran 1x1m tinggi 2.2m, kemarin giring tapi belum saya bawa ke kolongan, tadi saya coba ternyata susah terbang karena kegemukan. Bisa kah burung kembali normal?
                            kurangin makan nya om.....agak iket pinggang dulu makan nya....terus sering mandi jemur....biasanya akan lebih langsing + latihan teratur...di balap2 dulu om....
                            sigpic 085327089333 (SUKSES DAN LANCAR)

                            Comment


                            • #15
                              Re: Anda Bertanya Saya Menjawab.....

                              Originally posted by Misterius-BumenBC View Post
                              kurangin makan nya om.....agak iket pinggang dulu makan nya....terus sering mandi jemur....biasanya akan lebih langsing + latihan teratur...di balap2 dulu om....
                              ok. langsung dipraktekan
                              sigpicHanya Fatamorgana

                              Comment

                              Working...
                              X