Announcement

Collapse
No announcement yet.

Peraturan Lelang di Forum Perdagangan Umum (Non Burung & Aksesoris Kandang)

Collapse
This topic is closed.
X
This is a sticky topic.
X
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Peraturan Lelang di Forum Perdagangan Umum (Non Burung & Aksesoris Kandang)

    PERATURAN DAN KETENTUAN LELANG DI FORUM PERDAGANGAN UMUM (NON BURUNG & AKSESORIS KANDANG) KM

    Peraturan Lelang di Forum Perdangan Umum (Non Burung & Aksesoris Kandang) KM adalah sarana untuk melelang barang non burung serta obyek barang lainnya. Agar supaya lelang di Forum Perdangan Umum (Non Burung & Aksesoris Kandang) KM dapat berjalan dengan baik dan terpercaya maka member di KM diatur sebagai berikut:

    1. Lelang yang dimaksud dalam Forum ini adalah semua barang atau makhluk hidup lainnya serta barang-barang (benda mati) lainnya di dunia maya (Cyber Space), dengan kriteria dan ketentuan tentang burung dan barang seperti yang telah dijabarkan dalam Ketentuan Umum di atas.

    2. Peserta Lelang adalah semua member KM dengan ketentuan seperti yang telah dijabarkan dalam ketentuan UMUM diatas dan telah memenuhi syarat – syarat yang ditetapkan dalam Ketentuan Umum.

    3. Peserta Lelang terdiri dari Pelelang (Seller) dan Pembeli (Bidder)

    4. Pendaftaran Lelang dilakukan dengan membuat PM ke Moderator atau Team Perdagangan KM, dengan menyertakan data – data yang lengkap. Team Perdagangan akan melakukan pemeriksaan persyaratan peserta lelang. Dan atau bila pelelang ingin posting langsung ke Forum Lelang, Moderator atau Team Perdagangan KM akan verifikasi terlebih dahulu.

    5. Pelelang wajib menyertakan photo (minimal 3 buah dari sisi pemotretan yang berbeda) dan atau video dari barang yang akan diiklankan dalam forum ini. Photo dan atau video tersebut harus up to date dan tidak mengandung unsur rekayasa maupun penipuan. Pengambilan photo dan video maksimal 1 (satu) bulan sebelum lelang ditayangkan.

    6. Point 5 (lima) mutlak harus dilengkapi selengkap-lengkapnya.

    7. Untuk Lelang makhluk hidup, barang yang dilelang di Forum Perdangan Umum (non Burung) KM harus dalam kondisi sehat (tidak sakit). Pelelang harus menjelaskan secara detail kondisi fisik, ciri khusus, jenis kelamin, umur, kebiasaan, dan cara perawatan serta larangan (pantangan) yang mungkin ada.

    8. Untuk benda mati, pelelang harus secara detail menjelaskan kondisi fisik barang dengan sebenar-benarnya (orisinil, baru, setengah pakai, second, mulus, cacat, dsb).

    9. Sebelum lelang diposting oleh Moderator ke dalam thread Sub Forum Lelang, maka pihak pelelang mempunyai kewajiban membayar biaya lelang sebesar sebagi berikut:

    a. Biaya fee awal sebesar Rp 25.000 (Donasi) dan Rp 35.000,- (Non Donasi),- Fee ini tidak bisa ditarik kembali bila barang atau obyek lelang tidak ada yang mengebid.
    b. Bila barang atau obyek lelang sudah selesai dilelang, maka total fee yang harus dibayarkan sebesar 2.5 % dari nilai total penjualan – (dikurangi) Fee awal pada point 9.a.

    Contoh: (Bila pemasang lelang adalahl member Non Donasi)
    - Bayar fee awal adalah Rp 35.000,-
    - Lelang terakhir adalah Rp 2000.000,-, maka total fee yang harus dibayarkan ke kas KM adalah: (Rp 2.000.000,- x 2.5%) - Rp 35.000,- = Rp 15.000,-

    10. Dari semua transaksi terakhir yang terjadi dan fee (kas KM) ini ditanggung oleh Pelelang, dan di transfer ke No. Rekening Bank yang telah disediakan oleh KM di BANK BCA dan MANDIRI (Selama masa periode kepengurusan KM saat ini)

    1st ACCOUNT KICAUMANIA
    Nomor Rekening BCA : 109.071.6171
    Atas Nama : Sugeng Wahyudi
    BCA Kantor Cabang KARAWANG

    2rd ACCOUNT KICAUMANIA
    Nomor Rekening MANDIRI : 132-00-0553221-4
    Atas Nama : Sugeng Wahyudi
    Kantor Cabang KARAWANG 13201 .

    11. Transaksi yang sudah resmi terjadi dalam forum ini tidak dapat dibatalkan secara sepihak oleh pihak-pihak yang terkait. Jika alasan pembatalan dapat diterima oleh pihak-pihak yang bertransaksi dan mendapat persetujuan dari moderator, maka pihak yang melakukan pembatalan tetap dikenakan fee transaksi terakhir yang terjadi dan akan dikenakan denda maupun sanksi atas kejadian tersebut.

    12. Pembatalan lelang dibatasi hanya sampai bider ke 3 (tiga), setelahnya proses lelang dibatalkan. Semua bider yang membatalkan tetap dikenai sanksi sesuai peraturan, pelelang dapat mengulang kembali proses lelangnya dari awal tanpa dikenai biaya lelang.

    13. Bila pembatalan lelang dilakukan oleh Pelelang, maka pelelang akan dikenai denda sebesar 10% dari nilai transaksi terakhir dan sanksi sesuai peraturan

    14. Pembatalan lelang harus disertai bukti- bukti oleh pelelang dan atau bider. Bukti berupa surat keterangan dari RT / RW / kepolisian atau saksi dan atau gambar (photo/video).

    15. Denda atas pembatalan transaksi yang mendapat persetujuan dari pihak terkait dan Moderator, dikenakan sebesar 10 % dari nilai transaksi terakhir yang telah terjadi. Dan KM menjatuhkan sanksi administrasi atas pihak-pihak yang membatalkan transaksi tersebut.

    16. Pembatalan materi lelang terjadi apabila:
    a. Materi yang ditransaksikan dalam kondisinya sudah tidak sesuai dengan apa yang ditransaksikan dikarenakan penurunan kualitas atau mati.
    b. Terjadi kejadian Luar Biasa (Force Majouer) yang dialami pihak Seller ataupun Bidder, seperti bencana alam, kebakaran, dan sejenisnya.

    17. Pelelang dan Bidder yang membatalkan transaksinya tidak diperbolehkan melakukan aktivitas di Periklanan Forum Perdangan Umum (Non Burung & Aksesoris Kandang) ataupun Forum Perdagangan Burung & Aksesoris Kandang KM; yang diatur sebagai berikut:

    a. Bagi Donatur tidak boleh melakukan transaksi selama 3 (tiga) bulan. Bagi member biasa tidak boleh melakukan transaksi selama 6 (enam) bulan
    b. Bila masih melakukan pelanggaran setelah pernah terkena sanksi point 17. a di atas, maka bagi Donatur tidak boleh melakukan transaksi selama 6 (enam) bulan, dan keaggotaan donasinya diturunkan menjadi anggota biasa. Bagi member biasa tidak boleh melakukan transaksi di forum tersebut selama 12 (dua belas) bulan.
    c. Bila masih melakukan pelanggaran setelah pernah terkena sanksi point 17. b, maka bagi Donatur tidak boleh melakukan transaksi selama 12 (dua belas) bulan, dan keaggotaan donasinya diturunkan menjadi anggota biasa. Bagimember biasa akan dibanned ID, email, dan IP address permanent dari member KM yang akan dilakukan oleh Super Moderator dan atau Admin.
    d. Bagi member Donatur bila masih melakukan pelanggaran setelah pernah terkena sanksi point 17. c maka akan dibanned ID, email, dan IP address permanent dari member KM yang akan dilakukan oleh Super Moderator dan atau Admin.

    18. Member yang terkena sanksi seperti pada point 18 di atas sekiranya memiliki obyek transaksi di Forum Perdagangan Umum (Non Burung & Aksesoris Kandang serta Forum Perdagangan Buurng & Aksesoris Kandang maka obyek transaksi tersebut akan dibatalkan dan sekiranya pada saat tersebut posisinya sebagai bidder maka transaksinya akan dibatalkan juga.

    19. Batas waktu transaksi dalam forum ini hanya berlaku untuk maksimal 1 (satu) minggu dan dapat diperpanjang lagi selama maksimal 1 (satu) minggu berikutnya atas permintaan pihak yang bertransaksi dengan mendapat persetujuan dari Moderator atau team perdagangan KM.

    20. Bila sampai pada waktu akhir pelelangan namun belum mendapatkan penawaran, maka pelelang dapat memperpanjang lagi selama maksimal 1 (satu) minggu berikutnya dengan mendapat persetujuan dari Moderator atau team perdagangan KM membayar kas KM sesuai dengan point 9.

    21. Bila point 20 sudah dijalankan masih belum ada penawaran dari bider, maka lelang proses lelang ditutup dan fee yang telah dibayarkan ke kas KM, tidak dapat ditarik kembali.

    22. Transaksi dianggap sah jika pihak-pihak yang melakukan transaksi telah melaksanakan kewajiban masing-masing. Batas waktu pelaksanaan kewajiban tersebut adalah 3 x 24 jam pasca kesepakatan transaksi. Pemenang yang tidak menghubungi dalam jangka waktu tersebut maka akan dianggap gugur dan akan dikenakan sanksi sesuai dengan point 18.


    PERATURAN DAN KETENTUAN LELANG AMAL DI FORUM PERDAGANGAN UMUM (NON BURUNG & AKSESORIS) KM

    Peraturan Lelang Amal di Forum Perdangan Umum (Non Burung & Akesoris Kandang) KM adalah sarana untuk melelang barang non burung serta obyek barang lainnya yang hasil lelangnya akan di salurkan untuk kepentingan amal baik atas nama pribadi maupun organisasi. Agar supaya lelang amal di Forum lelang KM dapat berjalan dengan baik dan terpercaya maka member di KM diatur sebagai berikut:

    1. Lelang yang dimaksud dalam Forum ini adalah Lelang barang dengan kriteria dan ketentuan seperti yang telah dijabarkan dalam Ketentuan Umum di atas.

    2. Peserta Lelang adalah semua member KM dengan ketentuan seperti yang telah dijabarkan dalam ketentuan Umum diatas dan telah memenuhi syarat – syarat yang ditetapkan dalam Ketentuan Umum.

    3. Peserta Lelang terdiri dari Pelelang (Seller) dan Pembeli (Bidder)

    4. Pendaftaran Lelang dilakukan dengan membuat PM ke Moderator atau Team Perdagangan KM, dengan menyertakan data – data yang lengkap. Team Perdagangan akan melakukan pemeriksaan persyaratan peserta lelang.

    5. Pelelang wajib menyertakan photo (minimal 3 buah dari sisi pemotretan yang berbeda) dan atau video dari barang yang akan diiklankan dalam forum ini. Photo dan atau video tersebut harus up to date dan tidak mengandung unsur rekayasa maupun penipuan. Pengambilan photo dan video maksimal 1 (satu) bulan sebelum lelang amal ditayangkan.

    6. Point 5 (lima) mutlak harus dilengkapi selengkap-lengkapnya.

    7. Untuk Lelang makhluk hidup, barang yang dilelang di Forum Lelang KM harus dalam kondisi sehat (tidak sakit). Pelelang harus menjelaskan secara detail kondisi fisik, ciri khusus, jenis kelamin, umur, kebiasaan, dan cara perawatan serta larangan (pantangan) yang mungkin ada.

    10. Untuk benda mati, pelelang harus secara detail menjelaskan kondisi fisik barang dengan sebenar-benarnya (orisinil, baru, setengah pakai, second, mulus, cacat, dsb),

    11. Pelelang tidak mempunyai kewajiban membayar biaya lelang dan fee (Kas KM)

    12. Hasil akhir dari lelang amal ini harus di transfer ke Rekening KM. No. Rekening Bank yang telah disediakan oleh KM di BANK BCA dan MANDIRI (Selama masa periode kepengurusan KM saat ini)

    1st ACCOUNT KICAUMANIA
    Nomor Rekening BCA : 109.071.6171
    Atas Nama : Sugeng Wahyudi
    BCA Kantor Cabang KARAWANG

    2rd ACCOUNT KICAUMANIA
    Nomor Rekening MANDIRI : 132-00-0553221-4
    Atas Nama : Sugeng Wahyudi
    Kantor Cabang KARAWANG 13201 .

    13. Pengurus akan menyalurkan dana tersebut kepada perorangan atau lembaga organisasi yang ditunjuk oleh pelelang, atau pelelang memberikan wewenang sepenuhnya pada pengurus KM untuk menyalurkan hasil lelang amal tersebut.

    14. Penyerahan dana lelang amal harus disertai bukti dan atau saksi, bisa berupa foto, video, kwitansi, dan bukti atau saksi lain yang menguatkan.

    15. Bila terjadi pembatalan lelang dilakukan oleh Pelelang , maka pelelang tidak dikenai denda dan sanksi.

    16. Bila terjadi pembatalan lelang dilakukan oleh Bider, maka bider akan dikenai denda dan sanksi sesuai dengan peraturan KM yang berlaku.

    17. Pembatalan lelang dibatasi hanya sampai bider ke 3 (tiga), setelahnya proses lelang dibatalkan. Semua bider yang membatalkan tetap dikenai sanksi sesuai peraturan, pelelang dapat mengulang kembali proses lelangnya dari awal tanpa dikenai biaya lelang.

    18. Pembatalan lelang harus disertai bukti- bukti oleh bider. Bukti berupa surat keterangan dari RT / RW / kepolisian atau saksi dan atau gambar (photo/video).

    19. Denda atas pembatalan transaksi yang mendapat persetujuan dari pihak terkait dan Moderator, dikenakan sebesar 10 % dari nilai transaksi terakhir yang telah terjadi. Dan KM menjatuhkan sanksi administrasi atas pihak-pihak yang membatalkan transaksi tersebut.

    20. Bidder yang membatalkan transaksinya tidak diperbolehkan melakukan aktivitas di Periklanan Forum Perdagangan Umum (Non Burung & Aksesoris Kandang) serta Forum Perdangan Burung & Aksesoris Kandang yang diatur sebagai berikut:

    a. Bagi Donatur tidak boleh melakukan transaksi selama 3 (tiga) bulan. Bagi member biasa tidak boleh melakukan transaksi selama 6 (enam) bulan
    b. Bila masih melakukan pelanggaran setelah pernah terkena sanksi point 20. a di atas, maka bagi Donatur tidak boleh melakukan transaksi selama 6 (enam) bulan, dan keaggotaan donasinya diturunkan menjadi anggota biasa. Bagi member biasa tidak boleh melakukan transaksi di forum tersebut selama 12 (dua belas) bulan.
    c. Bila masih melakukan pelanggaran setelah pernah terkena sanksi point 20. b, maka bagi Donatur tidak boleh melakukan transaksi selama 12 (dua belas) bulan, dan keaggotaan donasinya diturunkan menjadi anggota biasa. Bagimember biasa akan dibanned ID, email, dan IP address permanent dari member KM yang akan dilakukan oleh Super Moderator dan atau Admin.
    d. Bagi member Donatur bila masih melakukan pelanggaran setelah pernah terkena sanksi point 20. c maka akan dibanned ID, email, dan IP address permanent dari member KM yang akan dilakukan oleh Super Moderator dan atau Admin.

    21. Member yang terkena sanksi seperti pada point 20 di atas sekiranya memiliki obyek transaksi di Forum Perdagangan Umum (Non Burung & Aksesrois Kandang) serta Forum Perdagangan Burung & Aksesoris Kandang maka obyek transaksi tersebut akan dibatalkan dan sekiranya pada saat tersebut posisinya sebagai bidder maka transaksinya akan dibatalkan juga.

    22. Batas waktu transaksi dalam forum ini hanya berlaku untuk maksimal 1 (satu) minggu dan dapat diperpanjang lagi selama maksimal 1 (satu) minggu berikutnya atas permintaan pihak yang bertransaksi dengan mendapat persetujuan dari Moderator atau team perdagangan KM.

    23. Batas waktu pelelangan berakhir pada hari dan jam kerja maksimal jam 16.00 waktu KM.

    24. Bila sampai pada waktu akhir pelelangan namun belum mendapatkan penawaran, maka pelelang dapat memperpanjang lagi selama maksimal 1 (satu) minggu berikutnya dengan mendapat persetujuan dari Moderator atau Team perdagangan KM.

    25. Transaksi dianggap sah jika pihak-pihak yang melakukan transaksi telah melaksanakan kewajiban masing-masing. Batas waktu pelaksanaan kewajiban tersebut adalah 3 x 24 jam pasca kesepakatan transaksi. Pemenang yang tidak menghubungi dalam jangka waktu tersebut maka akan dianggap gugur dan akan dikenakan sanksi sesuai dengan point 15 & 17.
    Last edited by cj; 23 August 2009, 12:14 PM.
    SATU RASA SATU JIWA KITA MELANGKAH BERSAMA KICAUMANIA INDONESIA.
Working...
X